Mengejutkan, Biji Pepaya Ternyata Bisa Menghilangkan Uban hingga ke Akar Rambut, Simak Caranya
Biji pepaya bisa untuk menghilangkan uban. (Istimewa)
12:33
3 Maret 2024

Mengejutkan, Biji Pepaya Ternyata Bisa Menghilangkan Uban hingga ke Akar Rambut, Simak Caranya

- Rambut yang mulai beruban (rambut putih) memang bisa membuat kepercayaan diri jadi menurun. Apalagi uban ini bisa membuat kulit kepala terasa lebih gatal. Sehingga tidak heran jika sebagian orang ingin menyingkirkan serta mencegah pertumbuhan uban.

Pada dasarnya, tumbuhnya uban dipengaruhi banyak faktor. Uban bisa terjadi karena adanya faktor genetik, kondisi kesehatan, gaya hidup, faktor usia, maupun sedang menjalani pengobatan tertentu.

Uban ternyata juga bisa diatasi dengan penggunaan bahan alami, kecuali faktor usia. Nah, salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi dan mencegah pertumbuhan uban yaitu memanfaatkan biji pepaya.

Biji dari buah pepaya ini memang seringkali dianggap tidak berguna dan sebagian orang langsung membuangnya. Lalu, apa manfaat biji pepaya untuk rambut?

Melansir dari berbagai sumber, biji pepaya dikenal bisa:

- Menguatkan akar rambut
- Menghilangkan uban
- Mengurangi ketombe membandel

Tentunya, hal ini tak lepas dari kandungan di dalamnya.

Simak cara ampuh menghilangkan uban secara alami dan cepat yang bisa dicoba dengan biji pepaya.

Adapun bahan dan alat yang dibutuhkan untuk menghilangkan uban dengan biji pepaya, di antaranya:

5 sendok biji pepaya
1 sendok minyak zaitun
1 sendok kopi
1 buah mangkuk
1 buah sisir bergigi jarang
1 buah kuas masker

Dilansir dari Radar Magelang (Jawa Pos Group), kandungan di biji bebaya berapa glucoside capraine. Kandungan ini energi untuk mengatasi pertumbuhan rambut uban. Tak hanya itu, kandungan ini baik juga untuk menguatkan rambut dari akar hingga ke ujung.

Adapun minyak zaitun adalah bahan alami yang kaya akan vitamin E serta antioksidan. Kombinasi kandungan ini dipercaya dapat melembabkan sekaligus menjadikan produksi melanin penyebab uban terhindari. Sehingga uban tidak mudah tumbuh dan bebas dari rasa gatal.

Apalagi, tekstur minyak pada bahan alami ini bisa dengan lembut dan nyaman digunakan.

Terakhir, ada juga bahan alami berupa kopi yang tak boleh ketinggalan. Jika sebelumny menggunakannya sebagai bahan dasar minuman, kini perlu mencobanya sebagai obat uban. Hal ini dikarenakan adanya kandungan berupa kafein dan polifenol yang tinggi di dalamnya. Sehingga, membantu melancarkan aliran darah di area kulit kepala serta bekerja sebagai pewarna hitam alami untuk mencegah munculnya pertumbuhan rambut putih.

Tahap Pembuatan:

Pertama, siapkan seluruh bahan yang dibutuhkan. Jemur biji pepaya hingga mengering. Tumbuk biji pepaya kering supaya membentuk tekstur bubuk halus.

Jika sudah, masukan ke dalam mangkuk dan tambahkan minyak zaitun ke dalamnya. Anda bisa menentukan takarannya dengan panjang atau pendeknya rambut.

Aduk seluruh bahan hingga tercampur sempurna. Obat antiuban siap digunakan.

Tahap Penggunaan:

Sisir rambut terlebih dahulu. Cara ini untuk mencegah rambut menggumpal atau kusut.

Berikutnya, ambil ramuan antiuban tadi dan oleskan ke rambut secara merata.

Biarkan kandungannya meresap selama 1 jam. Jika sudah, bisa membilasnya dengan air hingga bersih.

Lakukan cara satu ini secara rutin sebanyak 3-4 kali dalam tiap minggunya. Jangan lupa gunakan juga bahan-bahan segar untuk efek maksimal dalam 2 bulan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #mengejutkan #biji #pepaya #ternyata #bisa #menghilangkan #uban #hingga #akar #rambut #simak #caranya

KOMENTAR