Ledakan Massal Pager di Lebanon, Serangan Kepagian Israel ke Hizbullah Karena Ketahuan Duluan
Ambulans dikelilingi oleh orang-orang di pintu masuk Pusat Medis Universitas Amerika di Beirut, pada 17 September 2024, setelah ledakan menghantam lokasi di beberapa benteng Hezbollah di sekitar Lebanon di tengah ketegangan lintas batas yang sedang berlangsung antara Israel dan pejuang Hezbollah. - Ratusan orang terluka ketika perangkat pemanggil anggota Hezbollah meledak secara serentak di seluruh Lebanon pada 17 September, dalam apa yang menurut sumber yang dekat dengan gerakan militan tersebut seba
00:20
19 September 2024

Ledakan Massal Pager di Lebanon, Serangan Kepagian Israel ke Hizbullah Karena Ketahuan Duluan

Serangan teror Israel terhadap Lebanon pada Selasa (17/9/2024) dilaporkan dilakukan Israel sebelum waktunya setelah Tel Aviv menerima informasi intelijen bahwa anggota Hizbullah telah menemukan pager mereka dirusak, menurut laporan Al-Monitor.

Media tersebut melaporkan pada Rabu (18/9/2024) kalau dua anggota Hizbullah menemukan pager yang digunakan dalam serangan itu telah disusupi (retas).

Israel kemudian memutuskan untuk melanjutkan serangan itu lebih awal setelah menerima informasi intelijen tentang penemuan tersebut.

Serangan Kepagian

Al-Monitor mengutip sumber yang mengatakan bahwa ribuan pager dipasangi bahan peledak sebelum dikirim ke Hizbullah.

Laporan menambahkan kalau rencananya, Israel baru akan meledakkan pager tersebut jika terjadi perang habis-habisan antara Hizbullah dan tentara Israel.

Serangan teror Israel ini dirahasiakan bahkan dari Washington, tambah laporan itu.

Adapun laporan situs Amerika Serikat (AS), Axios juga melaporkan pada Rabu bahwa serangan itu diluncurkan sebelum waktunya karena Israel khawatir Hizbullah telah mengetahui rencana tersebut.

"Itu adalah momen gunakan atau hilang," kata seorang pejabat AS kepada Axios.

Belakangan, gelombang kedua serangan teror Israel itu berlanjut pada hari kedua, Rabu.

“Badan intelijen Israel berencana menggunakan pager yang dipasangi bom di barisan Hizbullah sebagai pukulan pembuka yang mengejutkan dalam perang habis-habisan untuk melumpuhkan Hizbullah,” tulis Axios mengutip pernyataan seorang pejabat Israel yang memiliki informasi. 

Lembaga pertahanan Israel memutuskan untuk melakukan serangan teror sekarang daripada mengambil risiko lebih lanjut untuk ketahuan, demikian laporan tersebut.

“Pada Selasa sore waktu setempat, beberapa menit sebelum pager mulai meledak di Lebanon, [Menteri Pertahanan Israel Yoav] Gallant menelepon Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan mengatakan kepadanya bahwa Israel akan segera melakukan operasi di Lebanon, tetapi menolak memberikan rincian spesifik,” kata Axios.

Lebanon mengumumkan libur sekolah berlaku secara nasional pasca peristiwa ledakan pager di berbagai wilayah Lebanon, Selasa 17 September 2024. Ledakan ini menyebabkan sedikitnya 9 orang tewas dan 2.750 luka-luka. Mossad Israel terlibat dalam aksi pembunuhan ini. Lebanon mengumumkan libur sekolah berlaku secara nasional pasca peristiwa ledakan pager di berbagai wilayah Lebanon, Selasa 17 September 2024. Ledakan ini menyebabkan sedikitnya 9 orang tewas dan 2.750 luka-luka. Mossad Israel terlibat dalam aksi pembunuhan ini. (Anadolu Agency)

Kerjaan Mossad

Sedangkan Sky News Arabia mengutip "sumber eksklusif" yang mengatakan pada Selasa kalau "Mossad Israel berhasil mencegat perangkat komunikasi Hizbullah sebelum dikirim ke kelompok tersebut,".

Laporan media tersebut menambahkan kalau  agen Israel "memasang sejumlah bahan peledak pentaerythritol tetranitrate (PETN) di baterai perangkat tersebut, yang diledakkan dengan meningkatkan suhu baterai."

Sumber keamanan senior Lebanon dikutip oleh Reuters mengatakan pada hari Rabu bahwa Mossad Israel menanam bahan peledak di dalam 5.000 pager sebelum tiba di Lebanon.

