Wisata Pantai Air Tawar di Bumi Ranggalawe, Menyusuri Danau dengan Kano di Suruan Ecopark Serasa Jadi Aktor Film My Heart
RIMBUN: Kasasan Susuran Ecopark yang tergolong alami. Hamparan pohon sagu membuat destinasi ini terlihat sangat hijau. (JAWA POS RADAR TUBAN)
11:56
29 September 2024

Wisata Pantai Air Tawar di Bumi Ranggalawe, Menyusuri Danau dengan Kano di Suruan Ecopark Serasa Jadi Aktor Film My Heart

Objek wisata yang terletak di Desa Tuwiri Wetan ini memang belum lama beroperasi. Meski masih tergolong anyar, tempat wisata baru ini layak menjadi salah satu destinasi yang patut dicoba traveler di Tuban.

JARAKNYA tidak jauh dari pusat Kota Tuban, sekitar 5 kilometer. Letaknya berada di tengah permukiman penduduk. Untuk bisa ke sana, pengunjung harus melewati jalan yang cukup sempit dan terjal.

Namun, kesulitan itu seakan dibayar dengan pemandangan indah yang disuguhkan. Nuansa wisata bertema pantai air tawar begitu terasa di objek bernama Suruan Ecopark itu.

Pasir putih membentang luas di kawasan tersebut. Tak ada ombak. Airnya juga jernih. Membuat pengunjung bisa melihat secara langsung aneka jenis ikan dan tanaman di bawah air. Di sana juga terdapat sebuah danau.

Tak hanya itu, hamparan pohon sagu yang rindang membuat suasana Suruan Ecopark begitu indah dan tenang. Ditambah lagi sajian menarik yang layak dicoba. Menyusuri danau dengan kano membuat pengunjung seolah-olah tengah menjadi aktor di film My Heart.

IKONNNYA: Mengelilingi danau sambil naik kano menjadi salah satu favorit para wisatawan Suruan Ecopark. (JAWA POS RADAR TUBAN)

Saat berlayar, para wisatawan bisa memilih. Mau naik perahu kano bertandem, kano solo, atau naik kano transparan yang membuat traveler bisa menyaksikan bagian bawah danau. Soal keamanan, jangan khawatir. Setiap pengunjung sudah disiapkan rompi pelampung.

Pengelola Suruan Puji Ananta mengatakan, dulu objek wisata tersebut hanyalah area perkebunan pisang. ”Karena tak bisa dimanfaatkan secara berkesinambungan, kawasan ini diputuskan diubah menjadi objek wisata,” katanya.

Butuh waktu cukup lama untuk mengubah perkebunan pisang menjadi destinasi wisata. Selain harus memermak lahan, akses menuju objek wisata itu harus disiapkan. Hasilnya kini sudah terlihat, destinasi tersebut sudah bisa dinikmati.

Saat ini, jumlah pengunjung wisata di Suruan Ecopark terus meningkat. Terlebih ketika masa liburan. Objek wisata itu menjadi salah satu pilihan para traveler. ”Bisa hingga 100 pengunjung yang datang. Jika pas liburan, jumlahnya lebih banyak lagi.” (gi/c7/ris)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #wisata #pantai #tawar #bumi #ranggalawe #menyusuri #danau #dengan #kano #suruan #ecopark #serasa #jadi #aktor #film #heart

KOMENTAR