7 Buah dengan “Glycemic Index” Tinggi, Berbahaya bagi Penderita Diabetes dapat Memicu Lonjakan Gula Darah
Ilustrasi buah semangka harus dihindari penderita diabetes. (Pexels)
08:56
16 Oktober 2024

7 Buah dengan “Glycemic Index” Tinggi, Berbahaya bagi Penderita Diabetes dapat Memicu Lonjakan Gula Darah

– Selain sayur, buah adalah asupan yang diyakini banyak orang sebagai asupan sehat dan bergizi karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Akibat anggapan itu, berkembang keyakinan bahwa mengonsumsi buah sangat bermanfaat bagi seseorang, termasuk saat seseorang sedang sakit.

Akan tetapi, bagaimana dengan penderita diabetes atau sakit gula, apakah buah-buahan aman diasup oleh penderita diabetes? Meski buah baik karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, para penderita diabetes disarankan untuk berhati-hati dengan asupan gula dan karbohidrat. Pasalnya, beberapa buah-buahan mengandung sukrosa dan fruktosa yang tinggi sehingga dapat menghambat kadar insulin.

Oleh sebab itu, para penderita diabetes disarankan untuk memerhatikan asupannya, termasuk buah karena beberapa buah dengan kadar karbohidrat dan gula yang tinggi, dapat menyebabkan fluktuasi insulin dan lonjakan kadar gula darah. Berikut sejumlah buah yang harus dihindari oleh para penderita diabetes, dilansir dari indiatimes.com, pada Selasa, (15/10):

1. Semangka

Semangka adalah salah satu buah musim panas yang paling disukai. Semangka memiliki GI (Glycemic Index) tinggi 72-80 dan karena kandungan gulanya yang relatif tinggi, penting untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang.

2. Pisang

Pisang memiliki GI yang bervariasi dari 42-62 tergantung pada kematangannya. Pisang yang matang cenderung memiliki GI yang lebih tinggi. Jadi yang terbaik adalah memilih pisang yang tidak terlalu matang dan memakannya secukupnya.

3. Nanas

Nanas memiliki GI sedang sampai tinggi, yaitu 50-66, serta kandungan gula alami yang tinggi, dapat meningkatkan kadar gula secara instan. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mengosumsinya dalam jumlah sedang.

4. Mangga

Salah satu buah yang paling disukai. Mangga memiliki GI moderat 51-60 serta sukrosa dan fruktosa yang tinggi, sehingga penting bagi penderita diabetes untuk mengasupnya dalam porsi kecil untuk menghindari lonjakan kadar gula.

5. Anggur

Anggur memiliki GI moderat 46-53, tetapi ukurannya yang kecil dapat menyebabkan konsumsi berlebihan, sehingga penderita diabetes harus menghindari makan berlebihan.

6. Ceri

Ceri dapat memiliki GI 20-63 bervariasi, tetapi umumnya tergolong sedang hingga tinggi. Jadi, disarankan untuk membatasi konsumsinya.

7. Kismis

Kismis adalah anggur yang dikeringkan dan memiliki GI 43-64 yang relatif tinggi. Mereka adalah sumber gula yang terkonsentrasi dan harus dikonsumsi.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #buah #dengan #glycemic #index #tinggi #berbahaya #bagi #penderita #diabetes #dapat #memicu #lonjakan #gula #darah

KOMENTAR