Jangan Dibuang, Berikut Manfaat Bonggol Nanas yang Bisa Atasi Batuk Pilek hingga Mencegah Kanker
Buah nanas. (freepik)
21:06
24 September 2024

Jangan Dibuang, Berikut Manfaat Bonggol Nanas yang Bisa Atasi Batuk Pilek hingga Mencegah Kanker

 

 

 – Buah nanas yang mempunyai nama latin ananas comosus tumbuh subur pada wilayah tropis, termasuk di Indonesia. Buah berwarna kuning yang mempunyai rasa manis dan cenderung asam ini terkenal akan kandungan enzim bromelain.

Bromelain sendiri berfungsi untuk meningkatkan produksi zat yang bisa meredakan dan mencegah terjadinya inflamasi. Selain daging buah nanas bagian bonggol atau bagian tengah juga bisa dikonsumsi, oleh sebab itu jangan dahulu membuangnya karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Bagian keras pada buah nanas alis bonggolnya dapat dikonsumsi langsung atau di jus, serta dapat dicampur dengan rempah herbal lainnya, seperti jahe, kunyit, dan madu. Dikutip dari honestdocs, terdapat khasiat pada bagian keras nanas bagi kesehatan, berikut beberapa manfaatnya.

  1. Membantu mengobati radang sendi

Pada bonggol nanas mengandung enzim proteolitik yang disebut bromelain. Enzim tersebut berperan dalam reaksi pemecahan protein kompleks dan memberikan efek antiinflamasi. Oleh karena kandungan tersebut bonggol nanas dapat mengurangi peradangan sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan artritis. Atritis merupakan penyakit yang benar-benar membuat penderitanya tersiksa karena terjadi pembengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak.

  1. Membantu mengobati batuk dan pilek

Bonggol nanas juga mengandung enzim bromelain, yakni enzim yang diketahui dapat mengurangi dahak dan lendir yang terbentuk di saluran pernapasan dan rongga sinus. Oleh karena itu, bonggol nanas juga bisa menjadi alternatif obat herbal saat mengalami batuk pilek.

  1. Membantu membersihkan parasit di usus

Enzim bromelain pada bonggol nanas juga dapat membantu membersihkan parasit usus tertentu, contohnya cacing pita.

  1. Mencegah kanker

Sama dengan daging buahnya, bonggol atau bagian tengah juga mengandung berbagai antioksidan lainnya seperti vitamin A, beta karoten, bromelain, berbagai senyawa flavonoid, dan mangan yang tinggi. Hal ini menjadikan bonggol nanas dapat mencegah berbagai macam jenis kanker.

  1. Meningkatkan imunitas

Bonggol nanas juga mengandung vitamin C yang baik bagi tubuh. Vitamin C berfungsi untuk merangsang aktivitas sel darah putih guna melawan penyakit.

  1. Menunjang kesehatan pencernaan

Selain kaya akan enzim, bagian bonggol juga mengandung serat yang tinggi. Oleh karena itu bonggol nanas juga baik untuk masalah pencernaan dan bisa melancarkan BAB. Rutin mengonsumsi nanas dan bonggolnya dapat mencengah dari gangguan pencernaan, termasuk konstipasi, diare, sindrom iritasi usus besar, serta penyakit aterosklerosis dan pembekuan darah.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Bagian tengah nanas yang keras juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol yang jahat. Meskipun tidak secara langsung menurunkan, jika dikonsumsi secara rutin, bonggol merupakan salah satu bahan penurun kolestrol yang baik.

  1. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Bonggol nanas memiliki sumber mineral yang sangat berharga, salah satunya kalium. Salah satu fungsi utama kalium sebagai vasodilator, yakni kemampuan untuk meminimalisir terjadinya ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah.

Selain itu, bonggol nanas juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh. Hal tersebut bisa mencegah dari risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #dibuang #berikut #manfaat #bonggol #nanas #yang #bisa #atasi #batuk #pilek #hingga #mencegah #kanker

KOMENTAR