Dikenal Sebagai Donor Universal, Ketahui Fakta dan Perbedaan Donor Golongan Darah O Positif dan O Negatif
Ilustrasi suplai darah dengan golongan darah O. (AARP )
12:31
29 Januari 2024

Dikenal Sebagai Donor Universal, Ketahui Fakta dan Perbedaan Donor Golongan Darah O Positif dan O Negatif

- Sejak masa sekolah sudah diperkenalkan bahwa golongan darah O merupakan golongan darah yang menjadi donor universal. Donor universal berarti golongan darah O dapat menjadi donor untuk golongan darah A, B, dan AB, selain untuk golongan darah O itu sendiri.

Sehingga, golongan darah bisa dibilang sebagai golongan darah yang sangat penting untuk menjaga suplai darah. Golongan darah O juga dibedakan menjadi positif dan negatif, sama seperti golongan darah A, B, dan AB.

Dilansir JawaPos.com dari Our Blood Institute, penanda positif dan negatif tersebut ditentukan oleh antigen Rh yang melekat pada sel darah merahnya.

Ternyata, ada perbedaan penerima dari donor O positif dan O negatif. Berikut fakta-fakta yang dihimpun JawaPos.com:

Golongan Darah O Positif

Golongan darah O positif paling banyak ditemukan, yaitu sekitar 38 persen populasi di dunia diyakini memiliki golongan darah ini.

Meski dikenal sebagai donor universal, faktanya golongan darah O positif hanya bisa membantu pasien dengan golongan darah O positif, A positif, B positif, dan AB positif. Sedangkan golongan darah O positif hanya bisa menerima transfusi darah dari donor O positif dan O negatif.

Karena 80 persen orang memiliki golongan darah dengan penanda positif, permintaan yang signifikan pun terjadi terhadap suplai darah O positif.

Golongan Darah O Negatif

Dibandingkan dengan golongan darah O positif, golongan darah O negatif lebih jarang ditemukan, yaitu hanya sekitar 7 persen dari populasi dunia. Padahal, golongan darah O negatif dapat digunakan dalam transfusi untuk semua golongan darah, baik dengan penanda positif maupun negatif.

Sehingga, suplai golongan darah O negatif seringkali menjadi yang pertama habis karena keserbagunaannya.

Kesulitan akan terjadi jika golongan darah O negatif membutuhkan transfusi darah, karena mereka hanya bisa menerima donor dari sesama golongan darah O negatif.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #dikenal #sebagai #donor #universal #ketahui #fakta #perbedaan #donor #golongan #darah #positif #negatif

KOMENTAR