8 Makanan Terbaik untuk Redakan Sakit Tenggorokan dan Flu selama Musim Hujan untuk Membantu Tubuh Terasa Lebih Baik
Ilustrasi 8 makanan terbaik untuk sakit tenggorokan. (freepik/jcomp)
15:16
23 Oktober 2024

8 Makanan Terbaik untuk Redakan Sakit Tenggorokan dan Flu selama Musim Hujan untuk Membantu Tubuh Terasa Lebih Baik

 

Saat musim hujan datang, beberapa penyakit bisa menghampiri dan membuat tubuh jadi kurang sehat. Gejala yang kurang nyaman seperti pilek, flu, atau penyakit virus lainnya dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Untuk itu, cobalah makan lebih banyak makanan yang dapat membantu meredakan tenggorokan. Dilansir dari eatingwell, berikut ini 8 makanan terbaik untuk sakit tenggorokan.

1. Madu

Penelitian menunjukkan bahwa madu adalah salah satu obat alami yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Sebuah studi tahun 2017 meneliti efek madu pada 200 orang yang sakit tenggorokan.

Satu kelompok diberi obat dengan madu, sementara kelompok kedua diberi obat yang sama tanpa madu. Studi tersebut menemukan bahwa ada perbaikan yang lebih cepat terhadap orang yang mengalami gejala sakit tenggorokan pada kelompok yang menyertakan madu.

Kalian bisa menambahkan beberapa sendok madu langsung atau dicampurkan ke dalam teh panas sebagai obat yang menenangkan.

2. Kaldu sayuran

Kaldu sayur dibuat dengan memadukan berbagai sayuran antiradang dan rempah-rempah yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Bahan-bahannya meliputi sayuran seperti bawang merah, bawang putih, seledri, dan wortel, serta rempah-rempah seperti jahe dan lada.

Studi telah menunjukkan bahwa bawang merah memiliki aktivitas antimikroba khusus terhadap bakteri seperti Staphylococcus aureus yang menjadi penyebab potensial sakit tenggorokan. Studi lain tentang bawang putih menunjukkan harapan untuk memperpendek durasi flu biasa karena sifat antimikroba dan antivirusnya yang unik.

Selain itu, penting untuk tetap terhidrasi saat kalian sedang tidak enak badan. Menyeruput kaldu atau makan sup berbahan dasar kaldu dapat membantu tubuh mendapatkan cukup cairan. Pastikan untuk menyeruputnya saat hangat dan tidak terlalu panas karena itu dapat memperburuk sakit tenggorokan.

3. Telur orak-arik

Merawat sakit tenggorokan memerlukan pemilihan makanan yang tidak mengiritasinya. Selain itu, saat kalian sakit, penting untuk memasukkan makanan bergizi ke dalam menu makanan.

Salah satunya telur orak-arik yang mudah di tenggorokan atau lunak, tidak renyah atau kasar, dan kaya akan banyak nutrisi. Telur mengandung protein dan vitamin D. Kandungan dua nutrisi utama ini dapat mendukung kekebalan tubuh.

Telur juga memberikan banyak vitamin B serta yodium, selenium, dan kolin. Pastikan untuk memakan seluruh telur, termasuk kuning telurnya, untuk mendapatkan semua nutrisinya.

4. Sup Ayam

Khasiat sup ayam telah dipuji oleh para ahli dan banyak ibu serta nenek selama berabad-abad. Sup ayam biasanya dibuat dengan merebus berbagai sayuran dan tulang ayam selama beberapa jam.

Waktu memasak yang lama memungkinkan mineral seperti zink, fosfor, kalsium, dan magnesium masuk ke dalam cairan. Mineral dari sayuran sup seperti bawang bombay, seledri, wortel, daun bawang, ubi, atau lobak, semuanya meresap ke dalam kuah sup.

Ini membuat sup dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dan cairan hangatnya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Sebuah penelitian dari University of Nebraska menyimpulkan bahwa sup ayam mungkin mengandung zat antiradang yang dapat membantu meredakan flu.

5. Kunyit

Kunyit telah digunakan secara global selama bertahun-tahun sebagai ramuan obat. Kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut kurkuminoid, dengan kurkumin sebagai kurkuminoid utamanya.

Kurkumin memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang kuat dan telah terbukti memberikan manfaat untuk kesehatan. Karena bahan aktif ini, kunyit dapat membantu meredakan nyeri dan pembengkakan pada sakit tenggorokan dengan menghambat peradangan.

Kurkumin dapat membantu melawan virus influenza, serta jenis stafilokokus dan streptokokus yaitu bakteri dan virus yang paling umum ditemukan pada sakit tenggorokan.

6. Teh chamomile

Chamomile mengandung banyak senyawa tanaman alami, khususnya terpenoid dan flavonoid yang berkontribusi pada khasiat obatnya. Chamomile diketahui memiliki khasiat antispasmodik yang mungkin efektif untuk membantu mengurangi batuk yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Nikmati secangkir teh chamomile hangat yang dapat membantu melegakan tenggorokan.

7. Jahe

Jahe telah digunakan selama berabad-abad dan disukai banyak orang karena senyawa bioaktifnya yang diketahui memiliki manfaat pengobatan. Jahe merupakan antioksidan kuat dengan sejumlah sifat antimikroba.

Sakit tenggorokan dapat menjadi manifestasi peradangan sistemik sekunder akibat flu biasa, flu musiman, atau infeksi. Gingerol merupakan komponen fitokimia aktif dalam jahe yang berfungsi untuk meredakan peradangan akut dan dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

9. Kayu manis

Rempah yang menghangatkan ini mengandung sifat antimikroba, terutama sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan. Nikmati kayu manis dalam sari apel yang dibumbui, ditaburkan di atas oatmeal atau menu sarapan favorit lainnya seperti pancake dan roti panggang, atau ditambahkan ke adonan kue, muffin, atau kue.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #makanan #terbaik #untuk #redakan #sakit #tenggorokan #selama #musim #hujan #untuk #membantu #tubuh #terasa #lebih #baik

KOMENTAR