Pernah Mengalami Kaki Kram Saat Tidur di Malam Hari? Kejang Otot Mungkin Jadi Penyebabnya
Ilustrasi kaki kram atau charley horse. (Sumber foto: Freepik)
12:30
11 Maret 2024

Pernah Mengalami Kaki Kram Saat Tidur di Malam Hari? Kejang Otot Mungkin Jadi Penyebabnya

Kaki kram saat tidur di malam hari bisa sangat menyakitkan hingga mengganggu kualitas tidur, rasa sakitnya yang menusuk tersebut berlangsung beberapa menit, sebagian besar terasa di betis dan kaki.

Orang berusia di atas 60 tahun, atlet yang menggunakan otot secara berlebihan atau berolahraga tanpa pemanasan memadai, cenderung lebih sering mengalami kram ini.

Charley horse atau kaki kram tidak disengaja atau kejang otot yang dialami sebagian orang terutama di malam hari, kata ahli bedah ortopedi Simon Thomas, dikutip dari Healthshots, Senin (11/3).

Tidak ada alasan pasti mengapa hal ini terjadi terutama pada malam hari. Hal ini mungkin disebabkan oleh sinyal tiba-tiba dari otak dan ketidaksesuaian antara sinyal dan aktivitas otot. Biasanya kram terjadi pada otot betis, paha, atau kaki.

Kram umumnya hilang dengan sendirinya dalam 10 menit atau kurang, menurut penelitian dari Cochrane Database of Systematic Review pada tahun 2021.

Adapun kejang otot terjadi tanpa peringatan apa pun dan frekuensinya bisa beberapa hari, minggu, bulan, atau tahun. Otot yang terkena misalnya otot betis terasa terjepit dan berkontraksi seperti simpul kencang.

Menurut ahli bedah lutut dan pinggul Jay Shah, sebagian besar kram ini bersifat idiopatik yang berarti penyebabnya tidak diketahui. Namun, ada beberapa penyebabnya:

- Dehidrasi

- Kekurangan vitamin atau mineral

- Stres

- Postur tubuh yang buruk

- Obat penurun kolesterol

- Penggunaan otot secara berlebihan atau saat berolahraga

Kram otot seperti ini lebih sering terjadi pada pengidap diabetes, penyakit hati, dan masalah tiroid. Heat stroke atau kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu secara drastis juga memicu otot berkedut.

Lansia umumnya berisiko lebih besar karena tendonnya pendek. Wanita hamil mungkin mengalami lantaran meningkatnya peradangan dan berat badan selama kehamilan. Orang dengan asupan air rendah pun cenderung terkena penyakit ini.

Meski begitu, menerapkan panas ke area kram dapat membantu mengatasi charley horse. Berikut beberapa cara untuk menghilangkan rasa sakit meskipun hanya berlangsung sebentar.

  1. Peregangan

Lakukan peregangan atau stretching. Untuk melakukannya, awali dengan menarik jari-jari kaki dan pergelangan kaki ke arah tubuh. Tahan posisi ini selama 10 detik lalu rileks. Lakukan 10 hingga 15 kali sekaligus.

  1. Obat pereda nyeri

Terkadang, obat pereda nyeri dan pelemas otot diperlukan untuk sakit lebih parah selama tiga hingga empat hari. Obatnya mengurangi peradangan dan memberikan istirahat pada otot betis sehingga mengurangi kejang, jelas Thomas.

  1. Vitamin E

Pertolongan jangka panjang bisa diberikan dengan sediaan Vitamin E dan Levocarnitine jika kondisinya kronis dan berulang. Bisa diminum dua kali sehari selama kurang lebih dua bulan atau sesuai anjuran dokter.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pernah #mengalami #kaki #kram #saat #tidur #malam #hari #kejang #otot #mungkin #jadi #penyebabnya

KOMENTAR