Bukan Hanya untuk Persalinan, Bidan juga Bisa Urusi Segala Masalah Reproduksi Perempuan
Ikatan Bidan Indonesia (IBI) luncurkan kampanye nasional bertajuk Ayo ke Bidan, Ingat KB, Ingat Bidan. (Istimewa)
22:17
17 Oktober 2024

Bukan Hanya untuk Persalinan, Bidan juga Bisa Urusi Segala Masalah Reproduksi Perempuan

–Selama ini, bidan hanya lekat dengan kaitannya persalinan perempuan. Padahal, tak hanya itu, bidan juga bisa menjadi sahabat perempuan untuk masalah reproduksi hingga masalah Keluarga Berencana.

DKT Indonesia melalui Program KB Andalan bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) meluncurkan kampanye nasional bertajuk Ayo ke Bidan, Ingat KB, Ingat Bidan untuk mengajak masyarakat memanfaatkan layanan keluarga berencana (KB) dan kesehatan Ibu dan bayi yang tersedia di klinik bidan di seluruh Indonesia.

”Bidan adalah sahabat perempuan di sepanjang daur kehidupan kesehatan reproduksi perempuan. Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa layanan di klinik bidan itu dekat, tanpa antre, nyaman, tepercaya, dan terjangkau,” ujar Ketua Umum PP IBI Dr. Ade Jubaedah, S.Keb., Bdn., MM., MKM, kepada wartawan, Kamis (17/10).

Diluncurkan pada acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) IBI 2024, kampanye itu menyatakan peran penting bidan dalam menyediakan layanan KB dan kesehatan reproduksi serta menjaga kesehatan ibu dan bayi di Indonesia.

Dengan lebih dari 398.000 bidan tersebar di berbagai wilayah, dari kota hingga desa terpencil, dia mengatakan, bidan memainkan peran vital di sepanjang daur kehidupan perempuan, kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga (KB).

Melalui kampanye ini, DKT Indonesia dan IBI ingin memastikan bahwa setiap perempuan memiliki akses yang lebih mudah dan nyaman untuk mendapatkan layanan KB dan kesehatan reproduksi berkualitas, sekaligus meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya peran Bidan dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi.

”Melalui kampanye ini, kami ingin menegaskan bahwa bidan memiliki kompetensi yang mumpuni untuk membantu perempuan Indonesia dalam memilih metode kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan mereka serta mendapatkan pelayanan kesehatan reproduksi yang berkualitas,” tutur Ade Jubaedah.

Peran bidan saat ini, katanya, semakin krusial di tengah regulasi yang terus berkembang.

”Tantangan dalam mematuhi standar layanan kesehatan yang lebih ketat harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas dan kompetensi bidan, serta memastikan bahwa layanan kesehatan tetap terjangkau bagi seluruh masyarakat,” ucap Ade Jubaedah.

”Kampanye ini adalah upaya kami untuk memperkuat posisi bidan sebagai mitra tepercaya dalam pelayanan keluarga berencana,” imbuh Ade.

Sementara itu, Head of Marketing DKT Indonesia Cut Vellayati menjelaskan, bidan bukan hanya tenaga kesehatan biasa. Mereka adalah mitra perempuan dalam setiap tahap kehidupan reproduksi.

”Dari merencanakan kehamilan hingga memilih metode kontrasepsi yang aman dan efektif, bidan siap membantu dengan layanan yang personal dan penuh perhatian,” ungkap Cut Vellayati.

Selain masalah persalinan anak, klinik bidan menawarkan sejumlah keunggulan sebagai berikutnya.

  1. Bidan itu Dekat

Bidan tersedia di berbagai pelosok, mulai dari kota besar hingga desa-desa terpencil. Jaringan Bidan yang luas di seluruh Indonesia memungkinkan masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan reproduksi dan KB tanpa perlu bepergian jauh.

  1. Tanpa Antre, Pelayanan Lebih Cepat

Di Bidan, Anda tidak perlu khawatir tentang antrean panjang. Bidan siap memberikan pelayanan yang cepat dan efisien, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk berkonsultasi atau mendapatkan pelayanan KB.

  1. Nyaman dan Personal

Bidan menawarkan suasana yang lebih intim dan personal dibandingkan fasilitas kesehatan yang besar. Anda dapat merasa lebih nyaman dan tenang dalam berkonsultasi, karena bidan siap mendengarkan dengan penuh perhatian dan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

  1. Terjangkau dan Tepercaya

Bidan dikenal sebagai tenaga kesehatan yang andal dan terlatih, selain itu, biaya layanan yang ditawarkan oleh Bidan cenderung lebih terjangkau, menjadikannya pilihan yang tepat bagi semua kalangan masyarakat.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #bukan #hanya #untuk #persalinan #bidan #juga #bisa #urusi #segala #masalah #reproduksi #perempuan

KOMENTAR