Market Pelajar dan Mahasiswa Jadi Komoditi Menjanjikan di Sektor Sewa Properti
Ilustrasi: Investasi di bidang properti untuk disewakan masih diminati masyarakat. (DJKN Kemenkeu)
07:36
16 September 2024

Market Pelajar dan Mahasiswa Jadi Komoditi Menjanjikan di Sektor Sewa Properti

  Saat ini, investasi properti untuk disewakan kembali terbilang menjanjikan. Sebab ada marketnya, sewa properti dinilai merupakan salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan baik oleh para pelaku bisnis yang ingin mengembangkan usahanya, atau mereka yang ingin menetap hanya sementara di satu tempat.   Salah satu bisnis di sektor properti yang sekarang banyak dilirik juga mengincar segmen pelajar atau mahasiswa berupa hunian sewa sementara, berupa kos-kosan, kontrakan, atau bahasa kerennya adalah student house.   Menurut data Kementerian Keuangan, tingginya minat masyarakat terhadap investasi di bidang student house sejalan dengan pertumbuhan investasi sektor properti yang mencapai Rp 33,5 triliun pada kuartal kedua 2024.   

  Lonjakan investasi ini didorong oleh berbagai faktor, termasuk kebijakan pajak yang menarik bagi usaha kos-kosan yakni UU No 1 Tahun 2022. UU tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (HKPD) yang baru ini mengatur bahwa rumah kos-kosan tidak termasuk dalam pengertian hotel sehingga tidak menjadi objek pajak daerah.   Selain itu, beberapa daerah di Indonesia juga terkenal dengan pusat studinya, dikelilingi sejumlah universitas dan sekolah bergengsi seperti misalnya di Bandung ada Telkom University, Poltekpar NHI, IAI Persis, Universitas Sali Al-Aitaam, serta Satu University by Binus dan Sekolah Islam  Al Azhar 64.   Kesempatan tersebut ditangkap oleh pengembang properti seperti APL untuk mengembangkan lini bisnisnya, mengincar posisi strategis di kawasan tersebut dengan menciptakan lebih dari 50,000  potensi pasar penyewa.   

  Melalui kebijakan dan peluang tersebut, ditambah dengan dominasi investasi dari pelaku usaha lokal, semakin menguatkan prospek cerah sektor properti, terutama bagi usaha rumah kos di kawasan pendidikan dengan membuat Student House Podomoro Park.   Regional Marketing Director APL Tedi Guswana menyatakan apresiasi atas antusias konsumen setia  untuk penjualan Student House yang menyasar kalangan investor. Dirinya menyatakan bahwa sektor tersebut terus tumbuh dan diminati masyarakat.   "Bagi kami (Podomoro Park), ini merupakan tanda optimisme bahwa pasar properti kami tetap unggul, dan kami konsisten berinovasi untuk menyediakan properti sesuai dengan kebutuhan pasar,” ungkap Tedi saat menghadiri The Student House Showcase melalui keterangannya.   Tedi menyampaikan bahwa keberhasilan Student House menunjukkan kemampuan Podomoro Park dalam beradaptasi dengan pasar, sehingga semakin menguatkan posisi perusahaan sebagai leading company di industri properti.   

  “Kami sangat bangga memperkenalkan Student House sebagai rumah kos pertama di Bandung yang menawarkan fasilitas kelas dunia, mulai dari swimming pool, private cinema, futsal court, basketball court, indoor gym, dan banyak fasilitas eksklusif lainnya. Penghuni dapat menikmati kenyamanan dan kemewahan tanpa harus keluar dari kawasan,” tambah Tedi.   Melonjaknya ketertarikan masyarakat terkait pentingnya passive income dan kestabilan ekonomi di masa depan juga menjadi peluang yang dioptimalkan oleh Podomoro Park. Maka dari itu, lokasi  Podomoro Park yang sangat strategis ditambah sejumlah fasilitas eksklusif menjadi nilai tambah.   Podomoro Park sendiri menggandeng Rukita sebagai exclusive partner untuk mengelola operasional hariannya. Melalui kerjasama ini, investor diklaim dapat dengan mudah melakukan pengelolaan properti mereka.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #market #pelajar #mahasiswa #jadi #komoditi #menjanjikan #sektor #sewa #properti

KOMENTAR