Meriahkan Expo PON XXI, Produk UMKM Binaan AMANAH Bisa Jadi Souvenir Khas Aceh yang Keren
Produk-produk buatan para anggota AMANAH dijual dalam Expo PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.
07:23
11 September 2024

Meriahkan Expo PON XXI, Produk UMKM Binaan AMANAH Bisa Jadi Souvenir Khas Aceh yang Keren

Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) turut memeriahkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI dengan cara yang kreatif. Mereka membuat berbagai barang menarik, bergaya muda, dengan desain yang menggambarkan ciri khas Aceh.

Produk-produk buatan para anggota AMANAH dijual dalam Expo PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh. Kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung selama beberapa hari ke depan, pada 10-18 September 2024.

“Aku senang sekali bisa berkunjung ke booth AMANAH ini soalnya di sini ada banyak barang-barang keren. Dan barang yang disediakan itu khas Aceh. Ada motif-motif Acehnya, ada tentang Malahayati,” kata salah seorang pengunjung, Nasya Nazmah, ditulis Rabu (11/9/2024).

Dalam kesempatan kali ini, AMANAH menyediakan sekitar 22 jenis barang yang menarik perhatian para pengunjung. Di antaranya, ada kaus dan tas jinjing (totebag) dengan berbagai desain yang sangat bergaya muda tanpa menghilangkan ciri khas tradisi budaya daerahnya.

Baca Juga: 4 Pesona Saaih Halilintar Main Golf, Gagal Ikut PON XXI Aceh-Sumut 2024

Nuansa Aceh terlihat dari gambar motif pinto, monumen kilometer nol Sabang, kuliner mie Aceh dan berbagai seni budaya tradisional lainnya. Desain-desain tersebut juga dicetak di wadah minuman (tumbler), sampul buku, kipas hingga gantungan kunci sehingga menambah menarik tampilannya.

“Kalau yang paling favorit, karena aku perempuan, aku suka gelang tapi aku juga suka totebag-nya. Soalnya, desainnya sangat menarik,” kata Nasya. Penggambaran ciri khas Aceh dalam desain-desain tersebut membuat warga lokal seperti dia, merasa bangga dengan daerahnya.

Selain itu, barang-barang buatan AMANAH dinilai cocok dijadikan buah tangan atau souvenir bagi para pendatang dari luar Aceh. Tak heran, banyak di antara pengunjung ke tenda AMANAH merupakan kontingen PON dari berbagai daerah di Indonesia.

Melalui produk-produk yang menarik perhatian generasi muda, AMANAH mencoba mempromosikan potensi budaya Aceh kepada masyarakat luas. Sekaligus, memberdayakan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal.

Oleh karena itu, AMANAH juga menyediakan produk-produk UMKM asal Aceh, khususnya berupa makanan dan minuman. Menurutnya, inisiatif AMANAH dalam mengembangkan UMKM di Aceh adalah hal yang sangat positif.

Baca Juga: Biasanya Dibilang Aneh, Outfit Tiara Andini di Acara Pembukaan PON XXI Dipuji

“AMANAH ini bagus sekali karena mewadahi anak muda Aceh sehingga mereka bisa berkarya dan mereka juga difasilitasi supaya ke depannya menjadi anak-anak muda yang hebat dan unggul,” tutur Nasya.

Sebelumnya, AMANAH juga kerap mengikutsertakan produk UMKM binaanya dalam berbagai acara tingkat daerah maupun nasional. Salah satunya, dalam ajang Muslim Fashion Festival (Muffest) 2024 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Program unggulan Presiden Joko Widodo itu memberikan dukungan yang signifikan. Selain menggelar berbagai pelatihan, AMANAH juga membantu pengemasan produk-produk UMKM lokal melalui Rumah Kemasan yang ada di Gedung AMANAH, Ladong, Kabupaten Aceh Besar.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #meriahkan #expo #produk #umkm #binaan #amanah #bisa #jadi #souvenir #khas #aceh #yang #keren

KOMENTAR