Terkenal Sebagai Pulau Karang India, Berikut Destinasi Wisata di Lakshadweep dan Keindahannya
Lakshadweep Pulau Karang India. (Sumber foto : lakshadweep.gov.in)
17:56
19 Januari 2024

Terkenal Sebagai Pulau Karang India, Berikut Destinasi Wisata di Lakshadweep dan Keindahannya

– Kepulauan Lakshadweep, terdiri dari 36 pulau, terkenal dengan pantai cerahnya yang eksotis dan pemandangannya yang subur. Nama Lakshadweep berarti ‘seratus ribu’ dalam bahasa Malayalam dan Sansekerta.

Lakshadweep adalah wilayah federal terpadu dan terdiri dari 12 atol, 3 terumbu karang, 5 tepi sungai yang tergenang air, dan 10 pulau berpenghuni.

Luas total pulau-pulau tersebut adalah 32 kilometer persegi. Ibu kotanya adalah Kavaratti yang juga merupakan ibu kota UT. Semua pulau terletak antara 220 dan 440 km dari Kochi, sebuah kota pesisir di negara bagian Kerala di Laut Arab zamrud.

Berdasarkan lakshadweep.gov.in, berikut beberapa destinasi wisata yang ada di pulau yang terkenal sebagai ‘Coral Paradise in India’ :

1. Bangaram

Bangaram adalah pulau kecil berbentuk tetesan air mata yang terletak sangat dekat dengan Agatti dan Kavaratti. Resor wisata di pulau ini menawarkan para tamu kesempatan bagus untuk melepaskan diri dari stres dan hiruk pikuk kehidupan modern. Dua pulau kecil, Pulau Thinnakara dan Pulau Parali, juga terletak di dekat Pulau Bangaram dan dikelilingi oleh laguna yang sama.

2. Agatti

Agatti memiliki salah satu laguna terindah di Lakshadweep. Bandara juga tersedia di pulau ini. Saat mendekati pendaratan dari pesawat, akan terlihat pemandangan landasan udara pulau yang menakjubkan.

Agatti adalah pintu gerbang virtual ke pulau itu. Sebuah kompleks wisata dengan 20 tempat tidur dan segala fasilitas modern dibangun di sini. Indian Airlines menawarkan penerbangan ke Agatti, menjadikannya salah satu pulau yang paling mudah diakses di Lakshadweep.

3. Kadmath

Kadmath memiliki panjang 8 km dan lebar hanya 550 meter. Terdapat laguna dangkal yang indah di sisi barat, cocok untuk olahraga air, dan laguna panjang dan sempit di sisi timur. Daya tarik utamanya adalah pantai berpasir panjang dan gundukan pasir di ujung selatan.

Dibangun di tengah hutan palem yang menghadap ke laguna, kabin wisata kami memungkinkan Anda menikmati keindahan ekosistem yang masih asli. Kayak, perahu layar, perahu kayuh, perahu ski, dan perahu berlantai kaca tersedia untuk disewa.

4. Minicoy

Minicoy terletak sekitar 200 km selatan pulau utara, Minicoy agak terisolasi dari sebagian besar pulau. 

Dengan panjang 10,6 km, merupakan pulau terbesar kedua setelah Pulau Androt.

Minicoy memiliki salah satu laguna terbesar, dan di selatannya terdapat pulau kecil tak berpenghuni, Villingili. Minicoy berbeda dari pulau-pulau utara dalam hal budaya, bahasa, dan pakaian. Minicoy memiliki 11 desa yang disebut `avas’, masing-masing dipimpin oleh seorang tetua desa terpilih yang disebut vodukaka.

Secara tradisional, semua wewenang untuk mengatur urusan desa berada di tangannya. 

Setiap desa memiliki rumah-rumah desa yang dirawat dan didekorasi dengan indah. Minicoy terkenal dengan tarian tradisionalnya "Raba", yang ditampilkan pada acara-acara perayaan.

Perahu balap warna-warni yang disebut 'Jahadoni' menjadi pemandangan yang menarik bagi semua wisatawan. Banyak pria dari pulau ini yang bekerja sebagai awak kapal di seluruh dunia.

5. Kalpeni

Pulau Kalpeni membentuk atol dengan dua pulau kecil, Pulau Thirakum dan Pulau Pitti, serta pulau tak berpenghuni Pulau Cheriyam di utara.Kalpeni ditandai dengan banyaknya sisa karang yang menumpuk di sepanjang pantai timur dan tenggara.

Dipercaya bahwa badai hebat pada tahun 1847 melemparkanbatu besar di sepanjang pantai ini.

Ini adalah pulau yang progresif secara sosial di mana anak perempuan pertama kali bersekolah pada saat pendidikan bagi perempuan masih dianggap tabu. 

Berenang, snorkeling, berjalan di sepanjang terumbu karang di laguna yang luas, atau nikmati olahraga air dengan kayak, kapal pesiar, atau perahu kayu.

6. Kavaratti

Kavaratti adalah markas administratif dan pulau paling berkembang. Terdapat 52 masjid di pulau ini, yang terindah adalah Masjid Ujla. Air dari sumur dekat masjid dipercaya memiliki khasiat penyembuhan.

Laguna yang indah dan tenang merupakan tempat yang ideal untuk olahraga air, berenang, dan snorkeling. Berjemur atau sekedar bersantai di tepi pantai bisa menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Pencinta biota laut dapat mengunjungi Akuarium Laut yang memiliki koleksi spesimen air yang sangat bagus. Kehidupan bawah laut laguna yang penuh warna dapat dilihat dari perahu berlantai kaca.

Pemandangan alam, pantai berpasir, kekayaan flora dan fauna serta minimnya gaya hidup yang sibuk menambah mistik Lakshadweep.

Sejak Perdana Menteri Narendra Modi mengunjungi Lakshadweep dan mengimbau masyarakat untuk mengunjungi pulau tersebut, menyebabkan arus wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut meningkat.

Namun, Mohammad Faisal Padipura, seorang anggota parlemen setempat, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan NDTV bahwa jumlah wisatawan harus diatur karena lingkungan pulau yang rapuh, menambahkan bahwa Lakshadweep adalah pulau yang "sangat sensitif dan secara ekologis sangat rentan," katanya. 

Hal ini didukung oleh seperangkat peraturan yang menentukan jumlah wisatawan yang diperbolehkan masuk di pulau-pulau yang tersedia.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #terkenal #sebagai #pulau #karang #india #berikut #destinasi #wisata #lakshadweep #keindahannya

KOMENTAR