Alasan Kenapa Alat Komunikasi Pager Masih Dipakai di Lebanon? Indonesia Tinggalkan Itu 20 Tahun Lalu
Pager alat komunikasi kecil pernah populer di Indonesia pada tahun 90-an. Kini pager telah dianggap teknologi jadul di Indonesia. 
11:20
18 September 2024

Alasan Kenapa Alat Komunikasi Pager Masih Dipakai di Lebanon? Indonesia Tinggalkan Itu 20 Tahun Lalu

Pager merupakan alat komunikasi berupa kotak kecil yang memungkinkan pengguna untuk menerima pesan dan peringatan suara. 

Pager alat komunikasi kecil pernah populer di Indonesia pada tahun 90-an. Kini pager telah dianggap teknologi jadul di Indonesia.

Namun di Lebanon dan beberapa negara Timur Tengah dan juga di Amerika Serikat, pager ternyata masih dipakai teknologinya sebagai alat komunikasi.

Kemarin, Selasa (17/9/2024), Pager-pager itu meledak dalam waktu yang hampir bersamaan di Lebanon

Dilansir CNN, ledakan ini menyebabkan sedikitnya 9 orang tewas, melukai lebih dari 2.800 orang, termasuk sedikitnya 170 orang dalam kondisi kritis.

Sejumlah orang di dunia nyatanya masih menggunakan alat tersebut hingga saat ini. 

Alasannya, alat ini menggunakan frekuensi mereka sendiri dan oleh karena itu dianggap lebih dapat diandalkan karena dapat melewati jaringan telepon seluler, yang dapat mengalami gangguan, masalah koneksi, atau penyadapan komunikasi.

Fitur-fitur ini kemungkinan menjadi salah satu alasan Hezbollah masih menggunakannya.

 

 

 


Masa Kejayaan Pager Pada Tahun 1980-an dan 1990-an

Melansir Kompas.com. Pager mengalami masa kejayaannya di Barat pada tahun 80-an dan 90-an. Menurut produsen pager yang berbasis di Amerika Serikat, Spok, sebanyak 61 juta pager beredar di seluruh dunia pada 1994. 

Meski ponsel pintar telah menguasai pasar massal, pager nyatanya masih digunakan di beberapa sektor, seperti rumah sakit, khususnya di Amerika Serikat. 

Menurut sebuah studi dalam Journal of Hospital Medicine yang diterbitkan pada 2017, hampir 80 persen dokter RS yang disurvei menggunakan pager dan separuh dari pesan yang diterima melalui pager terkait dengan perawatan pasien. 

Pager juga digunakan di bidang yang kurang menyenangkan di dunia kriminal, seperti perdagangan narkoba.

Produsen pager AS, Spok, mengiklankan produknya sebagai alat “yang sinyalnya dapat menembus baja dan logam, sementara sinyal ponsel pintar dapat diblokir”. 

Produsen peger lain, Discover Systems, mengatakan sistem pager merupakan alat komunikasi yang lebih dapat diandalkan, misalnya jika terjadi kegagalan jaringan Wi-Fi atau telepon. 

Menurut Spok, pager pertama dipatenkan di Amerika Serikat pada 1949 oleh penemu Alfred Gross, seorang pionir dalam komunikasi nirkabel, sebelum digunakan di rumah sakit di New York.

Sebagaimana dikutip dari AFP, istilah “pager” secara resmi didaftarkan pada 1959 oleh perusahaan Motorola, yang merupakan pemimpin pasar selama beberapa dekade. 

Pager pertama Motorola, Pageboy 1 yang dibuat pada 1964, memungkinkan peringatan yang dapat didengar untuk dikirim melalui telepon sebelum teknologinya disempurnakan dan memungkinkan, sejak tahun 80-an, untuk mengirim pesan tertulis.

 

Ledakan Pager, 9 Orang Tewas, 170 Kritis, Ribuan Orang Terluka

Ribuan pager atau alat komunikasi kecil milik anggota Hizbullah telah meledak secara bersamaan di Lebanon pada hari Selasa (17/9/2024). 

