Apakah Boleh Mengonsumsi Makanan Pedas Tiap Hari? Berikut Manfaat dan Nutrisi Cabai untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi cabai. (Laker/Pexels)
11:23
27 September 2024

Apakah Boleh Mengonsumsi Makanan Pedas Tiap Hari? Berikut Manfaat dan Nutrisi Cabai untuk Kesehatan Tubuh

- Masyarakat Indonesia tidak asing lagi dengan masakan berbumbu pedas. Bahkan, sebagian orang akan menganggap masakan akan terasa hambar apabila tidak terasa pedas. Pedasnya masakan Indonesia tidak hanya dipengaruhi dari bumbu rempah saja, tetapi juga penambahan cabai di dalamnya.

Penggunaan cabai pada makanan dapat membuat makanan menjadi nikmat dan lezat, hingga terkadang orang lupa untuk membatasi konsumsi makanan pedas. Mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan dapat membuat seseorang terkena gangguan pencernaan. Bila berlebih dapat menyebabkan nyeri perut, diare, nyeri dada sakit kepala, hingga muntah.

Menurut penelitian Experimental Cell Research 2022, capsaicin yang ada pada cabai ternyata dapat merusak saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan rasa pedas pada capsaicin dalam dosis tinggi menghambat produksi asam lambung dan menyebabkan peradangan.

Oleh karena itu, perhatikan takaran dan seberapa sering anda mengkonsumsi cabai atau makanan pedas agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Sebaliknya, jika dikonsumsi dengan baik dan benar, cabai ternyata dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan cabai memiliki banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, kandungan capsaicin pada cabai ternyata juga memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi.

Lalu, apa saja manfaat mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai bagi tubuh?

Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Melansir laman Harvard Health Publishing, penelitian terbaru menunjukan bahwa menambahkan cabai dalam makanan mampu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa orang mengkonsumsi cabai memiliki tingkat kematian yang lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular daripada mereka yang jarang tau tidak pernah mengkonsumsi cabai.

Namun penelitian tersebut harus dikaji lebih lanjut, nyatanya kandungan pada cabai terutama capsaici, banyak mengandung antioksidan dinilai baik untuk tubuh.

Mengurangi risiko obesitas

Capsaicin pada cabai ternyata mampu mengurangi risiko seseorang terkena obesitas karena kandungan ini mampu meningkatkan pembakaran lemak pada tubuh. Melansir Healthline, bahwa 10 gram cabai merah dapat meningkatkan pembakaran lemak secara signifikan.

Selain itu, capsaicin juga dapat mengurangi asupan kalori pada tubuh yang bisa menurunkan resiko terkena obesitas.

Meredakan rasa nyeri

Capsaicin cabai merupakan senyawa yang bersifat unik karena dapat meredakan rasa nyeri jika dikonsumsi dengan takaran yang pas.

Capsaicin dapat mengikat reseptor nyeri yang merupakan ujung saraf yang dapat merasakan nyeri, sehingga ketika memakan cabai maka akan terasa pedas dan terbakar, tetapi tidak menyebabkan luka bakar. Saat mulut terasa terbakar ketika mengkonsumsi cabai, otak akan melepaskan hormon endorfin dan adrenalin yang mampu meredakan nyeri.

Namun, jika terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas, maka akan membuat reseptor nyeri tidak peka terhadap bentuk nyeri lain, seperti nyeri ulu hati akibat refluks asam.

Mengurangi risiko terkena kanker

Kandungan capsaicin pada cabai ternyata mampu menurunkan risiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan capsaicin pada cabai memiliki kandungan antibakteri, antikarsinogenik, analgesik dan anti diabetes.

Mengandung banyak vitamin

Selain mengandung capsaicin yang bermanfaat bagi tubuh, cabai juga mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Cabai mengandung Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B-complex, zat besi, tembaga dan kalium.

Kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Meski cabai memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, konsumsi cabai atau makanan pedas tetap perlu didampingi makanan sehat lainya agar kandungan nutrisi dalam cabai bisa bekerja secara maksimal.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #apakah #boleh #mengonsumsi #makanan #pedas #tiap #hari #berikut #manfaat #nutrisi #cabai #untuk #kesehatan #tubuh

KOMENTAR