Emiten Ini Garap Proyek Peningkatan Keamanan Industri Transportasi di Jawar Timur
PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (PT TKDN Tbk) mengumumkan keberhasilannya dalam mendukung peningkatan keselamatan di industri transportasi melalui kerjasama dengan PT Galang Suar Teknologi dan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur. (Dok TKDN).
07:43
11 Agustus 2024

Emiten Ini Garap Proyek Peningkatan Keamanan Industri Transportasi di Jawar Timur

PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (PT TKDN Tbk) mengumumkan keberhasilannya dalam mendukung peningkatan keselamatan di industri transportasi melalui kerjasama dengan PT Galang Suar Teknologi dan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur untuk Trans Jatim Koridor IV rute Gresik - Lamongan.

Koridor terbaru ini resmi diluncurkan pada hari Jumat (9/8/2024) dimana 15 bus reguler di koridor 4 dan 3 bus luxury di Koridor 1 telah dilengkapi dengan sistem keselamatan canggih dari PT TKDN Tbk, yaitu Sistem CCTV AI BUS dengan perangkat ADAS & Driver Behavior Alerts milik TAM Fleet. 

Sistem ini dirancang untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan penumpang serta pengemudi melalui fitur-fitur seperti deteksi objek, peringatan dini, dan pemantauan kondisi kendaraan secara real-time.

“Peluncuran Koridor IV Trans Jatim dengan dilengkapi sistem keselamatan dari PT TKDN Tbk merupakan langkah maju dalam upaya kami untuk menyediakan layanan transportasi publik yang berkualitas dan aman bagi masyarakat Jawa Timur. Kami berharap kerjasama ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam meningkatkan keselamatan transportasi,” ucap Dr. Nyono, S.T., M.T., Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur (Kadishub) dikutip Minggu (11/8/2024).

Baca Juga: Apa Dokumen Pengakuan Belanda terhadap Kedaulatan Indonesia?

Implementasi Sistem CCTV AI BUS dengan perangkat ADAS & Driver Behavior Alerts milik TAM Fleet pada armada Trans Jatim diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan, seperti:

Meningkatkan keselamatan penumpang dan pengemudi: Dengan fitur-fitur canggih seperti deteksi objek dan peringatan dini, sistem ini dapat membantu mencegah kecelakaan.

Meningkatkan efisiensi operasional: Sistem ini dapat memberikan data yang berguna untuk mengoptimalkan rute dan jadwal perjalanan.

Meningkatkan kepuasan pelanggan: Dengan adanya sistem pengawasan yang ketat, pelanggan dapat merasa lebih aman dan nyaman selama perjalanan.

“Peran teknologi TAM Fleet dari PT TKDN Tbk pun sangat luar biasa, dimana selain ada AI Camera CCTV juga dilengkapi teknologi traffic priority, serta dapat mengetahui pergerakan bus, waktu kedatangan bus ke halte kemudian jumlah penumpang secara real time yang dapat membantu masyarakat agar lebih nyaman dan lebih tepat waktu saat menggunakan Trans Jatim”, tambah Kadishub.

Baca Juga: Sederet Julukan Andre Taulany yang Sedang Hadapi Perceraian, dari Si Peci Merah hingga El Matador

Sementara itu Direktur Utama PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk David Santoso mengatakan sangat bangga dapat berkontribusi dalam meningkatkan keselamatan transportasi di Indonesia. 

"Kolaborasi dengan Trans Jatim merupakan bukti nyata dari komitmen kami untuk menghadirkan solusi teknologi yang inovatif dan berdampak positif bagi masyarakat. Sistem CCTV AI BUS dengan perangkat ADAS & Driver Behavior Alerts milik TAM Fleet yang kami kembangkan telah terbukti efektif dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan perjalanan,” ucap David.

Peluncuran koridor baru ini menandai langkah maju dalam penggunaan teknologi modern untuk meningkatkan efektivitas dan keamanan armada transportasi. Dengan semangat inovasi dan komitmen terhadap kualitas, emiten dengan kode saham TRON ini siap melangkah ke era baru dalam memberikan solusi teknologi tinggi yang mendukung pertumbuhan industri transportasi di Indonesia.

“Kami percaya bahwa dengan teknologi yang tepat, kami dapat mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan penumpang," tutup David Santoso.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #emiten #garap #proyek #peningkatan #keamanan #industri #transportasi #jawar #timur

KOMENTAR