Ledakan ini menyebabkan sedikitnya 9 orang tewas, melukai lebih dari 2.800 orang, termasuk sedikitnya 170 orang dalam kondisi kritis.

Israel berada di balik serangan ledakan ribuan pager di Lebanon dalam operasi gabungan Mossad-IDF.

Israel berada di balik serangan yang menyebabkan ribuan pager milik anggota Hizbullah meledak secara bersamaan di Lebanon pada hari Selasa, menurut informasi yang dilansir CNN.

Operasi tersebut, yang menyebabkan ribuan orang terluka di seluruh Lebanon, merupakan hasil operasi gabungan antara dinas intelijen Israel, Mossad, dan militer Israel.

Israel menempatkan bahan peledak dalam sejumlah pager buatan Taiwan yang diimpor ke Lebanon dan ditujukan untuk Hizbullah, New York Times melaporkan, mengutip pejabat Amerika dan pejabat lain yang diberi pengarahan tentang operasi tersebut.

Kejadiannya adalah Bahan peledak ditanam di samping baterai di setiap pager, dan sebuah tombol ditanamkan untuk meledakkannya dari jarak jauh, menurut New York Times. 

Perangkat tersebut meledak secara bersamaan setelah menerima pesan pada Selasa sore, menewaskan sedikitnya 9 orang dan melukai lebih dari 2.800 orang — termasuk sedikitnya 170 orang yang berada dalam kondisi kritis, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon.

Hizbullah dan pemerintah Lebanon menyalahkan Israel atas serangan tersebut. Israel belum berkomentar.

 
Banyak Darah di Jalan, Saksi mata menggambarkan pembantaian di Beirut setelah ledakan pager


Para saksi mata menceritakan kepada bagaimana banyak orang terluka di jalan-jalan ibu kota Lebanon setelah ledakan pager yang mematikan pada hari Selasa.  

Seorang saksi, yang berbicara di luar Pusat Medis Universitas Amerika di Beirut dan meminta untuk tidak disebutkan namanya dengan alasan khawatir akan keselamatannya, menggambarkan saat dia keluar di pinggiran selatan Beirut setelah membaca tentang ledakan tersebut secara daring. 

"Kami turun ke jalan, dan kami mendapati daerah pinggiran kota itu seperti kota zombi," katanya. Orang-orang yang terluka tergeletak di jalan, katanya, seraya menambahkan bahwa beberapa temannya termasuk di antara yang terluka.  

Saksi lain, yang juga meminta untuk tidak disebutkan namanya karena khawatir akan keselamatannya, mengatakan bahwa dia sedang mengemudi ke tempat kerja ketika dia melihat ambulans Palang Merah dan orang-orang tergeletak di tanah. 

“Kami terkejut karena ada banyak orang … ada darah di jalan dan orang-orang diangkut dengan ambulans ke rumah sakit. Namun, kami tidak tahu apa yang terjadi,” katanya. 

Saksi kedua mengatakan bahwa dia pergi ke rumah sakit untuk menjenguk seorang teman yang membawa salah satu pager saat meledak. 

“Perangkat ini tidak hanya berada di tangan orang-orang yang tergabung dalam [Hizbullah], tetapi juga di tangan semua orang. Ada orang-orang yang bekerja di bidang keamanan yang menggunakan perangkat itu dan mereka juga terluka,” tambahnya. 

 

Hizbullah bersumpah akan membalas

Hizbullah bersumpah akan membalas Israel atas ledakan pager yang mematikan di Lebanon.

Pendiri perusahaan Taiwan mengatakan pager yang digunakan dalam serangan di Lebanon dibuat oleh distributor Eropa

Pager yang digunakan dalam serangan terkoordinasi terhadap kelompok militan Lebanon Hizbullah dibuat oleh distributor Eropa untuk produsen Gold Apollo, menurut pendiri dan ketua perusahaan Taiwan itu pada hari Rabu. 

Beberapa foto dari Lebanon di media sosial tampak menunjukkan pager Gold Apollo yang rusak.  


Pager Gold Apollo AR924 yang Paling Banyak Meledak

Gambar tersebut dipublikasikan pada hari Selasa, hari yang sama dengan ledakan tersebut. 

