Deep Sea Aquarium Magmell: Mengenal Kehidupan Laut Dalam yang Kaya Akan Mutiara Kehidupan Sekaligus Peringatkan Ancaman Krisis Lingkungan
Kumpulan sampul manga Deep Sea Aquarium Magmell karya Kiyomi Sugishita (sumber: mangadex).
11:36
28 September 2024

Deep Sea Aquarium Magmell: Mengenal Kehidupan Laut Dalam yang Kaya Akan Mutiara Kehidupan Sekaligus Peringatkan Ancaman Krisis Lingkungan

 

 Laut yang kaya akan biota nan eksotis memang mampu memikat siapa saja dengan keindahan pesonanya. Pun demikian, laut juga menyimpan segudang misteri yang hingga kini belum sanggup diungkap oleh umat manusia. Entah sudah berapa banyak dongeng tentang laut yang disampaikan turun-temurun oleh para pelaut sejak zaman nenek moyang kita, tetapi pesona lautan seolah tak pernah lekang.

Laut selalu saja memiliki cerita dan pelajaran berharga sebanyak ikan-ikan yang senantiasa berenang, dan tak segan membaginya kepada siapa saja yang mau merenunginya di tepian bersama debur ombak nan berkejaran. Sebab daya tariknya yang memesona itulah, beberapa orang mencoba untuk mengungkapkan perasaan mereka tentang laut melalui berbagai cara. Salah satunya melalui manga.

Deep Sea Aquarium Magmell, adalah sebuah manga slice-of-life ber-demografi seinen (dewasa muda) karya Kiyomi Sugishita yang memulai serialisasinya pada April 2017 di majalah Go Go Bunch’s. Manga ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari dari orang-orang yang bekerja di sebuah wahana wisata di zona laut dalam pertama yang ada di dunia, yang berada di Tokyo, Jepang (fiksi), bernama Magmell.

Manga bertema fauna satu ini wajib kamu baca, apalagi di tengah isu krisis lingkungan yang semakin nyata mengancam kehidupan di bumi.

Sinopsis

Mengutip situs MyAnimeList, manga ini bercerita tentang Tenjou Koutarou, adalah seorang pemuda yang sedari kecil memiliki minat yang besar terhadap biota laut, khususnya mereka yang hidup di zona afotik yang tak pernah tersentuh oleh cahaya matahari. Karena minatnya yang begitu besar terhadap makhluk-makhluk di abisalpelagik sampai hadalpelagik, ia pun bercita-cita untuk menjadi seorang keeper yang bekerja di Magmell. Cita-cita Koutarou untuk bekerja di sana memang tercapai, tapi sayangnya ia diterima sebagai seorang office boy dan bukan sebagai keeper seperti yang diharapkannya.

Namun, Koutarou tidak menyerah, dan tetap melakukan pekerjaan-nya dengan sepenuh hati, sebab di sana ia bisa dekat dengan apa yang ia cintai: makhluk-makhluk laut dalam. Bersama orang-orang yang bekerja di Magmell, Minato Osezaki (direktur), Yui Asahi (keeper), Shizuka Nagaizumi (keeper), Izuho Haruno (veteriner), dan Ran Dougashima (koki), Koutarou pun berusaha mengenalkan pesona makhluk-makhluk laut dalam sekaligus membagikan pelajaran-pelajaran hidup dari kedalaman laut yang tak tersentuh kepada para pembaca.

Gambar yang Cantik yang Dipadu dengan Riset yang Mendalam

Selain menarik sebab manga ini mengusung tema yang cukup jarang diangkat, yaitu biota laut dalam, Deep Sea Aquarium Magmell juga didukung dengan cantiknya rupa makhluk-makhluk laut yang digambar oleh sang Mangaka serta penempatan panel-panel komik yang diatur dengan sedemikian ciamiknya. Pun sampul pada tiap volumenya juga digambar dengan begitu indah, menonjolkan para tokoh yang sedang mendapat sorotan yang dikelilingi oleh ikan-ikan yang hidup di dasar lautan yang jarang kita lihat.

