Upacara HUT ke-79 RI Sebentar Lagi, Kementerian PUPR Rampungkan Kantor Presiden di IKN
Tim Paskibra upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta. Sebagai ilustrasi [Suara.com].
11:36
27 Juni 2024

Upacara HUT ke-79 RI Sebentar Lagi, Kementerian PUPR Rampungkan Kantor Presiden di IKN

Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Indonesia berlangsung semakin istimewa untuk 2024. Yaitu digelar secara hybrid. Yaitu di ibu kota saat ini, Jakarta, dan di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan menjadi lokasi pusat pemerintahan negara kita di masa mendatang.

Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) menyatakan bahwa kegiatan HUT ke-79 RI selama 1-17 Agustus 2024 akan diselenggarakan secara luring dan daring, di IKN dan Jakarta.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melaksanakan pembangunan IKN agar siap digunakan sebelum Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Yaitu meliputi lokasi penyelenggaraan upacara, kantor presiden, hingga permukiman para pengambil keputusan dan kementerian.

Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR menyatakan bahwa target PUPR adalah sejumlah infrastruktur mendasar. Seperti pasokan air minum, istana kepresidenan, kantor presiden, jalan tol, dan memorial park agar bisa berfungsi dan dimanfaatkan mulai akhir Juli 2024.

Baca Juga: 3 Menteri Bakal Berikan Persetujuan Pemberian Lahan Bagi TNI-Polri di IKN

Sebelumnya, Kasetpres Heru Budi Hartono menyatakan bahwa realisasi Presiden Joko Widodo berkantor di IKN masih menunggu kesiapan infrastruktur mendasar. Seperti pasokan air bersih dan bandara IKN yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kekinian, pembangunan istana kepresidenan bagian lapangan, eksterior, dan interior sudah hampir rampung. Hanya diperlukan masa pemeliharaan.

"Kantor presiden juga Alhamdulillah, mudah-mudahan akhir Juli bagian bilah-bilah garuda juga sudah selesai dibangun. Sumbu kebangsaan yang di depan istana juga sudah selesai. Kantor menko-menko nanti fungsional untuk bisa digunakan. Jalan di depan istana presiden mudah-mudahan nanti bisa dikebut, Juli selesai semua," jelas Diana Kusumastuti.

Dengan penyelesaian bangunan dan berbagai sarana infrastruktur tadi, kantor presiden bisa mulai ditempati pada Juli, sesuai rencana Presiden Joko Widodo untuk berkantor di IKN pada Juli. Atau sebulan sebelum penyelenggaraan rangkaian acara peringatan HUT ke-79 RI.

"Sudah kami siapkan. Kemudian Pak Bas (Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR) nanti akan tinggal di sana, Presiden juga akan tinggal di sana. Mudah-mudahan sesuai rencana," tandasnya.

Baca Juga: Penajam Eco City: Kolaborasi Kegiatan Ekonomi Indonesia-Jepang di IKN

"Kalau terkait infrastruktur IKN, terutama yang dari Kementerian PUPR secara keseluruhan baik dari air, bina marga, dan perumahan batch pertama sudah 82 persen selesai," ungkap Diana Kusumastuti saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Peresmian Rehabilitasi dan Renovasi Sarana dan Prasarana Pendidikan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (27/6/2024).

Kembali kepada persiapan infrastruktur bandara IKN yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kasetpres Heru Budi Hartono menyatakan ada beberapa hal perlu dipahami.

Yaitu target pembangunan bandara rampung Agustus. Namun masih diperlukan pengecekan lebih lanjut dan izin operasional bandara mesti dipastikan.

"Bandara ditargetkan bisa selesai Agustus, dan hasil informasi yang saya dapat tentunya masih perlu penyempurnaan," jelasnya.

Saat ini disebutkannya bahwa Pemerintah terus mematangkan persiapan rangkaian acara peringatan HUT ke-79 RI. Dengan dimulai kegiatan zikir bersama pada 1 Agustus 2024.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #upacara #sebentar #lagi #kementerian #pupr #rampungkan #kantor #presiden

KOMENTAR