Tanda-Tanda Burnout karena Stres Kerja yang Perlu Anda Ketahui, Salah Satunya Anda Lebih Lelah dari Biasanya
6 Tanda Anda Sedang Burnout dan Merasa Kurang Bersemangat./pexels.com
20:24
13 September 2024

Tanda-Tanda Burnout karena Stres Kerja yang Perlu Anda Ketahui, Salah Satunya Anda Lebih Lelah dari Biasanya

 

- Apa itu Burnout? Burnout adalah istilah untuk kondisi emosional atau psikologis seseorang saat yang mengacu pada keadaan kelelahan mengerjakan tugas atau pekerjaan.

Kondisi burnout kian sering dialami oleh banyak orang, terutama di tengah-tengah tekanan pekerjaan yang terus meningkat.

Kondisi ini bukan hanya rasa lelah yang biasa, melainkan juga perasaan kurang motivasi yang kemungkinan besar dapar menyerang mental secara serius.

Ketika merasakan burn out, biasanya akan memengaruhi pada produktivitas dan kualitas hidup sehari-hari. Dilansir dari psychologytoday.com inilah tanda-tanda Anda sedang mengalami burnout:

1. Anda merasa lebih lelah dari biasanya. 

Rasa lelah ini tidak ada hubungannya dengan kurang tidur atau masalah media lainnya. Melainkan hal tersebut adalah stress yang kemudian menyebabkan burn out.

2. Anda merasa lebih kritis dan semakin kesal dengan tugas atau pekerjaan. 

Anda merasa terganggu dengan segala hal mulai dari email atau pesan yang masuk dari rekam kerja, telepon dari atasan, bahkan ketukan pintu.

3. Anda merasa bosan dan tidak tertantang. 

Ketika kita tidak merasa tertantang, pekerjaan terasa lebih berat atau membosankan daripada biasanya. Pekerjaan yang dulunya menarik menjadi monoton dan membosankan karena energi untuk mengerjakan tugas-tugas itu sudah habis.

4. Segala sesuatu terasa membosankan dan melelahkan.

Pekerjaan atau tugas-tugas rutin yang sederhana mulai terasa membutuhkan lebih banyak energi dan usaha daripada biasanya.

5. Anda melewatkan waktu makan siang atau istirahat. Meski terdengar tidak masuk akal, orang yang mengalami burnout seringkali merasa lebih baik untuk tetap duduk di meja kerja daripada pergi untuk makan siang atau istirahat.

6. Anda selalu mengambil cuti, sering datang terlambat, atau sering izin untuk tidak masuk kerja. 

Hal ini menunjukkan bahwa Anda sangat membutuhkan istirahat dan merasa kurang motivasi untuk bekerja.

7. Anda semakin sering sakit. 

Sering sakit bisa menjadi indikasi bahwa kita sedang mengalami stres atau kelelahan. Burn out dapat menyerang sistem imun menjadi lemah, sehingga tubuh menjadi kurang efektif untuk melawan penyakit

8. Anda sering memikirkan tentang pekerjaan lain yang memiliki tanggung jawab lebih. 

Anda merasa tidak bisa lagi untuk melanjutkan pekerjaan yang sekarang karena tidak ada energi dan tidak bersemangat lagi.

9. Sering kali Anda merasa kesal dan ingin marah kepada klien. 

Jika berinteraksi dengan mereka Anda merasa kewalahan. Hal ini karena Anda merasa stress sehingga tidak dapat mengendalikan emosi Anda. Seseorang akan menjadi lebih reaktif terhadap situasi yang menekannya dan lebih sulit menenangkan diri.

10. Anda merasa pekerjaan Anda tidak penting

Anda menjadi berpikir bahwa pekerjaan Anda tidak memberikan dampak yang berarti untuk diri Anda. Anda menjadi kurang motivasi terhadap pekerjaan dan mulai mempertanyakan makna dan nilai dari pekerjaan Anda.

11. Anda mulai mengatasi stress atau kelelahan dengan cara yang tidak sehat.

Anda melampiaskan stress kepada hal-hal seperti mengonsumsi lebih banyak alkohol, merokok, atau makan makanan tidak sehat.

12. Kualitas tidur terganggu. 

Anda menjadi kesulitan untuk tidur dan tidak bisa tidur dengan nyenyak. Serigkali Anda menjadi insomnia karena saat terjaga sibuk memikirkan hal yang mengganggu pekerjaan.

13. Anda menjadi sulit untuk konsentrasi.

Anda sulit berkonsentrasi terhadap pekerjaan. Hal ini karena tubuh anda lelah secara mental. Alhasil, memfokuskan perhatian pada tugas-tugas tertentu menurun.

14. Masalah kesehatan memburuk.

Orang yang mengalami stres berat seringkali memiliki kadar gula darah yang tinggi, tekanan darah meningkat, atau masalah medis lainnya.

15. Anda membaca artikel ini.

Jika Anda membaca informasi ini dan bertanya-tanya apakah Anda mengalami burnout, berarti itu adalah salah satu tanda awal bahwa ada Anda mengalami burnout.

Editor: Kuswandi

Tag:  #tanda #tanda #burnout #karena #stres #kerja #yang #perlu #anda #ketahui #salah #satunya #anda #lebih #lelah #dari #biasanya

KOMENTAR