Jarang Diketahui, 5 Bahan Herbal Ini Terbukti Ampuh Mengatasi Masalah Nyeri Sendi Menurut Penelitian
Bahan herbal untuk mengatasi nyeri sendi. (Freepik)
07:09
9 Oktober 2024

Jarang Diketahui, 5 Bahan Herbal Ini Terbukti Ampuh Mengatasi Masalah Nyeri Sendi Menurut Penelitian

 

 - Nyeri sendi adalah rasa sakit yang muncul pada area persendian, bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti arthritis, cedera, atau peradangan.

Gejala ini sering disertai dengan pembengkakan, kekakuan, dan keterbatasan gerak.

Nyeri sendi dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang, sehingga penting untuk mencari pengobatan yang tepat, baik melalui obat-obatan, fisioterapi, atau perubahan gaya hidup sehat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi, bahkan mengatasi nyeri sendi yakni menggunakan bahan-bahan herbal.

Dilansir dari laman Medical News Toda pada (9/10), berikut ini 5 bahan herbal yang terbukti bisa mengatasi masalah nyeri sendi menurut penelitian.

  1. Kunyit

Sebuah artikel tahun 2018 mengutip temuan dari beberapa penelitian pada hewan dan dua uji coba pada manusia yang menunjukkan bahwa kunyit dapat mengurangi peradangan kronis akibat radang sendi.

Hal ini mungkin disebabkan oleh kunyit yang mengurangi sel pro-inflamasi dan meningkatkan sel yang membantu mengatur peradangan.

Namun, tubuh tidak dapat menyerap kunyit dalam jumlah besar sehingga membatasi penggunaannya sebagai terapi untuk nyeri sendi.

  1. Kayu putih

Menurut sebuah penelitian tahun 2021, minyak dari daun kayu putih memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi.

Flavonoid dalam daun kayu putih juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif.

Sebuah studi tahun 2016 menggunakan kultur sel dan menemukan bahwa ekstrak daun kayu putih secara signifikan mengurangi kadar dua enzim inflamasi. Hal ini dapat membantu mengurangi gejala peradangan, seperti nyeri sendi.

  1. Kemenyan

Menurut Arthritis Foundation, senyawa aktif dalam kemenyan memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meringankan gejala radang sendi.

Sebuah artikel tinjauan tahun 2016 tentang beberapa uji klinis skala kecil menemukan bukti yang mendukung penggunaan kemenyan untuk mengatasi gejala radang sendi.

Para penulis menyatakan bahwa meskipun kemenyan bukanlah obat untuk radang sendi, 60-70% orang mengalami peningkatan yang signifikan pada gejala mereka saat menggunakannya.

  1. Kayu manis

Menurut ulasan tahun 2020, kayu manis memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan. Ulasan tersebut menemukan bahwa suplementasi kayu manis secara signifikan berdampak pada peradangan.

Ini berarti bahwa suplemen kayu manis dapat membantu mengurangi peradangan dan tingkat stres oksidatif, yang dapat berdampak pada nyeri sendi.

Sebuah studi skala kecil tahun 2018 juga menemukan bahwa kapsul bubuk kayu manis membantu memperbaiki gejala dan peradangan pada wanita dengan rhematik.

  1. Jahe

Menurut sebuah studi tahun 2019, peradangan dan stres oksidatif memiliki kaitan erat dengan rasa sakit dan tingkat keparahan kondisi sendi.

Jahe mengandung senyawa anti inflamasi dan merupakan obat tradisional untuk mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada penderita osteoartritis.

Studi ini menemukan bahwa jahe dapat mengubah ekspresi gen dan mengurangi gejala Rheumatoid Arthritis.

Itulah beberapa bahan herbal yang terbukti dapat mengurangi nyeri sendi berdasarkan penelitian.

Perlu mengikuti petunjuk penggunaan yang sesuai prosedur jika ingin mengaplikasikan bahan herbal untuk mengurangi nyeri sendi supaya tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jarang #diketahui #bahan #herbal #terbukti #ampuh #mengatasi #masalah #nyeri #sendi #menurut #penelitian

KOMENTAR