 Perusahaan Taiwan Gold Apollo mengatakan pada hari Rabu bahwa radio yang meledak secara bersamaan di Lebanon dibuat oleh mitranya dari Hongaria.

Gold Apollo memiliki "kemitraan jangka panjang" dengan perusahaan BAC yang berbasis di Budapest, yang menggunakan mereknya, kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan tersebut menambahkan bahwa model yang disebutkan dalam laporan media "diproduksi dan dijual oleh BAC" setelah New York Times (NYT) melaporkan bahwa perangkat tersebut berasal dari perusahaan Taiwan tersebut.

“Menurut perjanjian kerja sama, kami memberi wewenang kepada BAC untuk menggunakan merek dagang kami untuk penjualan produk di wilayah yang ditentukan, tetapi desain dan pembuatan produk sepenuhnya menjadi tanggung jawab BAC,” katanya.

Mantan kontraktor NSA dan whistleblower Edward Snowden menulis melalui X,

“Ketika informasi masuk tentang pager yang meledak di Lebanon, tampaknya sekarang lebih mungkin itu adalah bahan peledak yang ditanamkan, bukan peretasan. Mengapa? Terlalu banyak cedera serius yang konsisten. Jika itu adalah baterai yang terlalu panas yang meledak, Anda akan mengharapkan lebih banyak kebakaran kecil dan kesalahan tembak.”

Serpihan alat komunikasi petempur Hizbullah Lebanon yang meledak. Alat komunikasi itu, mulai dari pager, handy talkie, hingga handphone diduga kena retas oleh Israel hingga meledak saat dibawa. Serpihan alat komunikasi petempur Hizbullah Lebanon yang meledak. Alat komunikasi itu, mulai dari pager, handy talkie, hingga handphone diduga kena retas oleh Israel hingga meledak saat dibawa. (MNA/Tangkap Layar)

Pager Tak Hanya Dimiliki Anggota Hizbullah

Sedangkan media terafiliasi Hizbullah, Al Mayadeen melaporkan bahwa “serangan itu berhasil meretas perangkat dan mengirim pesan saat perangkat itu meledak.”

Juru bicara Hizbullah Ibrahim al-Moussawi mengatakan bahwa pager yang meledak tidak hanya dimiliki oleh anggota Hizbullah tetapi juga orang lain.

“Kita berhadapan dengan serangan genosida penuh. Ada serangan kriminal yang jelas terhadap warga sipil. Semua yang membawa pager bukanlah personel militer. Masalah ini harus diselidiki dan musuh harus bertanggung jawab,” katanya.

Hizbullah menyatakan pada tanggal 18 September bahwa operasinya terhadap Israel akan terus berlanjut seperti biasa, menegaskan kembali janjinya untuk membalas serangan teror Israel berskala besar terhadap Lebanon, dalam sebuah pernyataan pada tanggal 18 September.

"Perlawanan Lebanon akan “melanjutkan hari ini, seperti pada hari-hari sebelumnya, operasi yang diberkahi untuk mendukung Gaza, rakyatnya, dan perlawanannya, dan untuk membela Lebanon, rakyatnya, dan kedaulatannya,” bunyi pernyataan Hizbullah.

 “Jalan ini terus berlanjut dan terpisah dari perhitungan sulit yang harus ditunggu oleh musuh kriminal setelah pembantaiannya pada hari Selasa yang dilakukannya terhadap rakyat kami, keluarga kami, dan Mujahidin kami di Lebanon. Ini adalah perhitungan lain yang akan datang, Insya Allah,” tambahnya.

“Apa yang terjadi kemarin akan meningkatkan tekad dan tekad kami untuk terus berada di jalan jihad dan perlawanan.”

Pager mulai meledak pada pukul 3:30 siang tanggal 17 September di berbagai wilayah di Lebanon, termasuk pinggiran selatan Beirut, wilayah selatan negara itu, dan lembah Beqaa di bagian timur.

 Sepuluh orang tewas, termasuk seorang gadis berusia 10 tahun dan seorang anak laki-laki, dan lebih dari 2.700 orang terluka.

Di antara mereka yang tewas adalah Mohammad Mahdi Ali Ammar, putra anggota parlemen Hizbullah Ali Ammar.

"Israel akan menerima "hukuman yang adil atas agresi yang berdosa ini," kata Hizbullah dalam salah satu pernyataan awalnya pada Selasa.

Pada Rabu, gelombang serangan kedua ledakan massal pager juga menewaskan tiga orang sejauh ini  dan melukai banyak lainnya, termasuk meledakkan mobil dan membakar rumah.

(oln/tc/*)

Tag:  #ledakan #massal #pager #lebanon #serangan #kepagian #israel #hizbullah #karena #ketahuan #duluan

KOMENTAR