Wajib Tahu, Fakta Penting bagi Ibu Menyusui yang Puasa, Apakah Bisa Menurunkan Kualitas ASI?
Ilustrasi ibu menyusui. (Freepik)
09:26
2 April 2024

Wajib Tahu, Fakta Penting bagi Ibu Menyusui yang Puasa, Apakah Bisa Menurunkan Kualitas ASI?

- Puasa memiliki berbagai manfaat kesehatan, dan mayoritas pakar setuju bahwa ibu menyusui umumnya aman untuk berpuasa dan tidak membahayakan kondisi ibu dan bayi yang disusui. Meski Busui (ibu menyusui) termasuk dalam kelompok yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, banyak ibu menyusui yang tetap ingin melaksanakan ibadah puasa. Karena itu, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dan diketahui oleh ibu menyusui sebelum memutuskan untuk berpuasa.

Dilansir dari Alodokter.com, berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui oleh ibu menyusui saat berpuasa:

Produksi ASI

Selama berpuasa, ibu menyusui akan menahan diri dari makan dan minum selama beberapa jam. Namun, perubahan pola makan tersebut tidak akan berdampak pada produksi ASI.

Ini karena selama ibu menyusui berpuasa di siang hari, tubuhnya akan menggunakan cadangan lemak untuk memproduksi ASI. Sehingga, jumlahnya tidak akan berkurang dan ibu menyusui tetap dapat memberikan ASI pada bayi seperti biasanya.

Kualitas ASI

Ibu menyusui perlu menyadari bahwa puasa dapat mengurangi sebagian kecil jumlah vitamin dan mineral, seperti zinc, magnesium, dan kalium, yang terdapat dalam ASI. Namun, tidak perlu cemas, karena jumlah nutrisi makro dalam ASI, seperti protein, karbohidrat, dan lemak, tetap stabil, sehingga tidak mengganggu perkembangan bayi.

Usia Bayi

Meskipun ibu menyusui diizinkan untuk berpuasa, termasuk selama bulan Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan secara serius. Salah satunya adalah jika ibu menyusui masih memberikan ASI pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan.

Pada usia tersebut, bayi hanya diberi ASI eksklusif dan memiliki frekuensi menyusu yang lebih sering dibandingkan bayi yang sudah berusia 1 tahun dan telah mendapatkan makanan pendamping ASI.

Jika ibu menyusui merasa lelah atau tidak sehat saat berpuasa, disarankan untuk sementara tidak berpuasa agar tidak berdampak pada produksi ASI.

Adapun beberapa tips aman berpuasa bagi ibu menyusui:

1. Belanjakan kebutuhan rumah sebelum berpuasa.
2. Perhatikan asupan nutrisi saat sahur.
3. Konsumsi banyak air putih.
4. Gunakan waktu luang untuk beristirahat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #wajib #tahu #fakta #penting #bagi #menyusui #yang #puasa #apakah #bisa #menurunkan #kualitas

KOMENTAR