Malaysia Geger! 402 Anak Panti Sosial Korban Pelecehan Seksual, 13 Disodomi, Diduga Sekte Terlarang
Polisi bersama dengan pihak berwenang lainnya seperti departemen kesejahteraan menggerebek Pusat Jagaan Limpahan Kasih kemarin atas tuduhan pekerja anak serta pelecehan seksual. 
17:00
13 September 2024

Malaysia Geger! 402 Anak Panti Sosial Korban Pelecehan Seksual, 13 Disodomi, Diduga Sekte Terlarang

Pada Rabu (11/9/2024) lalu, polisi Malaysia menggerebek 20 panti asuhan di Selangor dan Negeri Sembilan yang diduga terkait dengan GISBH.

Polisi menyelamatkan 402 anak yang diyakini menjadi korban kekerasan fisik, kekerasan seksual, dan penelantaran.

Inspektur Jenderal Polisi Razarudin Husain mengatakan 13 anak jadi korban diduga telah disodomi.

Ia juga mengatakan sebagian besar dari mereka mengalami luka baru dan lama dan sekarang menjalani pemeriksaan medis di pusat pelatihan polisi.

Dikutip dari The Straits Times, Jumat (13/9/2024), panti asuhan itu  dioperasikan oleh sebuah organisasi bisnis Islam di Malaysia yakni Islam Global Ikhwan Services and Business (GISB). 

GISB mengatakan mereka tidak mengelola panti asuhan tersebut dan membantah tuduhan pelecehan seksual di properti tersebut.

"Inspektur Jenderal Polisi Razarudin Husain mengatakan bahwa 172 dari 392 anak telah disaring sebagai kemungkinan korban eksploitasi seksual," tulis kantor berita Malaysia Bernama.

Diduga Sekte Terlarang di Panti Asuhan

Polisi Malaysia memperluas penyelidikan mereka terhadap sebuah organisasi bisnis Islam besar yang memiliki hubungan dengan sebuah sekte terlarang.

Hal itu dilakukan setelah ratusan anak diselamatkan dari dugaan penganiayaan di panti asuhan yang diyakini dijalankan oleh kelompok tersebut.

Dikutip dari CNA, polisi menggerebek 20 tempat penampungan amal di dua negara bagian Malaysia pada hari Rabu.

Kemudian menangkap 171 tersangka termasuk guru dan pengasuh Islam, dan membawa 400 anak-anak dan remaja ke tempat aman .

Dalam kasus yang diyakini sebagai kasus terburuk yang menimpa Malaysia dalam beberapa dekade, polisi menduga para korban , berusia satu hingga 17 tahun,  telah menjadi sasaran serangan seksual dan fisik.

Mereka juga diduga dipaksa oleh staf panti jompo untuk saling menyiksa satu sama lain.

"Penyidik ​​sedang "berusaha melakukan" penggerebekan dan penangkapan lebih lanjut sementara penyelidikan terhadap organisasi bernama Global Ikhwan Services and Business (GISB) terus berlanjut," kata inspektur jenderal polisi Razarudin Husain dalam sebuah konferensi pers.

"Penyelidikan dan pemeriksaan kesehatan sejauh ini menunjukkan bahwa setidaknya 13 anak di bawah umur telah mengalami pelecehan seksual," kata Razarudin.

Anak-anak tersebut, yang untuk sementara ditempatkan di pusat pelatihan polisi di Kuala Lumpur dan sejumlah lokasi lainnya, masih menjalani pemeriksaan medis, tambah kepala polisi.

Razarudin mengatakan pada hari Rabu bahwa anak-anak berusia lima tahun dibakar dengan sendok panas.

Sementara anak-anak lain yang sakit tidak diizinkan untuk mencari pengobatan sampai kondisinya menjadi kritis.

“Para pengasuh juga menyentuh tubuh anak-anak seolah-olah melakukan pemeriksaan medis,” katanya.

GISB membantah tuduhan tersebut dan mengatakan mereka tidak mengelola panti jompo tersebut.

"Bukan kebijakan kami untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan Islam dan hukum," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan minggu ini.

Sampel DNA

GISB telah lama menjadi kontroversi karena hubungannya dengan sekte Al-Arqam yang sekarang sudah tidak ada lagi dan telah menghadapi pengawasan oleh otoritas agama di negara mayoritas Muslim tersebut.

Al-Arqam dilarang oleh pihak berwenang pada tahun 1994 karena ajarannya yang menyimpang, sementara anggota GISB pada tahun 2011 mendirikan "Klub Istri Taat" yang mengajak para wanita untuk menjadi "pelacur di ranjang" agar suami mereka tidak selingkuh.

Menurut situs webnya, GISB menjalankan bisnis mulai dari supermarket hingga restoran, dan beroperasi di beberapa negara termasuk Indonesia, Prancis, dan Inggris.

Polisi meyakini anak-anak di bawah umur di panti jompo itu semuanya adalah anak-anak anggota GISB.

"Kami yakin bahwa ke-402 anak tersebut adalah anak dari anggota GISB. Itulah dugaan kami saat ini," kata inspektur jenderal polisi Razarudin Husain kepada AFP pada hari Kamis.

"Kami merasa perlu mengambil sampel DNA."

Otoritas agama Islam di negara bagian Selangor, Malaysia, mengatakan minggu ini bahwa mereka memantau dengan ketat aktivitas GISB.

"(Kami) tetap waspada terhadap fakta-fakta apa pun yang mengarah pada penyimpangan dari ajaran Islam yang benar," kata mereka.

Negara multietnis ini memiliki sistem hukum jalur ganda, di mana umat Islam tunduk pada hukum syariah di wilayah tertentu.

Badan anak-anak PBB telah menggarisbawahi "kengerian yang tak terbayangkan" yang dihadapi oleh para korban.

"Anak-anak ini telah mengalami kengerian yang tak terbayangkan dan akan membutuhkan dukungan medis dan psikososial profesional jangka panjang," kata Robert Gass, perwakilan Malaysia untuk UNICEF.

Kasus ini juga menggemparkan warga setempat.

 Anwar Ibrahim Buka Suara

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menginginkan penyelidikan terhadap rumah kesejahteraan yang diduga terkait dengan Global Ikhwan Services and Business Holdings (GISBH) dipercepat.

Berbicara kepada media di Masjid Al-Iman Kg Desa Putra di sini, Anwar mengatakan dia akan menyerahkannya kepada polisi dan otoritas agama untuk menyelidiki tuduhan yang dibuat dan mengambil tindakan hukum yang diperlukan.

“Departemen Agama Islam punya kewenangan investigasi. Biar mereka yang menyelidiki apakah tuduhan-tuduhan itu benar karena ini masalah penyalahgunaan kekuasaan, agama, dan anak-anak yang sangat besar.

"Banyak yang bertanya kepada saya mengapa tindakan yang diambil tertunda begitu lama, maka saya telah (memerintahkan) untuk segera mengambil tindakan dan membuat laporan," katanya.

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #malaysia #geger #anak #panti #sosial #korban #pelecehan #seksual #disodomi #diduga #sekte #terlarang

KOMENTAR