Kawasan Kota Lama Jadi Wisata Favorit Saat Libur Lebaran, 176 Juta Wisatawan Terpantau Kunjungi Lokasi Legendaris Tersebut
Kota Lama, menjadi jujukan wisatawan memengaruhi okupansi hotel di Kota Semarang. (Adennyar Wycaksono/Jawa Pos Radar Semarang)
16:56
18 April 2024

Kawasan Kota Lama Jadi Wisata Favorit Saat Libur Lebaran, 176 Juta Wisatawan Terpantau Kunjungi Lokasi Legendaris Tersebut

 


Libur Lebaran menjadi salah satu momen tak terlupakan bagi beberapa orang, untuk dihabiskan bersama keluarga ataupun kerabat.

Saat libur Lebaran, beberpa pemudik biasanya akan menghabiskan waktu untuk mengunjungi wisata-wisata terdekat yang ada di daerahnya.

Salah satu lokasi wisata yang ramai dikunjungi saat Libur Lebaran 2024 yakni Kota Semarang.

Dilansir dari Radar Semarang, salah satu wisata legendaris di Kota Semarang yakni Kota Lama telah menjadi wilayah favorit yang dikunjungi wisatawan selama libur Lebaran 2024.

Hingga Sabtu (13/4) lalu, sudah ada seperempat juta wisatawan yang mampir di Semarang, Jawa Tengah.

"Wisatawan di Kota Semarang sesuai update dari Disporapar Provinsi Jawa Tengah ini tertinggi di Jateng. Ada sekitar 250 ribu (wisatawan)," jelas Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu usai melepas pemudik di Masjid Agung Jawa Tengah Minggu (14/4).

Sementara untuk Kota Lama, setidaknya ada 174 ribu orang plesiran di wilayah cagar budaya ini.

Kemudian untuk 76 ribu wisata sisanya, tersebar di sejumlah tempat wisata lain.

“Khusus Kota Lama ada 174 ribu,” tegas Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Mbak Ita menjelaskan, selain Kota Lama, Semarang Zoo juga menjadi destinasi yang sering dikunjungi wisatawan luar daerah.

Ke depan pihaknya bakal menambah kegiatan atraksi. Sehingga daya tarik wisata untuk memikat wisatawan berkunjung semakin banyak.

"Saya lihat di taman satwa kemarin ada yang dari Balikpapan, dari Demak, dan dari luar Kota Semarang bahkan luar Provinsi Jateng juga banyak yang berkunjung ke sana. Tentunya ke depan akan makin dibanyakin kegiatan atraksi," tambahnya.

Selain itu okupansi hotel di Kota Lumpia ini juga mendekati 95 persen. Artinya masa libur Lebaran memberikan multiplier effect untuk perekonomian.

Tidak hanya tempat wisata yang meraup keuntungan, tapi juga perhotelan, serta industri kuliner. Hal ini terlihat dari banyaknya mobil yang terparkir di pusat oleh-oleh.

Meski menimbulkan kemacetan tapi juga berdampak pada penggeliatan ekonomi.

"Kemarin saya pantau terus di tempat wisata, kemudian di pusat oleh-oleh ini banyak mobil-mobil yang parkir yang beli oleh-oleh. Tentunya ini yang harus kita layani, kita kelola dengan baik karena mereka (wisatawan) ini kalau membeli oleh-oleh tentu dampak perekonomian terasa, baik parkir, hotel, kuliner, dan sebagainya," tegasnya.

Lebih lanjut, kata dia, perputaran ekonomi di Kota Semarang terbilang tinggi. Masing-masing wisatawan rata-rata bisa menghabiskan Rp 1 juta dalam sehari. Mulai dari hotel, makan, belanja, serta kunjungan ke tempat wisata.

"Mungkin bisa ya (Rp 1 Juta), karena kalau makan ini kan sehari 3 kali, kemudian hotelnya, kemudian juga mungkin oleh-olehnya pasti banyak sekali," tandasnya.

***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kawasan #kota #lama #jadi #wisata #favorit #saat #libur #lebaran #juta #wisatawan #terpantau #kunjungi #lokasi #legendaris #tersebut

KOMENTAR