Mejeng di Bali International Air Show 2024, Intip Spesifikasi dan Fitur UAV DID 3.11, Drone Buatan PT LEN Industri
UAV DIDI 3.11 diperkenalkan oleh PT LEN Industri dalam ajang Bali International Air Show 2024. (PT LEN Industri)
19:00
19 September 2024

Mejeng di Bali International Air Show 2024, Intip Spesifikasi dan Fitur UAV DID 3.11, Drone Buatan PT LEN Industri

 

- PT LEN Industri memperkenalkan pesawat tanpa awak atau drone buatan dalam negeri. Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang diberi nama UAV DID 3.11 itu punya beberapa kemampuan, baik sebagai drone surveillance maupun drone kombatan. 

Melalui keterangan resminya, PT LEN Industri menyampaikan beberapa fitur unggulan dari UAV DID 3.11 tersebut. Diantaranya kemampuan multifungsi. Mereka menyampaikan bahwa drone tersebut dirancang untuk dilengkapi dengan berbagai sensor canggih. 

"UAV ini mampu menjalankan berbagai misi dengan efektif dan efisien," tulis PT LEN Industri, dikutip Kamis (19/9).

Tidak hanya itu, drone buatan dalam negeri itu punya endurance yang diklaim efektif. Total, drone tersebut mampu terbang dengan durasi mencapai sepuluh jam.

Kemampuan operasional drones tersebut juga menjadi keunggulan. Sebab, drone itu bisa take off dan landing secara otomatis. 

"Kemudahan pengoperasian, mobilisasi yang ringkas, dan jenis bahan bakar yang umum. UAV DID 3.11 efisien dalam operasional maupun penggelarannya. Selain itu, biaya operasional menggunakan UAV lebih ekonomis jika dibandingkan dengan pesawat udara konvensional," terang PT LEN Industri. 

Perusahaan BUMN yang menjadi induk Holding BUMN Pertahanan itu mengungkapkan bahwa kehadiran UAV DID 3.11 menjadi tonggak sejarah bagi industri pertahanan dalam negeri. Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) drone tersebut sudah termasuk tinggi. Yakni 45 persen. 

Angka itu menunjukkan komitmen PT LEN Industri dalam mengembangkan produk dalam negeri. Selain itu, UAV DID 3.11 buatan PT LEN Industri merupakan manifestasi nyata semangat kemandirian bangsa dalam penguasaan teknologi kedirgantaraan. 

"Dengan desain aerodinamis yang futuristik dan dibekali dengan berbagai fitur canggih, UAV DID 3.11 siap menjawab tantangan masa depan dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara," klaim PT LEN Industri.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #mejeng #bali #international #show #2024 #intip #spesifikasi #fitur #drone #buatan #industri

KOMENTAR