Setidaknya satu pager yang ditampilkan dalam gambar tersebut adalah model Gold Apollo AR924 . 

Pendiri Gold Apollo Hsu Ching-kuang mengatakan kepada wartawan pada Rabu pagi bahwa perusahaannya telah menandatangani kontrak dengan distributor Eropa untuk menggunakan merek Gold Apollo.   

Hsu mengatakan distributor tersebut, yang tidak disebutkan namanya, menjalin hubungan dengan Gold Apollo sekitar tiga tahun lalu.  

Awalnya, perusahaan Eropa itu hanya mengimpor pager dan produk komunikasi Gold Apollo lainnya, katanya. 

Kemudian, perusahaan itu memberi tahu Gold Apollo bahwa mereka ingin membuat pager sendiri dan meminta hak untuk menggunakan merek perusahaan Taiwan itu, katanya.   

Hsu mengatakan Gold Apollo telah menemukan setidaknya satu anomali dalam hubungannya dengan distributor, yaitu transfer uang yang memerlukan waktu lama untuk diselesaikan. 

Israel dilaporkan menyembunyikan bahan peledak di dalam sejumlah pager yang dipesan dari Gold Apollo dan ditujukan untuk Hizbullah, New York Times melaporkan  pada hari Selasa. Sebuah tombol disematkan untuk meledakkannya dari jarak jauh, tambahnya. 

 


Meledak Hampir Bersamaan

Ratusan pager yang dibawa oleh  anggota Hizbullah  di Lebanon meledak hampir bersamaan pada hari Selasa dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang melampaui serangkaian pembunuhan rahasia dan serangan dunia maya di wilayah tersebut selama beberapa tahun terakhir dalam cakupan dan pelaksanaannya.

Kelompok militan yang didukung Iran mengatakan perangkat nirkabel mulai meledak sekitar pukul 3:30 sore waktu setempat dalam serangan yang ditargetkan Israel terhadap anggota Hizbullah.

CNN mengetahui bahwa Israel berada di balik serangan tersebut, yang merupakan operasi gabungan antara dinas intelijen Israel, Mossad, dan militer Israel. 
Pemerintah Lebanon mengutuk serangan tersebut sebagai "agresi kriminal Israel."

Militer Israel, yang telah terlibat dalam serangan balasan dengan Hizbullah sejak dimulainya perang dengan kelompok militan Palestina yang didukung Iran, Hamas, di Gaza tahun lalu, menolak berkomentar secara terbuka mengenai ledakan tersebut.

Pager yang meledak itu baru dan telah dibeli oleh Hizbullah dalam beberapa bulan terakhir, kata seorang sumber keamanan Lebanon kepada CNN. Sumber tersebut tidak memberikan informasi apa pun tentang tanggal pasti pembelian pager tersebut atau modelnya.

Para ahli mengatakan ledakan itu, yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam skala dan sifatnya, menggarisbawahi kerentanan Hizbullah karena jaringan komunikasinya dikompromikan hingga menimbulkan efek mematikan.

The New York Times melaporkan  pada hari Selasa bahwa Israel menyembunyikan bahan peledak di dalam sejumlah pager yang dipesan dari produsen Taiwan Gold Apollo dan ditujukan untuk Hizbullah. Sebuah tombol disematkan untuk meledakkannya dari jarak jauh, tambahnya.

Setidaknya sebagian dari pesan kepada Hizbullah, "Kami dapat menghubungi Anda di mana saja, kapan saja, pada hari dan waktu yang kami pilih dan kami dapat melakukannya dengan menekan sebuah tombol," menurut Kepala Analis Intelijen dan Penegakan Hukum, John Miller.

 


Gambar Beredar Viral

Gambar pager rusak yang beredar online setelah serangan Lebanon.

Foto-foto yang memperlihatkan pager Gold Apollo yang rusak telah muncul di media sosial, bersamaan dengan klaim bahwa pager tersebut rusak akibat gelombang ledakan pager di Lebanon pada hari Selasa.

