Buah-buahan Ini Terbukti Memiliki Khasiat untuk Menurunkan Tekanan Darah, Cocok Dikonsumsi Penderita Hipertensi!
6 buah terbaik untuk menurunkan tekanan darah (medicinenet.com)
08:48
12 Mei 2024

 Buah-buahan Ini Terbukti Memiliki Khasiat untuk Menurunkan Tekanan Darah, Cocok Dikonsumsi Penderita Hipertensi!

 

 

 Gaya hidup yang baik seperti pola makan yang sehat, olahraga teratur, tidur yang cukup, dan manajemen stres sangat penting untuk mengelola tekanan darah tinggi seseorang.

Jika Anda telah didiagnosis menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, dokter Anda mungkin merekomendasikan obat-obatan tertentu bersamaan dengan rekomendasi perubahan gaya hidup yang lebih baik.

Baik pengobatan maupun tindakan gaya hidup ini, memiliki peranan tersendiri dalam pengelolaan tekanan darah Anda, dan itu harus diikuti sesuai anjuran dari dokter Anda.

Buah-buahan, karena kandungan seratnya yang tinggi, antioksidan, dan kandungan mineral tertentu (seperti potasium dan magnesium), turut berperan penting dalam mencegah dan menangani penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi ini.

Pada dasarnya, semua buah memiliki beberapa manfaat kesehatan dan membantu mengatur tekanan darah. Namun, ada beberapa buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk penderita hipertensi.

Dilansir dari MedicineNet, Minggu (12/5), berikut enam pilihan buah-buahan terbaik bagi penderita hipertensi dan baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah Anda agar tetap stabil.

1. Buah jeruk

Buah ini kaya akan antioksidan termasuk vitamin C dan flavonoid yang mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, jeruk juga kaya akan serat dan potasium, serta rendah sodium. Semua kualitas ini menjadikan buah ini sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

2. Buah beri

Semua buah beri, terutama blueberry, sangat kaya akan kandungan senyawa antioksidan dan polifenol yang membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

3. Pisang

“Makanan super” ini sangat kaya akan nutrisi, seperti potasium, serat, magnesium, dan antioksidan yang mampu membantu mengelola tekanan darah tinggi yang diderita oleh penderita hipertensi.

4. Delima

Penelitian menunjukkan bahwa, nutrisi dalam buah delima membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah, meningkatkan kesehatan aliran darah, mencegah pengerasan pembuluh darah, dan meningkatkan kesehatan jantung. Oleh karenanya, buah ini masuk kedalam daftar buah-buahan yang baik untuk penderita hipertensi.

5. Prune

Buah prune, sangat kaya akan potasium dan rendah sodium. Ini mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pengerasan pembuluh darah pada penderita hipertensi.

6. Melon

Buah melon mengandung banyak vitamin C, potasium, folat, dan serat, yang membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #buah #buahan #terbukti #memiliki #khasiat #untuk #menurunkan #tekanan #darah #cocok #dikonsumsi #penderita #hipertensi

KOMENTAR