YLKI Nilai Penerapan Skema Power Wheeling Berpotensi Menumbuhkan Kartel di Bisnis Kelistrikan
Petugas PLN pasang jaringan listrik menghadirkan akses aliran listrik 24 jam nonstop untuk warga di Desa Abbanuange, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. ( PLN)
13:54
10 September 2024

YLKI Nilai Penerapan Skema Power Wheeling Berpotensi Menumbuhkan Kartel di Bisnis Kelistrikan

— Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi berharap pemerintah membatalkan rencana penerapan skema power wheeling pada sistem ketenagalistrikan di Tanah Air. Hal ini mengingat risiko terhadap peningkatan tarif listrik yang membebani konsumen.

"Pemerintah sebaiknya jangan gegabah menerapkan sistem power wheeling dalam sistem ketenagalistrikan kita. Karena implementasi power wheeling dalam jangka panjang akan merugikan konsumen," kata Tulus dalam keterangannya, Selasa (10/9).

Menurutnya, skema power wheeling itu sangat berbahaya karena memperbolehkan produsen listrik swasta menggunakan jaringan yang selama ini dikelola negara. "Jika sudah ada peran swasta, dikhawatirkan bakal terbentuk kartel atau oligopoli dalam sistem ketenagalistrikan. Dengan adanya campur tangan swasta, maka pemerintah akan sulit mengintervensi penentuan tarif listrik," katanya.

Jika pemerintah sulit menentukan tarif, lanjutnya, maka masyarakat sebagai konsumen listrik akan menelan tarif listrik yang mahal. "Jadi, dalam jangka panjang, power wheeling berpotensi merugikan konsumen," katanya.

Pada ujungnya, kata Tulus, power wheeling berisiko mewariskan masalah kepada rakyat yang bakal menerima tarif listrik mahal. Selain itu, negara juga dirugikan karena jaringan transmisi listriknya digunakan juga oleh swasta.

"Investasi jaringan listrik itu mahal," katanya.

Tulus berpendapat, sistem ketenagalistrikan harus dikuasai sepenuhnya oleh negara dan dinikmati oleh masyarakat. "Negara harus hadir secara kuat dalam mengendalikan sistem ketenagalistrikan. Bukan malah dinikmati oleh segelintir investor," tambahnya.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #ylki #nilai #penerapan #skema #power #wheelingberpotensi #menumbuhkankartel #bisnis #kelistrikan

KOMENTAR