Kenaikan Perjalanan Warga Indonesia ke Singapura Melonjak 17,26% karena Konser Musik
Konser Taylor Swift di Singapura [courtesy of Taylor Swift/Instagram]
16:22
2 Mei 2024

Kenaikan Perjalanan Warga Indonesia ke Singapura Melonjak 17,26% karena Konser Musik

Proporsi kunjungan wisatawan Nusantara (wisnu) ke luar negeri, khususnya tujuan Singapura dan Arab Saudi mengalami peningkatan.

Dikutip dari kantor berita Antara, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan terjadinya peningkatan persentase perjalanan para wisatawan dalam negeri kita ke Singapura karena adanya penyelenggaraan konser musik internasional di negara tujuan.

"Kenaikan ini, masing-masing didorong antara lain oleh penyelenggaraan konser musik internasional di Singapura dan umroh untuk tujuan Arab Saudi," jelas Amalia Adininggar Widyasanti, Plt Kepala BPS di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Peningkatan ini dilihat dari besaran proporsi kunjungan wisatawan kita ke negara-negara destinasi. Pada Februari 2024, proporsi pejalan atau mereka yang melakukan perjalanan mengunjungi Singapura sebesar 16,65 persen. Proporsi ini meningkat menjadi 17,26 persen.

Akan tetapi, meski terjadi peningkatan proporsi untuk para pejalan Indonesia ke Singapura, Malaysia masih menduduki peringkat teratas sebagai negara yang paling populer dikunjungi warga negara kita.

Saat ini, proporsi Malaysia mengalami penurunan, dari 31,63 persen dari total perjalanan wisnu, kini menjadi 29,95 persen.

Secara keseluruhan, jumlah perjalanan wisatawan Nusantara pada Maret 2024 mencapai 691,55 ribu perjalanan. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 4,85 persen apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yaitu 659.564 pada Februari 2024.

Berbicara soal kemasan konser pemusik dunia di Singapura, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menggagas penyelenggaraan konser musik eksklusif untuk menandingi Singapura.

Saat itu, pada Maret 2024, penyanyi asal Amerika Serikat, Taylor Swift mengadakan tur musik dunia bertajuk The Eras Tour.  Untuk kawasan Asia Tenggara, Singapura menjadi satu-satunya destinasi Taylor Swift.

Dalam pelaksanaannya, tur musik sang penyanyi berlangsung enam hari (2–4/3/2024), dilanjutkan beberapa hari kemudian (7–9/3/2024).

"Apa yang diberikan Singapura, kita berikan sama untuk penyanyinya. Kita harus berani bersaing, kalau Singapura bisa untung, masa kita tidak bisa?" demikian disampaikan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam penutupan Business Matching 2024 di Sanur, Denpasar, Kamis (7/3/2024).

Ia menyatakan sudah mengadakan rapat terkait rencana itu dan memutuskan dalam enam bulan, salah satu pelaku usaha bidang hiburan Indonesia akan mendatangkan artis luar negeri, dan sudah mengantongi izin kegiatan.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta pelaku usaha untuk melakukan kontrak dengan artis lain dan mengadakan konser tandingan.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #kenaikan #perjalanan #warga #indonesia #singapura #melonjak #1726 #karena #konser #musik

KOMENTAR