Tak Hanya untuk Usir Setan dan Santet, Ternyata Daun Kelor Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan
Ilustrasi daun dan teh kelor. (pixabay.com/ninetechno)
15:44
18 September 2024

Tak Hanya untuk Usir Setan dan Santet, Ternyata Daun Kelor Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan

Daun kelor adalah salah satu tanaman yang melekat dengan percakapan masyarakat sehari-hari, khususnya masyarakat di pinggiran kota atau pedesaan. Namun, percakapan masyarakat tentang daun kelor cenderung terkait dengan perkara klenik dan pengusiran setan.

Pohon kelor atau moringa oleifera kerap dijuluki sebagai pohon ajaib, karena telah lama digunakan sebagai obat tradisional Ayurveda dan pengobatan lainnya. Tanaman kelor sangat dihargai karena potensi manfaat kesehatannya serta nilai gizinya. Satu sendok daun kelor dalam segala bentuk selama satu hari dapat membantu kita mencapai kesehatan optimal.

Dilansir dari Indiatimes.com, pada Rabu, (18/9), berikut sejumlah manfaat dari daun kelor yang akan menginspirasi anda untuk menjadikannya sebagai asupan harian:

Meningkatkan Kesehatan Otak

kelor sebagai ramuan ajaib memiliki profil kaya akan nutrisi. Di beberapa daerah, kelor kerap dipakai untuk memerangi malnutrisi, terutama pada anak-anak. Komponen dalam 1 sendok kelor dapat bermanfaat bagi kesehatan otak karena memiliki sifat antioksidan dan pelindung sarafnya. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mungkin ada pertahanan terhadap penyakit neurodegeneratif.

Menunda Keriput

Daun kelor mengandung kaya protein, mineral (kalsium, kalium, zat besi, dan seng), dan vitamin (A,C,E dan beberapa vitamin B). Kelor berlimpah akan antioksidan, seperti quercetin, asam klorogenat, dan beta-karoten. Antioksidan menopang imun atau pertahanan tubuh melawan radikal bebas, melindungi sel dari stres oksidatif.

Mengurangi Peradangan

Salah satu senyawa kimia dalam kelor adalah isothiocyanates. Senyawa ini telah dikaji karena kemampuannya untuk menekan atau mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan adalah penyebab utama sebagian besar penyakit. Kelor juga dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sehingga dapat memelihara kesehatan jantung. Jadi, senyawa anti-inflamasi dan antioksidan dalam 1 sendok kelor juga berdampak pada kesehatan jantung.

Menekan Gula Darah

Berdasarkan kajian ilmiah, daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Mungkin sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut, untuk memastikan efeknya. Serat dan kelor mendukung kesehatan usus dan membantu pencernaan. Kelor juga memiliki kualitas pencahar ringan yang dapat membantu mengurangi sembelit.

Anti-Kanker

Kelor mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan imunitas sehingga dapat membantu tubuh melawan penyakit dan infeksi. Namun, perlu ada penelitian lebih lanjut mengenai sifat anti-kanker dari senyawa yang ada dalam kelor, karena ada kemungkinan termasuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Menggunakan Daun Kelor

Tambahkan 1 sendok bubuk daun kelor ke dalam jus, minuman atau resep. Daun Kelor juga dapat digunakan untuk sup sayur atau sup kacang-kacangan. Cara lain, kita dapat membuat teh kelor. Daun kelor segar juga dapat ditambahkan ke dalam salad atau lalapan sayur atau juga pecel dan gado-gado. Dapat juga diolah dengan mie instan. Ada juga daun kelor yang sudah berbentuk kapsul atau pil.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #hanya #untuk #usir #setan #santet #ternyata #daun #kelor #sangat #bermanfaat #bagi #kesehatan

KOMENTAR