Ketahui Kebiasan Buruk Penyebab Sulit Buang Air Besar atau Sembelit, Begini Penjelasan dr. Ema
Kebiasaan buruk penyebab sulit BAB / YouTube @dr.Emasuperr
18:54
6 Maret 2024

Ketahui Kebiasan Buruk Penyebab Sulit Buang Air Besar atau Sembelit, Begini Penjelasan dr. Ema

– terdapat banyak sekali kebiasaan-kebiasaan yang tidak disadari dapat memperparah saluran cerna bahkan membuat sembelit.

Dikutip dari kanal YouTube @dr.Emasuperr (12/8), berikut beberapa penyebab sulit bab dan solusinya.

Ketergantungan minum obat pelancar buang air besar

Setiap makan saraf mengirimkan sinyal pada otot-otot usus untuk membuat gerakan peristaltik, sehingga bisa mendorong makanan dari lambung, usus halus, usus besar sampai ke anus kita. Reflek peristaltik adalah gerakan alami pada tubuh.

Obat pencahar maupun minuman-minuman yang bisa membuat kalian lancar buang air besar, itu memaksa usus untuk meningkatkan gerakan-gerakan pristaltik sehingga membuat BAB.

Pada awalnya mungkin membantu namun jika ketergantungan akan menghalangi sinyal dalam tubuh sehingga membuat sindrom usus malas.

Kurang konsumsi serat

BAB terbentuk dari sisa makanan dan serat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Orang yang terbiasa makan makanan olahan, seperti kaleng, tinggi tepung, pizza, roti, mie, snack yang minim serat makan akan sulit buang air besar.

Makan lebih banyak serat saat alami sembelit

Sembelit paling umum terjadi ketika kotoran berbentuk padat sekali sehingga sulit untuk dikeluarkan, terkadang juga saat banyak makan namun kurang minum air putih.

Ketika kotoran padat dan menyumbat saluran cerna dan menambah makan serat akan semakin memperburuk sembelit.

Kurang minum

Kurang minum membuat tubuh mengalami dehidrasi dan menyerap air di saluran cerna untuk mencukupi kebutuhan ar pada tubuh.

Kekurangan cairan membuat usus semakin sulit untuk memproses makanan dengan baik, sehingga memperlambat proses pencernaan dan membuat sembelit.

Kurang atau terlalu banyak tidur

Kurang tidur menciptakan kondisi stress pada tubuh yang akhirnya mengganggu produksi hormon pencernaan sehingga menimbulkan sembelit.

Jam tidur yang terganggu juga mengacaukan ritme sirkadian tubuh, biasanya terjadi akibat kerja dinas malam atau sedang berlibur.

Selain itu terlalu banyak tidur juga memperlambat proses metabolisme tubuh yang bisa meningkatkan sembelit, paling sering terjadi pada orang yang mengalami insomnia, begadang, dan jam tidur yang kacau.

Kurang olahraga dan gerak

Kurang gerak membuat tubuh menghabiskan sedikit energy yang dapat menurunkan metabolisme dan pembakaran makanan sehingga sembelit.

Apalagi kebiasaan posisi duduk yang terlalu lama entah bekerja atau beraktivitas itu dapat menurunkan gerakan peristaltik usus.

Kebiasaan menahan BAB

Kebiasaan menahan BAB biasanya terjadi karena aktivitas keseharian, akhirnya keinginan buang air besar itu menghilang.

Kebiasaan ini juga membuat siklus pencernaan terganggu karena otak sudah menahannya. Akhirnya alarm buang air besar menghilang dan terjadi sembelit.

BAB sambil bawa handphone atau buku

Hal tersebut membuat fokus terpecah sehingga menghilangkan keinginan untuk buang air besar dan meningkatkan resiko sembelit.

Terlalu banyak minum vitamin atau makanan tinggi nutrisi

Banyak orang yang minum multivitamin atau makanan tinggi nutrisi namun ternyata bisa memperlambat saluran pencernaan dan mengakibatkan sembelit, seperti vitamin D, kalsium, zat besi serta makanan yang tinggi produk susu ini berhubungan dengan sembelit.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ketahui #kebiasan #buruk #penyebab #sulit #buang #besar #atau #sembelit #begini #penjelasan

KOMENTAR