Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Penyakit, Salah Satunya Batu Ginjal dan Infeksi Saluran Kencing
Ilustrasi minum air putih. (Pexels)
11:02
17 September 2024

Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Penyakit, Salah Satunya Batu Ginjal dan Infeksi Saluran Kencing

- Air adalah satu asupan penting untuk kebutuhan bahan bakar sel, menjaga fungsi otak, dan menunjang kinerja organ tubuh. Untuk menjaga hidrasi tubuh, pasokan cairan terbaik diperoleh dari minum air putih.

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung tingkat aktivitas, suhu, dan kondisi kesehatan masing-masing orang. Rata-rata, orang dewasa perlu minum air sebanyak delapan atau sembilan gelas per hari.

Saat tubuh banyak mengeluarkan keringat karena aktivitas fisik atau cuaca panas, kebutuhan cairan bisa meningkat. Kurang minum air putih atau cairan lain dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi.

Kondisi tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan. Berikut beberapa akibat kurang minum air putih yang tak boleh disepelekan:

1. Kelelahan

Kurang minum air putih dapat menyebabkan kehilangan cairan secara keseluruhan dalam tubuh. Dengan begitu menyebabkan penurunan volume darah yang berujung mengalami kelelahan dan energi rendah. Akibatnya, penyebaran oksigen dan nutrisi ke organ menjadi terhambat.

Jadi, Anda terus-terusan merasa lamban dan kelelahan saat melakukan aktivitas. Meskipun mendapatkan istirahat dan tidur yang berkualitas, Anda juga perlu meningkatkan minum.

2. Penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kencing

Dilansir dari laman Kemenkes.go.id, kurang minum air putih juga dapat terjadinya risiko penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kencing. Saat kekurangan cairan, tubuh kesulitan untuk menghilangkan bakteri biang infeksi saluran kencing.

Tak hanya itu, mineral pembentuk batu yang biasanya bisa hilang dengan minum air putih juga bisa mengendap di ginjal.

3. Susah berpikir dan sakit kepala

Otak manusia sekitar 80 persen terdiri atas air. Agar kinerja otak bisa optimal, organ vital ini memerlukan asupan air. Akibat kurang minum air putih dan cairan lainnya bisa menyebabkan kinerja otak jadi tidak optimal.

Salah satu imbasnya, otak jadi tidak fokus, susah berpikir, mengantuk, susah mengingat sesuatu, sampai sakit kepala.

4. Pusing

Pernah mengalami pusing, tapi tiba-tiba sembuh saat Anda minum air yang cukup? Bisa jadi itu akibat kekurangan air sehingga Anda menjadi pusing.

Kondisi ini umum terjadi pada orang lanjut usia yang berisiko lebih tinggi mengalami dehidrasi dan volume darah rendah. Kekurangan cairan menyebabkan Anda merasa pusing terutama saat berdiri atau duduk dengan cepat.

Bahkan, jika sudah mengalami dehidrasi berat, dalam beberapa kasus menyebabkan pingsan terutama pada orang yang lebih tua.

5. Kram otot

Minum air putih saat olahraga penting dilakukan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang melalui keringat. Selain dehidrasi, keluhan kram otot dan nyeri sendi juga bisa muncul saat tubuh kekurangan cairan.

Itulah ciri-ciri kurang minum air putih yang perlu Anda ketahui. Penting untuk memastikan bahwa asupan cairan terpenuhi dengan baik agar terhindar dari dehidrasi.

Pasalnya, dehidrasi yang tidak ditangani bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan menyebabkan penyakit, seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, bahkan gagal ginjal. Untuk mengetahui jumlah air putih yang perlu Anda konsumsi, konsultasikan ke dokter, terutama jika memiliki kondisi medis tertentu.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #kurang #minum #putih #bisa #sebabkan #penyakit #salah #satunya #batu #ginjal #infeksi #saluran #kencing

KOMENTAR