5 Manfaat Kesehatan dari Buah Zaitun dan Minyak Zaitun Menurut Penelitian: Bagus untuk Jantung dan Diet
Macam-macam buah zaitun di dalam mangkok. (freepik)
13:40
23 Oktober 2024

5 Manfaat Kesehatan dari Buah Zaitun dan Minyak Zaitun Menurut Penelitian: Bagus untuk Jantung dan Diet

 

Buah zaitun adalah buah yang berasal dari pohon zaitun (Olea europaea) dan perlu diproses terlebih dahulu agar bisa dimakan.

Ada beberapa jenis zaitun yang dapat dimakan langsung saat matang, tapi beberapa jenis zaitun, seperti zaitun hitam, memiliki rasa yang sangat pahit sehingga perlu difermentasi. 

Dilansir dari Healthline, buah zaitun kaya akan vitamin E dan antioksidan. Selain itu terdapat beberapa penelitian dimana buah zaitun dapat membantu kita melawan osteoporosis dan kanker. 

Kita biasa mengkonsumsi buah zaitun dari hasil prosesnya seperti minyak zaitun, selain itu sering juga ditemukan di makanan Mediterania dan pizza. 

Dalam 100 gram buah zaitun kalengan terdapat 116 kalori, 10,9 gram lemak, 6 gram karbohidrat, 1,6 gram serat, dan 0,8 protein. 

Bagus untuk jantung

Dilansir dari Health.com, buah zaitun dan minyak zaitun merupakan salah satu sumber asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jelek kita. 

MUFA atau asam oleik ini juga sering dikaitkan dengan manfaat kesehatan lain seperti anti peradangan dan mencegah kerusakan hati. Manfaat ini bagus untuk menurunkan resiko penyakit jantung hingga anti kanker. 

Dalam penelitian pada tahun 2022, ditemukan orang-orang yang mengkonsumsi setidaknya setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari mengalami penurunan risiko penyakit jantung sebanyak 19 persen. 

Dilansir dari Medical News Today, pada sebuah penelitian lainnya yang melibatkan hampir sebanyak 26000 perempuan, ditemukan menu makanan Mediterania memotong resiko penyakit jantung hingga 28 persen. 

Kaya antioksidan

Buah zaitun kaya akan vitamin E yang memiliki manfaat sebagai anti peradangan dan antioksidan. 

Vitamin ini dapat membantu tubuh kita melawan radikal bebas yang merusak sel-sel, sehingga mengurangi stres oksidasi. 

Buah zaitun juga mengandung flavonoid seperti quercetin yang mengandung antioksidan juga. Selain itu, ia juga mengandung hydroxytyrosol, sejenis polyphenol yang sangat bermanfaat untuk anti radang, anti kanker, dan antioksidan. 

Membantu menjaga tulang kita

Negara-negara Mediterania memiliki tingkat pasien osteoporosis terendah di Eropa, dan para peneliti curiga penyebabnya adalah buah zaitun. 

Beberapa kandungan di buah zaitun dan minyak zaitun ditemukan dapat mencegah pengeroposan tulang pada hewan. 

Buah zaitun mengandung kalsium yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang, otot, dan saraf kita. 

Dapat menjaga kadar gula darah

Karbohidrat dari menu makanan dengan lemak sehat dan protein tanpa lemak adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kadar gula darah yang baik. 

Memakan terlalu banyak lemak jenuh dari produk hewani dapat menyebabkan resistensi insulin, yang menjadi penyebab diabetes tipe 2. 

Akan tetapi lemak tidak jenuh seperti MUFA pada buah zaitun dapat memperbaiki kadar gula darah kita. 

Pada penelitian di tahun 2018, ditemukan apabila mengganti karbohidrat dengan lemak jenuh pada jumlah kalori yang sama dapat memperbaiki hemoglobin A1c dan sensitivitas insulin. 

Bagus untuk diet

Buah zaitun mengandung lemak baik dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga membuat kita lebih cepat kenyang. 

Lemak memiliki kalori lebih banyak daripada protein dan karbohidrat per gramnya. Selain itu, lemak dicerna lebih lambat pula. 

Karena itu, menambahkan menu lemak sehat pada makanan atau cemilan kita akan membuat kita lebih cepat kenyang dan membantu kita mengelola berat badan kita lebih mudah. 

Pada sebuah review di tahun 2020, menu makanan yang kaya akan asam oleik dapat mendukung rekomposisi tubuh dengan meningkatkan proses pembakaran lemak dan kalori. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #kesehatan #dari #buah #zaitun #minyak #zaitun #menurut #penelitian #bagus #untuk #jantung #diet

KOMENTAR