Diisi Para Ahli Kesehatan Terkemuka, Simposium Internasional Diharap Percepat Kemampuan Tenaga Medis Indonesia dalam Tangani Penyakit Kritis
Simposium Internasional dengan tema Frontiers in Breast Disease, Hematology, and Heart Failure Management: A Symposium on Excellence. (IST)
17:15
26 September 2024

Diisi Para Ahli Kesehatan Terkemuka, Simposium Internasional Diharap Percepat Kemampuan Tenaga Medis Indonesia dalam Tangani Penyakit Kritis

– Layanan kesehatan Indonesia perlu mengimbangi diri dengan perkembangan yang terjadi secara global agar tetap bisa memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat. Untuk itu, penting adanya inovasi dan pertukaran pengetahuan dalam memajukan layanan kesehatan di Indonesia.

Melihat hal itu, Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), yang merupakan salah satu rumah sakit di bawah naungan PT Pertamina Bina Medika IHC (IHC), menggelar Simposium Internasional dengan tema Frontiers in Breast Disease, Hematology, and Heart Failure Management: A Symposium on Excellence pada 26 dan 27 September 2024. Simposium ini kembali menegaskan kembali komitmennya dalam memberikan layanan kesehatan berstandar internasional.

Prof. Dante. Direktur RSPP, dr. Neny Herawati, MKKK, mengungkapkan, simposium internasional penting dalam meningkatkan pemahaman dan praktik klinis di Indonesia. Sebab, lewat simposium ini akan diperoleh wawasan tentang kemajuan terbaru dari penyakit seperti kanker payudara, hematologi, dan gagal jantung.

 

“Ini adalah bagian dari komitmen RSPP untuk terus memberikan layanan kesehatan berstandar internasional yang mengutamakan keselamatan pasien," ujar dr. Neny dalam pembukaan simposium hari ini, Kamis (26/9).

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia serta pakar Indonesia, Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D, mengungkapkan, simposium internasional seperti ini sangat penting untuk mempercepat kemampuan tenaga medis Indonesia dalam menangani penyakit kritis. Misalnya seperti kanker payudara, hematologi, dan gagal jantung.

“Dengan adanya kolaborasi bersama Mayo Clinic, diharapkan standar pelayanan kesehatan kita bisa terus meningkat, seiring dengan perkembangan teknologi dan inovasi medis global," jelas Prof. Dante.

Senada dengan itu, dr. Lia Partakusuma, selaku Plt. Direktur Utama IHC, menyampaikan bahwa simposium internasional ini adalah bukti konkret dari komitmen IHC sebagai holding RS BUMN untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. 

“Dengan bergabungnya RSPP yang merupakan bagian dari jejaring RS BUMN, menjadi anggota MCCN, diharapkan dapat mendukung ketahanan kesehatan di Indonesia. Dengan berbagai pengetahuan tentang standar pelayanan internasional yang diperoleh, diharapkan RS dan Klinik jejaring IHC lainnya juga dapat memanfaatkan pengetahuan dan teknologi terkini sehingga membawa dampak yang baik bagi masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Perlu diketahui, simposium akan diadakan dalam format hybrid di Hotel Grand Hyatt Jakarta, dan mengundang para ahli dari Mayo Clinic serta institusi ternama lainnya. Simposium ini menandai satu tahun kolaborasi antara IHC RSPP dan Mayo Clinic, setelah RSPP secara resmi menjadi anggota pertama Mayo Clinic Care Network (MCCN) di Indonesia pada tahun 2023.

Beberapa ahli terkemuka yang berpartisipasi antara lain James W. Jakub, M.D., yang membahas Breast Cancer Surgical Oncology, Saranya Chumsuri, M.D., yang mempresentasikan sesi Breast Cancer Medical Oncology, Sikander Ailawadhi, M.D., yang berbicara tentang topik Hematology Medical Oncology, dan Robert P. Frantz, M.D., yang membahas Heart Failure.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #diisi #para #ahli #kesehatan #terkemuka #simposium #internasional #diharap #percepat #kemampuan #tenaga #medis #indonesia #dalam #tangani #penyakit #kritis

KOMENTAR