Berikut ini Adalah 5 Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesuksesan, Yuk Intip Penjelasannya
ILUSTRASI Bangun pagi. (Freepik)
12:16
26 Januari 2024

Berikut ini Adalah 5 Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesuksesan, Yuk Intip Penjelasannya

 – Tidur yang cukup merupakan salah satu komponen kunci untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Bangun lebih pagi juga memiliki manfaat yang sepadan untuk kesehatan mental dan fisik. Diantaranya meningkatkan fungsi kognitif, mencegah obesitas, hingga kulit yang lebih sehat.

Sebuah studi yang diterbitkan di Jama Psychiatry menemukan bahwa mengubah jadwal tidur, yaitu tidur satu jam lebih awal dan bangun satu jam lebih awal, dapat menurunkan risiko depresi sebesar 23 persen. 

Namun, apakah seseorang yang tidak bangun di pagi hari merupakan orang yang tidak sukses? Jawabannya, belum tentu. Karena setiap orang memiliki standar khusus untuk melabeli seseorang itu sukses atau tidak.

Meskipun banyak sekali faktor yang mempengaruhi orang untuk sukses, ternyata bangun pagi juga bisa mempengaruhi kesuksesan seseorang dan banyak manfaat yang dapat kita ambil bila kita bangun pagi.

Dilansir dari Gentlemen’s Jurnal (26/1), berikut ini adalah manfaat bangun pagi untuk kesuksesan:

1. Lebih Produktif

Dengan bangun bagi anda bisa menjadi lebih produktif. Anda bisa memulai sesuatu di pagi hari untuk menuju impian atau cita-cita yang anda inginkan.

Bangun pagi bisa meningkatkan performa kita setiap hari, karena kita memiliki kesempatan untuk beraktivitas sebelum orang lain bergerak.

Di pagi hari juga akan membuat anda lebih tenang dan bebas gangguan, kita bisa lebih fokus untuk menyusun rencana untuk mencapai target yang kita inginkan.

Kita dapat membuat daftar tugas atau kegiatan yang akan kita lakukan di hari itu, kemudian kita juga dapat menetapkan prioritas sekaligus mengatur jadwal yang kita miliki tanpa perasaan terburu-buru atau jika kita masih punya pekerjaan yang belum kita selesaikan.

Kita dapat membuat daftar tugas atau kegiatan yang akan kita lakukan di hari itu, kemudian kita juga dapat menetapkan prioritas sekaligus mengatur jadwal yang kita miliki tanpa perasaan terburu-buru atau jika kita masih punya pekerjaan yang belum kita selesaikan.

Dengan begitu, kondisi ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang ideal untuk meningkatkan produktivitasnya.

2. Membangun kesehatan mental yang baik

Dengan bangun pagi anda akan merasa lebih rilex dan merasa tenang. Kondisi yang sepi serta tenang di pagi hari membuat anda memiliki tingkat kesehatan mental yang baik.

Orang-orang yang memiliki kesehatan mental yang baik baisanya tidak mudah stress dan ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa orang yang bangun pagi akan lebih bahagia.

Ada sebuah penelitian dari Universitas toronto yang mengatakan bahwa mereka yang bangun pagi akan lebih sehat dan lebih bahagia. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Emotion dan peneliti mengungkapkan bahwa dengan bangun lebih awal, jam biologis kita diatur ke jadwal yang lebih bermanfaat, dan orang yang bangun pagi memiliki kepuasan yang lebih tinggi secara keseluruhan dengan kehidupan mereka.

3. Tidak terlambat pergi bekerja

Dengan bangun pagi membuat kamu bisa mempersiapkan kebutuhan kerja tanpa terburu-buru. Kamu juga bisa sarapan dengan baik, mandi dengan bersih, dan bisa membaca koran atau updatean tentang dunia dan tentang dunia kerja anda.

Dengan bangun pagi kamu juga bisa lebih santai dan berangkat lebih awal untuk menghindari kemacetan ke tempat kerja.

4. Berolah raga untuk kesehatan fisik

Tidak dapat dipungkiri, bahwa bangun pagi dapat meningkatkan kesehatan fisik manusia, waktu pagi adalah waktu yang baik untuk berolahraga dan kebiasaan ini terbukti dapat meningkatkan metabolisme menjaga berat badan dan mendukung kesehatan jantung serta organ dalam yang kita miliki.

Penyempurnaan kesehatan fisik ini tentunya dapat terjadi jika kita memanfaatkan waktu di pagi hari untuk berolahraga, sarapan sehat dan mendapatkan paparan sinar matahari untuk membantu tubuh kita untuk memproduksi vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

5. Lebih banyak energi

Walaupun kita lesu saat bangun pagi, sebenarnya disitulah banyak energi yang bisa kita gunakan untuk lebih produktif lagi. Saat bangun pagi kita bisa mengoptimalkan energi karena penumpukan saat tidur.

Jadi kamu bisa menggunakan energi tersebut untuk kegiatan yang bisa mengantarkanmu menuju kesuksesan. Seperti mengerjakan usaha sampingan atau merencanakan proyek-proyek besar impianmu.

Ahli Biologi dari Harvard yaitu Christoph Randler menemukan bahwa orang yang bangun pagi lebih proaktif. Mereka juga lebih mungkin mengantisipasi masalah dan mengamalkannya secara efisien, sehingga menghasilkan lebih banyak kesuksesan terutama dalam dunia bisnis. 

Memiliki pola pikir proaktif akan meningkatkan produktifitas karena Anda tidak hanya berpangku tangan menunggu untuk diberi tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya atau bagaimana menangani tantangan.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #berikut #adalah #manfaat #bangun #pagi #untuk #kesuksesan #intip #penjelasannya

KOMENTAR