Selain Menyegarkan, Simak Manfaat Jus Belimbing Bagi Ibu Hamil
Jus belimbing punya segudang manfaat untuk ibu hamil. (Freepik)
04:07
18 April 2024

Selain Menyegarkan, Simak Manfaat Jus Belimbing Bagi Ibu Hamil

– Kesegaran merupakan hal yang sangat penting bagi ibu hamil. Selama periode kehamilan, tubuh mengalami berbagai perubahan hormonal dan fisik yang dapat menyebabkan kelelahan dan ketidaknyamanan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesegaran untuk ibu hamil.

Ketika seorang wanita sedang hamil, penting bagi mereka untuk memperhatikan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Salah satu minuman yang bisa menjadi pilihan tepat adalah jus belimbing. Selain memiliki rasa yang segar dan nikmat, jus belimbing juga mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa bagi ibu hamil.

Dilansir dari kanal YouTube Bunda Keren, belimbing mengandung nutrisi yang tinggi dengan kandungan kalori yang tergolong rendah. Kandungan nutrisi yang tinggi seperti karbohidrat, vitamin, senyawa karotenoid, asam organik, dan mineral sangat penting untuk pertumbuhan bayi yang sehat. Selain itu, vitamin C pada belimbing juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit serta infeksi.

Serat alami yang terkandung pada belimbing dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit yang seringkali merupakan masalah umum selama kehamilan. Konsumsi jus belimbing secara teratur dapat membantu ibu hamil menjaga kesehatan pencernaan mereka.

Manfaat lain buah belimbing bagi ibu hamil yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Pasalnya belimbing terkenal rendah akan natrium, sedangkan mengandung kalium yang cukup tinggi, hal tersebut dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah.

Kandungan karbohidrat kompleks pada belimbing dapat memberikan energi yang tahan lama. Ibu hamil memiliki peningkatan kebutuhan energi, alih-alih mengonsumsi makanan yang tidak sehat, ibu hamil dapat memilih belimbing sebagai camilan sehat.

Belimbing juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol yang dapat mencegah risiko terjadinya masalah kesehatan pada ibu hamil akibat tingginya kadar kolesterol. Selain itu, antioksidan seperti betakaroten dan polifenol yang terkandung pada belimbing juga dapat membantu mengurangi risiko kanker yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan mutasi genetik.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari jus belimbing, pastikan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah normal dan selalu memilih buah yang segar dan matang. Anda juga bisa mencampur jus belimbing dengan sedikit madu untuk memberikan rasa manis tambahan.

Dengan mengkonsumsi jus belimbing selama kehamilan, Anda dapat memastikan bahwa Anda dan janin Anda mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda. Namun, sebelum menambahkan jus belimbing atau makanan apapun itu ke dalam diet Anda selama kehamilan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #selain #menyegarkan #simak #manfaat #belimbing #bagi #hamil

KOMENTAR