Simak, Pantangan dan Cara Mencegah Asam Lambung Naik
Simak Enam Minuman untuk Mengatasi asam lambung (iStock)
17:54
11 Mei 2024

Simak, Pantangan dan Cara Mencegah Asam Lambung Naik

 

JawaPos.Com - Jika asam lambung naik, maka makanan dan minuman tertentu dapat memperburuk gejala Anda.

Jadi, jangan sembarangan dalam mengonsumsi makanan dan minuman saat kondisi asam lambung sedang naik.

Sebagai informasi, istilah refluks asam lambung dan Gerd sering digunakan secara bergantian, namun memiliki arti yang berbeda.

Refluks asam lambung mengacu pada gejala yang muncul sesekali, sedangkan Gerd didefinisikan sebagai refluks asam yang berulang secara kronis.

Hal ini dapat terjadi jika sfingter esofagus bagian bawah melemah atau tidak berfungsi sehingga memungkinkan asam lambung yang tidak diobati dapat menyebabkan peradangan atau kerusakan pada kerongkongan.

Seperti halnya makanan yang Anda makan, penting untuk memperhatikan kapan dan bagaimana Anda meminum minuman untuk menghindari atau mengurangi gejala GERD.

Beberapa makanan dan minuman ini harus dihindari agar asam lambung tidak naik diantaranya, seperti minuman asam (lemon, jeruk, anggur, tomat dan lainnya), kopi, hingga alkohol.

Sementara itu dilansir dari dalam Healthline yang dikutip oleh JawaPos.com, Sabtu (11/5), terdapat tips untuk membantu mencegah asam lambung naik yakni sebagai berikut:

  1. Hindari melewatkan sarapan atau makan siang, yang dapat menyebabkan makan berlebihan dan minum berlebihan di sore hari.
  2. Hindari camilan atau minuman larut malam yang dapat menyebabkan sakit maag menjelang tidur. Ini termasuk minuman berkarbonasi dan berkafein.
  3. Pertahankan posisi tegak selama dan setelah makan atau minum. Anda mungkin perlu menghindari makan setidaknya 3 jam sebelum tidur.
  4. Kurangi konsumsi alkohol jika Anda minum, karena minum alkohol dapat menyebabkan gejala refluks pada beberapa orang.
  5. Kurangi atau hilangkan makanan pedas dan gorengan.
  6. Tinggikan kepala tempat tidur Anda sehingga gravitasi dapat membantu mencegah asam masuk ke kerongkongan saat Anda tidur.
  7. Menyesap minuman secara perlahan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #pantangan #cara #mencegah #asam #lambung #naik

KOMENTAR