Jangan Lagi Terlewatkan! Simak 8 Manfaat konsumsi Buah Setiap Hari Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi buah-buahan. (Sumber: freepik/lifeforstock).
12:32
1 April 2024

Jangan Lagi Terlewatkan! Simak 8 Manfaat konsumsi Buah Setiap Hari Bagi Kesehatan Tubuh

 

 Tinggal di negara tropis seperti Indonesia memiliki beragam keuntungan, termasuk keberagaman tumbuhan dan buah-buahan sehat yang tersedia setiap hari. 

Buah-buahan seperti nanas, manggis, dan salak, memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan disarankan untuk dikonsumsi secara rutin oleh para ahli kesehatan.

Dikutip dari keseimbangan zat gizi harian dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan segar secara rutin.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari mengonsumsi buah-buahan dan penting untuk diketahui.

  1. Sumber Vitamin dan Mineral

Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang esensial bagi tubuh. Mereka mengandung berbagai nutrisi seperti folat, vitamin A, B, B1, B6, C, dan kalium.

Selain itu, banyak buah juga mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Buah-Buahan Sebagai Sumber Serat

Buah-buahan merupakan sumber serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan secara menyeluruh.

Konsumsi buah yang kaya serat dapat menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, dan masalah pencernaan lainnya. 

Rutin mengonsumsi makanan yang tinggi serat dalam buah-buahan juga dapat mengurangi risiko kanker usus serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

 

  1. Mengurangi Risiko Berbagai Penyakit

Pentingnya mengonsumsi buah setiap hari tidak boleh diabaikan karena kemampuannya dalam mengurangi risiko penyakit kronis seperti gangguan jantung, kanker, dan diabetes, yang merupakan penyebab utama kematian. 

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 7 persen, serta membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres, yang semuanya berkontribusi dalam menurunkan risiko penyakit jantung. 

Studi lain juga menemukan bahwa konsumsi buah seperti anggur, apel, dan blueberry dapat mengurangi risiko diabetes, sementara buah jeruk dapat membantu mengurangi risiko penyakit batu ginjal.

  1. Pilihan Diet Sehat

Buah sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara teratur karena rendah lemak dan kalori.

Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam bentuk utuh atau jus tanpa tambahan gula atau bahan lainnya, serta pastikan untuk mengonsumsinya dalam keadaan segar daripada olahan untuk mendapatkan manfaat optimal.

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam buah membuatnya memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan lainnya.

Buah seperti apel dan jeruk kaya serat, sehingga dapat membantu mempertahankan rasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

  1. Mengurangi Risiko Kerusakan Sel

Buah-buahan kaya akan nutrisi yang memiliki sifat antioksidan, mampu melawan radikal bebas seperti vitamin C, vitamin E, karotenoid, flavonoid, fenol, polifenol, dan fitoestrogen. 

Radikal bebas, molekul yang memiliki elektron tidak seimbang, dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan stres oksidatif, yang berkontribusi pada penyakit seperti aterosklerosis, kehilangan penglihatan, kanker, dan demensia. 

Antioksidan bekerja dengan menyeimbangkan jumlah elektron pada radikal bebas untuk mencegah kerusakan.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengonsumsi buah-buahan terbukti bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang karena beberapa buah merupakan sumber kalium yang baik.

Kalium membantu menetralkan asam tubuh yang dapat mengurangi kepadatan tulang, serta menjaga kalsium dalam tulang untuk mempertahankan kepadatannya. 

Beberapa buah yang kaya kalium meliputi alpukat, pisang, jeruk, aprikot, dan prun. Selain itu, buah juga mengandung vitamin C yang penting untuk tulang karena meningkatkan produksi kolagen, protein penyusun tulang yang mempertahankan massa tulang ketika jumlahnya optimal dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Baru-baru ini, buah-buahan semakin populer sebagai bahan dalam produk perawatan kulit, menandakan bahwa kandungannya bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Vitamin C yang sering terdapat dalam buah-buahan merangsang produksi kolagen, menjaga kulit agar tetap kencang, halus, dan elastis. 

Kandungan vitamin E dalam beberapa jenis buah membantu mengatur produksi minyak alami pada kulit, mempertahankan kelembapan kulit.

Selain itu, vitamin C dan E berperan sebagai antioksidan, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas seperti sinar UV dan polusi. 

Buah-buahan dengan warna merah dan oranye mengandung beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan likopen, senyawa yang juga memiliki sifat antioksidan.

  1. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Mengonsumsi buah adalah cara yang mudah untuk memenuhi kebutuhan serat, yang terbukti mengurangi masalah konstipasi atau sembelit.

Serat dalam buah-buahan terbagi menjadi dua jenis, yaitu serat larut air dan serat tak larut air. 

Serat larut air menyerap air di dalam usus dan membentuk jel, memudahkan pengeluaran feses, sedangkan serat tak larut air menambah massa feses sehingga memudahkan gerakan usus. Inilah sebabnya mengapa buah-buahan sering direkomendasikan sebagai solusi untuk masalah sembelit.

Selain itu, serat juga menjaga keseimbangan mikrobiota usus dengan memicu produksi asam lemak rantai pendek seperti butirat, asetat, dan propionat. 

Asam lemak ini mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus, menjaga keseimbangan mikroba dan mengurangi peradangan, sehingga dapat mengurangi risiko kanker kolorektal, sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Endocrinology (2020).

Cara Makan Buah yang Menyenangkan

Ditambahkan dari hellosehat.com, kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyarankan untuk mengonsumsi 150 gram buah atau sekitar sepertiga piring makan setiap hari.

Jika Anda jarang atau tidak begitu menyukai buah, Anda tidak sendirian. Berikut beberapa tips menyenangkan untuk mengonsumsi buah setiap hari:

  1. Persiapkan stok buah-buahan favorit Anda agar mudah dijangkau.

  2. Letakkan buah-buahan dan sayuran di tempat yang terlihat sering, seperti di meja, untuk memudahkan konsumsi.

  3. Cobalah buah-buahan yang berbeda setiap hari, prioritaskan yang berwarna-warni untuk meningkatkan selera.

  4. Campurkan buah ke dalam makanan favorit Anda, seperti yogurt atau kue.

  5. Buat jus, es loli, atau smoothies dari buah-buahan.

  6. Konsumsi buah kering seperti kismis dan kurma yang masih kaya serat dan nutrisi, pastikan tanpa gula tambahan.

Makan buah memberikan banyak manfaat kesehatan. Meskipun bisa diolah menjadi berbagai camilan, manfaatnya lebih optimal jika dikonsumsi dalam bentuk utuh saat masih segar. 

Buah bisa dikonsumsi kapan saja, baik sebelum atau sesudah makan, serta sebelum atau sesudah olahraga, tidak ada waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #lagi #terlewatkan #simak #manfaat #konsumsi #buah #setiap #hari #bagi #kesehatan #tubuh

KOMENTAR