Hore, Anggaran Rp 3,8 M Dikucurkan untuk Sirkuit Titik Nol di Tanjung Bira Sulsel
Suasana destinasi pariwisata Pantai Tanjung Bira [ANTARA/ Suriani Mappong].
09:44
14 Juni 2024

Hore, Anggaran Rp 3,8 M Dikucurkan untuk Sirkuit Titik Nol di Tanjung Bira Sulsel

Balapan adalah sebuah ajang olah raga otomotif yang sangat bisa disandingkan dengan dunia pariwisata. Contoh skala internasional dari negara kita sendiri adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dengan Sirkuit Internasional Mandalika untuk balap MotoGP, World Superbike (WSBK) serta trest drive dan test ride kendaraan roda dua pun roda empat.

Kekinian, Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengagendakan salah satu program prioritas. Yaitu pembangunan sirkuit balap motor.

Dikutip dari kantor berita Antara, keberadaan sirkuit ini memiliki dua manfaat. Andi Ayatullah Ahmad, Kabid Humas Diskominfo pada Kamis (13/6/2024) menyatakan bahwa pertama, sirkuit balap adalah wadah penyaluran bakat-hobi para rider generasi muda Bulukumba.

Kemudian kedua, memiliki potensi meningkatkan jumlah kunjungan wisata jika ada pelaksanaan balap motor yang peserta dan penontonnya berasal dari luar Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga: Mau Healing ke Bali dan Dapat Tiket Pesawat Mahal? Ini Penyebabnya

Rencana pembangunan Sirkuit Titik Nol ini mendapat respon positif dan apresiasi dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Khususnya Ketua Komisi Dragbike Pengda IMI Sulsel, Hidayat Kurnia.

"Jika sudah ada sirkuit, maka Bulukumba bisa melaksanakan beberapa pertandingan balapan motor setiap tahunnya, seperti Kejurda dan Kejurnas atau MotoPrix,” jelas Hidayat Kurnia.

Ia optimis, kegiatan yang dilaksanakan di Sirkuit Titik Nol ini akan memiliki banyak penggemar karena berada dalam kawasan wisata Tanjung Bira.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah raga tahun anggaran 2024 mengalokasikan dana Rp 3,8 miliar untuk pembangunan sirkuit balapan motor ini.

"Lokasi Sirkuit Titik Nol berada di samping Lapangan Hitam kawasan wisata Tanjung Bira yang dirancang akan terintegrasi dengan lapangan, sehingga menjadi satu kawasan sirkuit," imbuh Andi Ayatullah Ahmad.

Baca Juga: Cegah Citra Negatif Pariwisata Bali, Kemenparekraf - Imigrasi Terbitkan Tata Tertib

Ada pun anggaran sirkuit sekitar Rp 3,8 miliar ini difokuskan untuk pekerjaan utama pembuatan lintasan dan pembangunan tribun..

Lintasan yang akan dikerjakan sepanjang 515 m dengan lebar 7 m. Jika lintasan ini nanti digabung dengan lintasan yang berada di lapangan Hitam maka panjang lintasan mencapai 1,2 km.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #hore #anggaran #dikucurkan #untuk #sirkuit #titik #tanjung #bira #sulsel

KOMENTAR