Para Direktur Keuangan Soroti Kelemahan-Kelebihan AI dalam Dongkrak Bisnis
Ilustrasi Artificial Intelligence
14:13
1 Agustus 2024

Para Direktur Keuangan Soroti Kelemahan-Kelebihan AI dalam Dongkrak Bisnis

Kumpulan para Direktur Keuangan yang tergabung dalam Chief Financial Officer (CFO) Club Indonesia menyoroti inovasi digital yang merubah bisnis.

President CFO Club Indonesia, Yuanita Rohali mengatakan, perkembangan teknologi, terutama dalam bidang kecerdasan buatan (AI) menawarkan peluang sekaligus tantangan bagi CFO.

"Penggunaan teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan wawasan yang lebih mendalam melalui analisis data yang canggih," ujarnya di Jakarta yang dikutip, Kamis (1/8/2024).

Meski demikian, Yuanita menekankan, para CFO juga harus mengatasi tantangan terkait dengan integrasi teknologi baru, keamanan data, dan perubahan budaya kerja.

Baca Juga: Sosok Meita Irianty, Pemilik Daycare yang Juga Pebisnis Seblak Kini Terancam Penjara

Kemampuan untuk memimpin transformasi digital pun menjadi kunci kesuksesan.

"Untuk itu kami di CFO Club Indonesia telah banyak melakukan kolaborasi dengan beberapa technology company untuk melakukan workshop, pelatihan, kolaborasi bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para CFO di bidang technology digital," kata dia.

Sekjen CFO Club Indonesia, Alvin Christian menambahkan Lingkungan regulasi yang semakin kompleks juga menjadi tantangan bagi CFO. Perusahaan harus mematuhi berbagai peraturan baru yang berkaitan dengan pelaporan keuangan, pajak, lingkungan, hingga tanggung jawab sosial.

"CFO pun kemudian dituntut untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki sistem dan proses yang memadai untuk mematuhi semua regulasi ini, serta menjalin komunikasi yang efektif dengan pemangku kepentingan. Kegagalan dalam mematuhi regulasi dapat berakibat pada denda yang signifikan dan reputasi perusahaan yang tercoreng," imbuh dia.

Baca Juga: Tingkatkan Keselamatan Berkendara, Fox Logger Luncurkan Dashcam Berbasis Artificial Intelligence

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #para #direktur #keuangan #soroti #kelemahan #kelebihan #dalam #dongkrak #bisnis

KOMENTAR