Yaman Siap Kirim Ribuan Juru Tempur Terlatih ke Lebanon untuk Bantu Hizbullah Lawan Israel
Juru bicara militer Houthi, Yahya Saree, dalam sebuah pernyataan Kamis (22/8/2024). Houthi siap membantu Hizbullah. 
17:20
17 September 2024

Yaman Siap Kirim Ribuan Juru Tempur Terlatih ke Lebanon untuk Bantu Hizbullah Lawan Israel

- Kelompok Houthi atau Ansarallah mengatakan Yaman siap mengirim ribuan pejuang terlatih ke Lebanon guna membantu Hizbullah melawan Israel jika memang dibutuhkan.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Presiden Otoritas Media Houthi, Nasr El-Din Amer kepada kantor berita Shehab News.

“Kami akan membantu mereka (Hizbullah) dengan cara yang sama seperti kami membantu saudara kami dalam gerakan perlawanan di Palestina,” kata Amer pada hari Senin, (16/9/2024), dikutip dari Press TV.

Houthi mulai melancarkan serangan ke Israel sejak perang di Jalur Gaza meletus tanggal 7 Oktober 2023.

Kelompok itu juga menyerang kapal-kapal terafiliasi dengan Israel di Laut Merah. Houthi mengatakan serangan itu adalah bentuk dukungan kepada warga Palestina di Gaza.

Sama seperti Houthi, Hizbullah juga merecoki Israel dengan serangan rudal dan pesawat nirawak.

Houthi merilis video pada Kamis (29/8/2024) ketika pejuangnya membajak dan meledakkan kapal minyak Sounion di Laut Merah setelah menyerang kapal itu dengan rudal dan drone pada minggu lalu. Houthi merilis video pada Kamis (29/8/2024) ketika pejuangnya membajak dan meledakkan kapal minyak Sounion di Laut Merah setelah menyerang kapal itu dengan rudal dan drone pada minggu lalu. (AFP/ANSARULLAH MEDIA CENTRE)

Adapun pernyataan Amer itu disampaikan setelah Israel berkali-kali mengancam akan menyerang Hizbullah dan mengobarkan perang besar di Lebanon.

“Kami berupaya meningkatkan kemampuan kami untuk menyerang target apa pun di seluruh wilayah Palestina yang diduduki dan kami mengupayakan ini dengan cepat,” ucap Amer.

Dia juga buka suara mengenai serangan Houthi pada bulan Juli lalu di ibu kota Israel.

Serangan itu melibatkan pesawat nirawak yang dijuluki “drone Yafa”. Pesawat itu berhasil menembus sistem pertahanan Israel.

Drone Yafa tidak akan digunakan untuk serangan terpisah dalam pembalasan saja. Drone itu akan menjadi bagian operasi saat ini hingga agresi di Gaza berakhir,” katanya.

Houthi menyebut akan terus melancarkan operasi anti-Israel hingga perang di Gaza disudahi.

Ribuan pejuang siap datang ke Lebanon

Pada bulan Juni lalu dilaporkan ada ribuan pejuang di Asia Barat atau Timur Tengah yang mengaku siap datang ke Lebanon guna bergabung dengan Hizbullah.

Para pejuang yang dibekingi Iran itu ingin membantu Hizbullah melawan Israel apabila konflik di antara keduanya memburuk hingga menjadi perang besar-besaran.

Di sisi lain, Israel sudah mengancam akan melakukan serangan militer ke Lebanon seandainya tidak ada negosiasi untuk menarik pejuang Hizbullah dari perbatasan Israel-Lebanon.

Selama satu dasawarsa terakhir, para pejuang dari Lebanon, Irak, Afganistan, dan Pakistan yang dibekingi Iran telah sudah ikut bertempur bersama dalam konflik di Suriah. Mereka mendukung Presiden Suriah Bashar Assad.

Pejabat dari kelompok yang didukung Iran mengatakan para pejuang itu juga bisa bergabung dalam aksi melawan Israel.

Sementara itu, pemimpin Hizbullah yang bernama Hassan Nasrallah juga menyinggung keinginan para pejuang untuk bergabung.

Dia mengklaim para pemimpin dari Iran, Irak, Suriah, Yaman, dan negara lainnya menawarkan diri untuk mengirim puluhan ribu pejuang guna membantu Hizbullah.

Akan tetapi, Nasrallah mengatakan Hizbullah sudah punya lebih dari 100 ribu pejuang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada mereka, tapi kami sudah dibanjiri oleh banyaknya pejuang yang kami miliki,” kata Nasrallah dikutip dari NBC News.

Warga Iran berkumpul di Lapangan Imam Hussein, Teheran, untuk mendengar pidato pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, 3 November 2023. Warga Iran berkumpul di Lapangan Imam Hussein, Teheran, untuk mendengar pidato pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, 3 November 2023. (AFP)

Bahkan, dia mengklaim dalam pertempuan melawan Israel saat ini, Hizbullah baru menggunakan sebagai pejuangnya.

Pejuang yang dimaksudnya ialah personel khusus yang menembakkan rudal dan pesawat nirawak.

Meski demikian, tak tertutup kemungkinan, Hizbullah akan menerima tawaran dari para pejuang itu jika perang besar-besaran terjadi.

Pada tahun 2017 dia menyebut para pejuang dari Iran, Irak, Yaman, dan Pakistan akan menjadi “rekan” dalam perang seperti itu.

Adapun saat ini, ada ribuan pejuang yang sudah dikerahkan di Suriah dan bisa dengan cepat menuju ke perbatasan Israel-Lebanon.

Beberapa kelompok pejuang juga dilaporkan sudah merancang serangan terhadap Israel dan sekutunya sejak perang di Gaza meletus.

“Kami akan [bertempur] bersama dengan Hizbullah [jika perang besar terjadi],” kata seorang pejabat dari faksi di Irak yang didukung Iran.

(Tribunnews/Febri)

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #yaman #siap #kirim #ribuan #juru #tempur #terlatih #lebanon #untuk #bantu #hizbullah #lawan #israel

KOMENTAR