Menteri ESDM Bahlil Lahadalia Diduga Tenggak Whisky, Ini 4 Bahaya Alkohol Untuk Kesehatan
Ilustrasi Bahaya Alkohol Untuk Kesehatan (unsplash.com/pieronigro)
12:16
26 Agustus 2024

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia Diduga Tenggak Whisky, Ini 4 Bahaya Alkohol Untuk Kesehatan

Baru-baru ini, lini masa media sosial dihebohkan dengan foto mirip Menteri ESDM sekaligus Ketua Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, yang diduga habis menenggak minuman keras jenis Wishky. Minuman keras jenis apa ini? Lalu, apa bahaya alkohol untuk kesehatan?

Dalam foto yang viral di platform X tersebut, tampak seorang lelaki mirip Bahlil tengah bersandar di kursi, dengan keberadaan botol wishky di sampingnya. Lelaki itu juga terlihat memegang kepala dengan mata setengah terpejam, sehingga diduga ia tengah mabuk dan setengah tidak sadarkan diri.

"Ternyata bukan cuma sekedar mabuk kekuasaan, tapi memang benar-benar pemabuk si Bah**l ini," ungkap @DaddyMinusSugar, dikutip suara.com, Sabtu (24/8/2024).

"Gusti, cek di oren harganya udah bisa kebeli motor mana lebih gede dari gaji guru honorer lagi," timpal @akunsukasuga.

Baca Juga: Hukum Memakai Parfum Beralkohol untuk Solat, Benarkah Najis?

Terlepas dari itu, Institut Kesehatan Nasional Inggris menyebutan efek buruk alkohol untuk nyaris semua organ tubuh. Berikut ini sederet bahaya alkohol untuk kesehatan yang perlu diwaspadai:

1. Gangguan emosi

Alkohol menganggu kinerja otak yang mempengaruhi suasana hati dan perilaku, hingga sulit berpikir jernih. Bahkan alkohol bisa membuat tubuh sulit bergerak dengan baik.

2. Kerusakan jantung

Ini karena alkohol bisa menyebabkan tekanan darah tinggi alias hipertensi, detak jantung tidak teratur atau aritmia, hingga stroke jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Baca Juga: Ribut 'Mana Lebih Dulu: Telur atau Ayam', Pria di Sulawesi Tenggara Tega Bunuh Teman Sendiri

3. Sebabkan kanker

Institut Kanker Nasional Inggis yaitu NCI menyebutkan ada hubungan kuat kebiasaan minum alkohol yang menyebabkan beberapa jenis kanker. Contohnya seperti kanker kepala dan leher, kanker esofagus, kanker hati, kanker payudar hingga kanker kolorektal alias kanker usus besar.

4. Sistem imum melemah

Peminum alkohol lebih rentan tertular penyakit seperti pneumonia hingga tuberkulosis, dibanding orang yang bukan peminum. Bahkan saat seseorang banyak minum alkohol, kemampuan tubuh melawan infeksi jadi lebih lambat, bahkan 24 jam setelah mabuk.

Waspada bahaya alkohol untuk kesehatan, sehingga dari sekarang, mari kita mulai hidup lebih sehat tanpa minuman keras, ya!

Editor: Vania Rossa

Tag:  #menteri #esdm #bahlil #lahadalia #diduga #tenggak #whisky #bahaya #alkohol #untuk #kesehatan

KOMENTAR