Kandungan dan Manfaat Zaitun untuk Kesehatan
Buah dan minyak zaitun. (alodokter)
15:39
20 Januari 2024

Kandungan dan Manfaat Zaitun untuk Kesehatan

–Buah zaitun adalah buah yang bisa dimakan mentah atau bisa dijadikan penyegar sesudah diawetkan. Buah zaitun yang tua bisa diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun.

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai bumbu salad serta bahan kosmetik yang dapat menjaga kelembapan dan kekencangan kulit sehingga awet muda. Minyak zaitun juga mengandung senyawa fenol yang bersifat antimikroba, anti inflamasi, dan pencegahan kemo. Terdapat juga senyawa polifenol yang dapat mengurangi morbiditas, mengurangi penyebaran penyakit kardiovaskuler, dan neurodegenerative, serta kanker

Menurut para dokter, daun zaitun juga memiliki banyak manfaat seperti mengurangi tekanan darah tinggi dan melancarkan buang air kecil. Daun zaitun bisa diolah dengan cara direbus kemudian airnya diminum.

Daun zaitun juga dapat menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah tinggi. Daun zaitun mengandung zat antimikroba yang efektif menangani virus, bakteri, dan jamur.

Zaitun memiliki kandungan senyawa seperti fenol, tokoferol, sterol, pigan, dan squalene, yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Zaitun juga mengandung omega 9 dan 3 yang berfungsi sebagai antioksidan. Zaitun juga mengandung zat garam, zat besi, dan fosfor yang bermanfaat bagi manusia.

Dua antioksidan yang terkenal pada zaitun yaitu vitamin C dan E yang berfungsi memperlambat atau menghentikan proses kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Antioksidan dari minyak zaitun di dapat dari 15 ml (1 sendok makan) yang mengandung 12,9 persen DV yang juga mengandung Vitamin E dan nutrisi.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam minyak zaitun yaitu :

-          13,5 14 gram lemak

-          0,1 miligram kalsium

-          0,1 miligram kalium

-          0,3 miligram natrium

-          1,9 miligram vitamin E

-          8 mikrogram vitamin K

Jenis lemak yang terkandung dalam minyak zaitun adakah lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega 3 dan omega 6.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

  1. Mengontrol tekanan darah

Minyak zaitun yang dikonsumsi 50-60 ml atau 4 sendok makan per hari dan tekanan darah lebih terkontrol. Ini disebabkan adanya kandungan antioksidan dan asam lemak sehat yang membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah.

  1. Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung

Adanya kandungan antioksidan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Minyak zaitun dikonsumsi untuk mencegah penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Lemak jenuh dan lemak dari minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga baik untuk kesehatan jantung.

  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Antioksidan pada minyak zaitun dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Memelihara fungsi otak

Penyakit pada otak seperti stroke dan demensia dapat dikurangi dengan kandungan zat antioksidan dan anti radang pada minyak zaitun.

  1. Menjaga berat badan

Minyak zaitun baik dikonsumsi untuk yang sedang diet dan dapat mencegah obesitas.

  1. Mengatasi sembelit

Minyak zaitun dapat mengatasi sembelit karena bisa melunakkan tinja.

  1. Mengendalikan kadar gula darah

Mengonsumsi minyak zaitun dapat memiliki kadar gula yang lebih terkontrol.

  1. Melembapkan kulit kering

Minyak zaitun dapat dioleskan pada kulit wajah, tangan, atau kaki kering karena dapat mengunci kelembapan kulit.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Minyak zaitun mengandung anti radang dan anti bakteri sehingga dapat menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selain itu bisa juga mencegah dan mengatasi bau mulut.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #kandungan #manfaat #zaitun #untuk #kesehatan

KOMENTAR