Setidaknya satu halaman yang ditampilkan dalam gambar tersebut adalah model Gold Apollo AR924. 

Produsen Taiwan tersebut dimintai keterangan untuk memberikan komentar.

The New York Times melaporkan hari Selasa bahwa Israel menyembunyikan bahan peledak di dalam sejumlah pager yang dipesan dari Gold Apollo dan ditujukan untuk Hizbullah

Kebanyakan pager adalah model AP924 milik perusahaan tersebut tetapi tiga model Gold Apollo lainnya disertakan dalam pengiriman, Times melaporkan.

Pager-pager tersebut telah dibeli oleh Hizbullah dalam beberapa bulan terakhir, menurut sumber keamanan Lebanon.

 

Ratusan Terluka

Ratusan orang terluka di Lebanon setelah perangkat komunikasi meledak
Duta Besar Iran untuk Lebanon termasuk di antara lebih dari 1.000 orang yang terluka dalam serangan misterius tersebut

Ratusan orang terluka di Lebanon dan Suriah pada 17 September setelah serangan yang diduga ditujukan pada jaringan telekomunikasi negara itu menyebabkan pager meledak.

Laporan lokal menunjukkan bahwa mayoritas korban adalah anggota gerakan perlawanan Hizbullah. Jumlah korban tidak resmi menyebutkan sebanyak 1.200 orang terluka, beberapa di antaranya kritis. 

Kantor Berita semi-resmi Iran, Mehr , melaporkan bahwa duta besar negara itu untuk Lebanon, Mojtaba Amani, juga terluka oleh salah satu alat peledak.

"Perangkat komunikasi nirkabel jenis tertentu meledak di sejumlah wilayah Lebanon, terutama di pinggiran selatan, yang mengakibatkan cedera... Oleh karena itu, Pasukan Keamanan Dalam Negeri meminta warga untuk membersihkan jalan guna memudahkan perawatan bagi yang terluka dan pemindahan mereka ke rumah sakit," kata dinas Keamanan Dalam Negeri Lebanon dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Kesehatan negara itu menghimbau siapa pun yang memiliki perangkat komunikasi nirkabel serupa untuk menjauhinya sampai penyelidikan menentukan penyebab ledakan.

Ledakan dan cedera dilaporkan di pinggiran selatan Beirut di Dahiye, Lembah Bekaa, dan beberapa lokasi di Nabatieh, Al-Housh, Bint Jbeil, Tyre, dan dekat Damaskus di Suriah.

“Israel membobol sistem perangkat komunikasi individu dan meledakkannya,” kata seorang pejabat keamanan senior kepada Sputnik pada hari Selasa.

Dalam unggahan di media sosial yang kemudian dihapus, konsultan media dan mantan juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Topaz Luk, mengisyaratkan bahwa Tel Aviv berada di balik serangan misterius tersebut.

"Ini tidak akan bertahan lama," komentar Luk pada posting X yang mengklaim perdana menteri tidak akan mengambil langkah besar terhadap Lebanon sebelum kunjungannya ke New York minggu depan. Komentar itu dihapus beberapa saat kemudian.

“Topaz Luk sudah beberapa bulan ini tidak menjabat sebagai juru bicara perdana menteri, dan tidak lagi terlibat dalam diskusi yang mendalam,” ungkap Kantor Perdana Menteri kepada media Ibrani.

Awal tahun ini, Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah memperingatkan anggota perlawanan tentang risiko yang terkait dengan penggunaan telepon pintar, menyebutnya sebagai “alat mata-mata yang dapat dikendalikan” dan mendesak para pejuang untuk “membuangnya.”

“Kami meminta saudara-saudara kami di Selatan: singkirkan ponsel kalian! Buang saja, kubur, masukkan ke dalam kotak logam, dan singkirkan! Ponsel itu berbahaya!” kata pemimpin Hizbullah pada bulan Februari.

 

SUMBER: KOMPAS.COM, CNN, THE CRADLE

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #alasan #kenapa #alat #komunikasi #pager #masih #dipakai #lebanon #indonesia #tinggalkan #tahun #lalu

KOMENTAR