Susi Air Layani Rute Palangka Raya-Muara Teweh, Harga Tiket di Bawah Rp 500 Ribu
Kepala Bandara Haji Muhammad Sidik Muhammad Amrillah (kelima kiri) dan petugas bandara foto bersama pilot Susi Air saat terbang perdana dari Palangka Raya tiba Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh, Rabu (10/4/2024) [ANTARA/HO-Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh].
15:31
11 April 2024

Susi Air Layani Rute Palangka Raya-Muara Teweh, Harga Tiket di Bawah Rp 500 Ribu

Bertepatan Lebaran 2024 (10/4/2024), Maskapai Susi Air melakukan terbang perdana penerbangan perintis rute Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara ke Palangka Raya, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah. Layanan Muara Teweh-Palangka Raya ini bersifat ulang-alik atau pulang pergi.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi Susi Air, penerbangan menggunakan pesawat jenis Cessna berpenumpang 12 orang.

Ada pun frekuensi penerbangan adalah dua kali sepekan, setiap Rabu dan Jumat. Harga tiket Rp 494.510 untuk tujuan Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya-Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh.

Sebaliknya, untuk tujuan Muara Teweh-Palangka Raya adalah Rp 447.910.

"Terbang perdana pada Rabu (10/4/2024), penumpang dari Palangka Raya tiba di Muara Teweh penuh sebanyak 11 orang dan sebaliknya dari Muara Teweh ke Palangka Raya ada empat orang," jelas Muhammad Amrillah K, Kepala Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh, di Muara Teweh.

"Kami harapkan penerbangan yang mendapat subsidi dari Kementerian Perhubungan ini mampu meningkatkan arus penumpang dari Bandara Haji Muhammad Sidik," ujar Muhammad Amrillah K.

Penerbangan perintis di Kalimantan Tengah ini dioperasikan maskapai Susi Air dengan Koordinator Wilayah Bandara Kuala Pembuang Tahun Anggaran 2024. Mulai resmi beroperasi dengan penerbangan perdana rute Kuala Pembuang-Palangka Raya pada 8 April 2024.

Sedangkan Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh sendiri, selain melayani penerbangan perintis juga penerbangan komersil, yaitu maskapai Wings Air dengan rute Muara Teweh-Banjarmasin setiap hari.

"Selain melayani sejumlah kota Kalteng lainnya menuju Palangka Raya, juga dengan tujuan Banjarmasin, Kalimantan Selatan," jelas Muhammad Amrillah K.

Salah satu penumpang Susi Air yang tiba di Muara Teweh menyatakan sangat terbantu dengan dibukanya penerbangan perintis ini.

Utamanya bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, sehingga dapat mempersingkat jarak perjalanan dari Palangka Raya ke Muara Teweh.

"Kalau kami menggunakan angkutan darat, jarak tempuh Palangka Raya-Muara Teweh sekitar tujuh jam," ungkapnya.

Adanya penerbangan perintis ini membuat jarak kedua kota bisa dipangkas dan lebih penting lagi turut meningkatkan nadi perekonomian setempat.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #susi #layani #rute #palangka #raya #muara #teweh #harga #tiket #bawah #ribu

KOMENTAR