Tak hanya itu, Kiyomi Sugishita juga melakukan riset yang cukup dalam tentang biota-biota laut dalam tersebut, sehingga ia pun percaya diri untuk menyisipkan trivia-trivia di setiap akhir chapter yang bisa menambah pengetahuan dan kecintaan pembaca terhadap makhluk-makhluk yang tak setiap hari bisa mereka amati dari dekat.

Sehingga, dengan membaca manga ini kamu pun akan mendapat tambahan pengetahuan yang berkaitan dengan hewan-hewan apa saja yang hidup di kedalaman laut, mulai dari morfologi mereka, jenis makanan, cara mereka hidup dan berkembang biak, sampai dengan status mereka di alam liar.

Tokoh-tokoh yang Dekat dan Kisah yang Kaya Hikmah

Tema yang menarik, iya banget. Riset yang mumpuni, jangan ditanya. Gambar dan paneling yang cantik, sudah jelas. Nah, ternyata Kiyomi Sugishita masih punya senjata lagi supaya manga-nya ini semakin disukai orang-orang, lho!

Apa itu?

Adalah tokoh-tokoh di dalam manga ini yang terasa begitu dekat dengan para pembacanya. Bukan hal mudah untuk membangun karakter para tokoh satu per satu, mengingat begitu banyak-nya tokoh yang datang dan pergi silih berganti di sepanjang alur cerita.

Perlu diketahui, bahwa Deep Sea Aquarium Magmell (yang hingga kini serialisasinya masih berjalan sampai dengan 9 volume ini) rilis dalam format episodik di mana tiap chapternya tidak selalu berkesinambungan. Ada cerita yang hanya butuh satu chapter untuk selesai, tapi ada juga yang butuh tiga-empat chapter. Sehingga arus datang-perginya tokoh di manga ini terbilang cukup deras.

Namun, tokoh utama di manga ini tetaplah orang-orang yang bekerja atau dekat dengan lingkungan Magmell itu sendiri. Yang mana di sana juga ada para nelayan dan keluarga pegawai akuarium.

Melalui para tokoh tersebut, pembaca akan diajak untuk menghayati lagi esensi dari hubungan serta interaksi mereka dengan orang-orang di sekitarnya melalui peristiwa-peristiwa yang paling kecil dan sepele sekalipun. Kiyomi Sugishita seolah mengajak agar pembaca menghargai setiap momen dalam hidup mereka, sebab seperti para pengunjung Magmell yang datang dan pergi, orang-orang tersayang kita pun juga akan demikian.

Tak hanya tokoh manusia saja, tapi para makhluk laut dalam pun turut menyumbangkan suara mereka demi mengajarkan pembaca manga ini berbagai nilai kehidupan juga nasihat untuk menjaga kelestarian alam.

Seperti yang terdapat pada bab di mana sang Veteriner, Haruno, sedang melakukan pembedahan kepada bangkai ikan lanset (Aleipisaurus ferox sp.), yang kemudian ia mendapati bahwa di dalam perut si ikan ternyata terdapat banyak benda, mulai dari ikan lain yang dua kali panjangnya sampai dengan sampah-sampah plastik. Kenyataan tersebut seolah menjadi tamparan untuk umat manusia, bahwa keserakahan mereka dalam mengeruk kekayaan alam telah menimbulkan krisis yang mengancam kehidupan.

Dan masih banyak lagi kisah-kisah lain yang jauh lebih menarik dari kedalaman laut yang bisa dijadikan pelajaran berharga untuk kita semua demi menjadi manusia yang lebih baik dengan berusaha menjaga keberlangsungan hidup semua makhluk di bumi.

Kira-kira, ada makhluk-makhluk menakjubkan apa lagi, ya, jauh di kedalaman laut sana? Untuk kamu yang penasaran, ayo intip kisah sehari-hari para penghuni laut dalam yang ada di Deep Sea Aquarium Magmell!

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #deep #aquarium #magmell #mengenal #kehidupan #laut #dalam #yang #kaya #akan #mutiara #kehidupan #sekaligus #peringatkan #ancaman #krisis #lingkungan

KOMENTAR