Tak Banyak Orang Tua Tahu, Saluran Cerna Sehat Ternyata Pengaruhi Perkembangan Sosial-Emosional Anak
Tumbuh kembang anak. (Dok. Istimewa)
08:56
10 Maret 2024

Tak Banyak Orang Tua Tahu, Saluran Cerna Sehat Ternyata Pengaruhi Perkembangan Sosial-Emosional Anak

Orang tua perlu memahami pentingnya kesehatan saluran cerna anak sebagai fondasi bagi tumbuh kembang optimal.  Sebab, saluran cerna merupakan organ kompleks dengan lebih dari 70% komponen sel daya tahan tubuh dan 100-500 juta sel saraf yang memengaruhi sistem saraf dan mood.

Seperti diketahui pembentukan dan perkembangan sistem saluran cerna mempengaruhi kesehatan dan suasana hati anak.

“Menjaga kesehatan saluran cerna si kecil dapat menjadi landasan kesehatan anak secara keseluruhan di masa mendatang. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk menjaga kesehatan saluran cerna si kecil dimulai dari masa pembentukan dan perkembangannya," ujar Dokter Muzal Kadim, Sp.A(K). 

Tumbuh kembang anak. (Dok. Istimewa)Tumbuh kembang anak. (Dok. Istimewa)

Ia menjelaskan, Nutrisi seimbang dan prebiotik diperlukan untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus anak. Diperlukan juga nutrisi seperti DHA, AA, dan ALA/LA untuk perkembangan otak anak.

Perhatian terhadap kesehatan saluran cerna anak juga berdampak pada perkembangan sosial emosional. Dokter Rini Sekartini, Sp.A(K) mendorong orang tua untuk mendukung perkembangan kognitif dan sosial emosional anak sejak dini.

“Perkembangan sosial dan emosional anak biasanya masih seringkali diabaikan oleh orang tua, guru, dan pengasuh lainnya. Orang tua dan guru harus paham bahwa anak-anak dengan perkembangan emosi yang sehat adalah mereka yang dapat mengekspresikan diri dengan cara yang positif. Sebab, perkembangan sosial dan emosional pada anak usia dini adalah bagaimana mereka mampu mengelola dan mengekspresikan berbagai emosi, baik itu positif maupun negatif.”

Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Social Emotional Learning Day, PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) melalui platform digital Bebeclub mengajak semua pihak terutama orang tua untuk bersama-sama mendukung perkembangan sosial emosional anak agar bisa tumbuh menjadi Anak Hebat.

Mereka mengajak orang tua dan tenaga pengajar untuk mendukung perkembangan sosial emosional anak. Mereka menyediakan buku cerita digital interaktif Bebestory untuk mengajarkan anak tentang kebaikan dan emosi.

"Kami terus berkomitmen untuk hadir menyediakan nutrisi yang baik untuk si Kecil untuk terus mendukung Ibu dalam memberikan nutrisi dan stimulasi tepat agar si kecil. Salah satunya dengan menghadirkan produk bernutrisi yang dilengkapi asam lemak rantai panjang Triple A (DHA, AA, ALA/LA) untuk perkembangan otak serta mengandung prebiotik FOS:GOS dengan prosentase yang tepat 1:9, terbukti klinis dan teruji optimalkan kesehatan saluran cerna," ujar Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK., Medical & Scientific Affairs Director Danone Indonesia. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #banyak #orang #tahu #saluran #cerna #sehat #ternyata #pengaruhi #perkembangan #sosial #emosional #anak

KOMENTAR