Bukan Hanya Desain, Manajemen Bisnis Fashion Tak Kalah Penting, Ini Peluang Kerjanya
Ilustrasi fashion stylist. (Shutterstock)
14:04
11 Juli 2024

Bukan Hanya Desain, Manajemen Bisnis Fashion Tak Kalah Penting, Ini Peluang Kerjanya

Jurusan atau peminatan dalam kuliah saat ini sangat beragam dan banyak peminatnya. Salah satunya adalah manajemen bisnis fashion.

Jurusan ini mungkin belum banyak di Indonesia. Namun sudah sangat familiar di luar negeri.

Kendati demikian bukan berarti di dalam negeri tidak tersedia. Ada beberapa kampus yang kini menyediakan jurusan manajemen bisnis fashion.

Apa itu Fashion Business ?

Baca Juga: Biaya Kuliah Jalur Mandiri di UGM, UNDIP dan UNPAD

Fashion Business atau bisnis fashion adalah bidang studi yang membahas berbagai aspek bisnis dalam industri fashion, seperti pemasaran, manajemen merek, manajemen produksi, manajemen rantai pasokan, manajemen penjualan ritel, dan lain sebagainya.

Dalam praktiknya, jurusan Fashion Business memiliki tujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis di industri fashion.

Dalam jurusan ini ada banyak hal yang bisa dipelajari, diantaranya adalah membangun dan mengembangkan industri fashion dengan memahami trend dan proses-proses yang berjalan, mengaplikasikan berbagai aspek dan ilmu bisnis ke dalam industry fashion, serta memahami strategi dalam mempromosikan dan memasarkan produk-produk fashion agar memiliki daya jual dan menghasilkan keuntungan.

Keahlian di Bidang Manajemen Fashion Bisnis :

Pada jurusan ini, nantinya mahasiswa akan bisa memahami industri fashion secara keseluruhan, termasuk tren mode, gaya hidup, desain produk, manufaktur, pemasaran, dan lainnya.

Baca Juga: Ini Pilihan Jurusan Teknik dan Sains dengan Peluang Karier Paling Menjanjikan

 Selain itu juga memiliki kemampuan manajemen bisnis, termasuk manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen operasi, dan manajemen strategis.

Memiliki keterampilan pemasaran dan branding yang kuat, termasuk strategi pemasaran, penelitian pasar, dan pengembangan merek. Serta memahami penggunaan teknologi modern yang berkaitan dengan industri fashion.

Peluang Kerja :

Dalam bidang ini ada berbagai peluang kerja yang berhubungan dengan fashion, diantaranya adalah :

1. Pengusaha Fashion:

Kamu dapat memulai bisnis mode Kamu sendiri, mulai dari label pakaian hingga butik atau toko online. Keahlian yang Kamu peroleh dari jurusan ini akan membantu Kamu mengelola bisnis dengan lebih baik dan mengambil keputusan yang tepat.

2. Manajemen Brand Fashion:

Banyak merek ternama mencari profesional yang terampil dalam mengelola brand mereka. Kamu dapat bekerja sebagai manajer produk, manajer pemasaran, atau manajer rantai pasok di perusahaan-perusahaan mode terkenal.

3. Analis Tren Fashion:

Kamu dapat bekerja sebagai analis tren fashion untuk perusahaan riset atau departemen pemasaran. Tugas Kamu adalah menganalisis data dan tren terbaru untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang berorientasi pada konsumen.

Editor: Eviera Paramita Sandi

Tag:  #bukan #hanya #desain #manajemen #bisnis #fashion #kalah #penting #peluang #kerjanya

KOMENTAR