10 Cara Lawan Insomnia dengan Obat Tidur Alami, Bantu Rileks Tubuh saat Tidur
Ilustrasi insomnia. (Freepik)
19:45
17 Maret 2024

10 Cara Lawan Insomnia dengan Obat Tidur Alami, Bantu Rileks Tubuh saat Tidur

 – Insomnia merupakan gangguan tidur dan membuat tubuh merasa kesulitan merasa rileks saat ingin beristirahat, meski terlihat sepele namun bisa berbahaya.

Insomnia biasanya terjadi karena berbagai faktor seperti rasa lelah secara fisik maupun mental, yang menyebabkan munculnya rasa gelisah, stres, turunnya konsentrasi, kelelahan parah, dan tidak bersemangat.

Insomnia bisa terjadi kepada siapa saja, meskipun bukan termasuk kedalam kondisi yang serius akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh  jika berlangsung lama dan terus-menerus.

Untuk menghadapainya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi insomnia, salah satunya adalah melalui pemanfaatan  obat tidur alami.

Dilansir dari lama Siloam Hospital (17/03) berikut cara mengatasi insomnia dengan menggunakan obat tidur alami :

1. Aroma Bunga Lavender

Lavender bisa menjadi obat tidur alami dikarenakan aroma bunga lavender memiliki kandungan linalool yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, aroma bunga lavender juga dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah sehingga mampu membantu merangsang rasa kantuk.

2. Akar Valerin

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada The American Journal of Medicine tahun 2006, mengonsumsi suplemen atau ekstrak akar valerian sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Suplemen herbal ini masih terbilang aman jika dikonsumsi dalam jangka pendek. Namun, perlu diketahui bahwa suplemen akar valerian tidak dianjurkan untuk mengatasi insomnia pada ibu hamil,  ibu menyusui, dan anak-anak.

3. Glycine

Dilansir dari Jurnal Sleep and Biological Rhythms, glycine mampu membantu seseorang agar bisa cepat tidur serta meningkatkan kualitas tidur, glycine merupakan salah satu jenis asam amino yang memiliki peran penting dalam sistem saraf  pada tubuh. Selain itu asam amino dipercaya dapat membantu mengatasi sulit tidur di malam hari.

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung glycine, seperti kacang polong, bayam, telur, ikan, dan kubis. dengan mengonsumsi makanan tersebut dapat merangsang produksi glycine dalam tubuh dan memberikan efek positif dalam mengatasi insomnia dan kualitas istirahat malam.

4. Konsumsi Karbohidrat

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat sebelum cara yang satu ini cukup ampuh sebagai obat tidur alami. dengan mengonsumsi makanan berkarbohidrat secukupnya. Karena karbohidrat dapat memudahkan masuknya zat pengatur tidur ke dalam otak sehingga turut membuat seseorang menjadi cepat mengantuk. 

ada baiknya untuk memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, oatmeal, jagung, kentang, dan kacang-kacangan, agar lebih menyehatkan. Dan pastikan untuk mengonsumsi makanan berkarbohidrat maksimal 3 jam sebelum tidur agar terhindar dari gangguan sistem pencernaan.

5. Hormon Melatonin

Melatonin merupakan hormon alami tubuh yang berfungsi untuk mengendalikan ritme pola fungsi tubuh selama 24 jam, termasuk waktu bangun dan tidur. Karena itulah, hormon melatonin menjadi salah satu senyawa yang penting untuk diperhatikan agar dapat membantu mengatasi insomnia.

Selain diproduksi secara alami oleh tubuh, hormon melatonin juga bisa diperoleh melalui makanan atau produk suplemen. Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung melatonin adalah telur, buah ceri, dan goji berry.

6. Susu

Susu juga direkomendasikan sebagai obat tidur alami karena dapat membantu meningkatkan produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Agar lebih optimal, pastikan untuk memilih susu yang telah melalui proses pasteurisasi, tidak mengandung gula dan lemak yang tinggi, serta pastikan Anda tidak memiliki riwayat intoleransi laktosa. Namun, tingkat efektivitas susu untuk mengatasi susah tidur ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

7. Teh Chamomile

 Salah satu rekomendasi obat tidur alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan tidur adalah teh chamomile. teh chamomile dapat membantu meningkatkan produksi hormon melatonin di dalam tubuh sehingga turut merangsang rasa kantuk. Selain itu, teh chamomile juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks serta meredakan rasa cemas yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

8. Buah Kiwi

Mengkonsumsi 2 buah kiwi sebelum tidur, buah kiwi mengandung hormon serotonin serta antioksidan yang tinggi sehingga dapat memicu rasa kantuk serta membantu meningkatkan kualitas tidur.

9. Magnesium

Magnesium berfungsi mengatur siklus serta kualitas tidur. Oleh karenanya, penting untuk memenuhi asupan magnesium harian guna mengatasi insomnia. beberapa jenis makanan tinggi magnesium yang dapat dikonsumsi untuk membantu menjaga kualitas tidur adalah alpukat, pisang, cokelat hitam, dan lain sebagainya.

10.Ginseng Merah

Ginseng merah juga menjadi tanaman herbal yang dipercaya dapat membantu mengatasi insomnia secara alami. Mengonsumsi ginseng merah secara rutin dapat membantu mengatasi stres yang menjadi penyebab susah tidur.

Cara mengatasi Insomnia

Selain dengan mengonsumsi obat tidur alami, terdapat beberapa cara agar cepat tidur atau mengatasi insomnia, di antaranya adalah:

  • Perbanyak minum air putih, minimal 2 liter per hari.
  • Tidak merokok.
  • Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.
  • Membatasi konsumsi gula, kafein, dan minuman beralkohol secara berlebihan.
  • Tidak menggunakan gadget setidaknya 30 menit sebelum tidur.
  • Berolahraga secara rutin, setidaknya 30 menit sehari.
  • Menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman, seperti meredupkan lampu kamar tidur, menggunakan penyejuk ruangan, dan lain-lain.
  • Bermeditasi atau membaca buku sekitar satu jam sebelum tidur.
  • Mandi air hangat sebelum tidur.

Itu dia sejumlah rekomendasi obat tidur alami untuk membantu mengatasi insomnia. Namun, jika keluhan Insomnia tidak kunjung mereda, segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat sesuai kondisi tubuh oleh dokter, sebelum insomnia menjadi semakin parah

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #cara #lawan #insomnia #dengan #obat #tidur #alami #bantu #rileks #tubuh #saat #tidur

KOMENTAR