Manfaat Singkong untuk Mengatasi Sembelit, Ketahui Kandungan Serat Bagi Kesehatan Tubuh
Kandungan nutrisi serat pada singkong (Pexels/Daniel Dan)
16:39
18 April 2024

Manfaat Singkong untuk Mengatasi Sembelit, Ketahui Kandungan Serat Bagi Kesehatan Tubuh

 

 

 Singkong termasuk sebagai makanan pokok umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat. Masyarakat biasanya mengonsumsi singkong sebagai alternatif makanan pengganti nasi. 

Kandungan protein pada singkong hampir setara dengan nasi, karena keduanya merupakan sumber karbohidrat untuk makanan kita. Dalam 100 gram nasi kurang lebih mengandung 4 gram protein.
Singkong memiliki berbagai macam nutrisi penting yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat pada singkong antara lain adalah lemak, serat, protein, vitamin, dan mineral.   Berbagai gizi dalam singkong memiliki khasiat masing-masing untuk kesehatan tubuh. Umbi singkong salah satu makanan kaya akan serat yang dapat membantu mengatur kadar gula dan kolesterol dalam darah.    Salah satu manfaat dalam mengonsumsi singkong yaitu dapat mengatasi gangguan pencernaan bagi kita yang sering mengalami susah buang air besar atau sembelit.   Gangguan pencernaan seperti sembelit dapat dicegah dengan memanfaatkan kandungan serat pada singkong rebus. Jenis serat yang terkandung di dalamnya seperti pati resistan atau jenis serat yang tidak larut akan membantu melancarkan pencernaan.   Serat pektin dan beta-glucan yang terkandung dalam singkong dapat membantu menghidrasi tinja, serta mampu melancarkan buang air besar atau mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit.  

  Meski termasuk sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi masyarakat, singkong juga mengandung zat sianida. Tidak banyak yang tahu terdapat kandungan bahan kimia yang disebut glikosida sianogenik, mampu melepaskan zat sianida dalam tubuh saat dikonsumsi.   Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi singkong disarankan untuk menghilangkan zat sianida tersebut dengan dicuci terlebih dahulu, kemudian dimasak atau direbus dan airnya dibuang.   "Singkong yang warnanya biru itu lebih baik dibuang jangan dikonsumsi, kemudian kita cuci yang bersih lalu direbus. Maka kandungan-kandungan zat yang tidak bermanfaat oleh tubuh bisa kita buang dengan baik," pungkas Dokter Ida Gunawan pada akun YouTube @KataDokterid.

Editor: Kuswandi

Tag:  #manfaat #singkong #untuk #mengatasi #sembelit #ketahui #kandungan #serat #bagi #kesehatan #tubuh

KOMENTAR