Kemajuan Teknologi, Ada Situs Web Paling Mengganggu di Internet, dapat Menemukan Foto di Masa Lalu?
Ilustrasi website (Unsplash/Campaign Creator)
09:56
20 Agustus 2024

Kemajuan Teknologi, Ada Situs Web Paling Mengganggu di Internet, dapat Menemukan Foto di Masa Lalu?

Dunia internet sudah menjadi makanan sehari-hari. Tetapi yang harus dipikirkan adalah ada banyak situs web yang menakutkan di luar sana.

Diketahui, internet telah ada selama lebih dari empat dekade, dan selama itu internet telah menyimpan banyak sekali informasi.

Tentu saja ada beberapa situs web yang lebih bermanfaat daripada yang lain di web, dan beberapa situs yang sebaiknya harus dihindari.

Menyadur dari Unilad, munculnya teknologi AI telah memajukan banyak hal lebih jauh, dengan satu situs tertentu dijuluki sebagai 'situs web paling mengganggu di internet'.

Baca Juga: Tak Main-main! BRI Gunakan 'Web Crawling' Buru Rekening Judi Online

Banyak pengguna media sosial merasa sedikit khawatir setelah menyadari ada situs yang dapat menemukan setiap gambar diri Anda.

Kita tidak berbicara tentang foto bayi yang disimpan di lemari ibu Anda di sini, tetapi foto apa pun yang diunggah secara online tentang diri Anda selama bertahun-tahun.

Semua itu berkat situs web bernama PimEyes. Situs tersebut akan meminta Anda memberikan foto diri Anda, lalu akan mencari di seluruh internet dan menggunakan AI untuk menemukan foto-foto Anda yang lain.

Secara teori, situs tersebut dapat menemukan foto-foto diri Anda yang telah diunggah ke situs media sosial.

Layanan dasar yang ditawarkan oleh PimEyes gratis, dan Anda hanya perlu mengunggah foto diri Anda lalu mencarinya.

Baca Juga: Pengusaha Lokal Minta Dilibatkan Pembangunan Infrastruktur Internet di IKN

Dalam waktu satu atau dua menit, Anda akan dihadapkan dengan foto-foto diri Anda dari mana pun yang saat ini ada di internet, bahkan foto-foto memalukan yang diunggah ibu Anda ke Facebook dari liburan keluarga tahun beberapa tahun lalu.

Namun, hasilnya tidak selalu 100 persen sempurna, jadi Anda mungkin akan menemukan 'kemiripan' yang aneh sebagai tambahan.

Jika Anda memilih untuk membawa pencarian gambar Anda selangkah lebih maju, Anda dapat membayar untuk pencarian yang ditingkatkan yang dapat melakukan pencarian yang jauh lebih mendalam dan juga menyediakan tautan ke setiap tempat foto-foto itu muncul.

Ini dapat berguna bagi mereka yang berharap foto-foto mereka dihapus dari web.

Satu orang mengatakan situs web itu "mengganggu tetapi juga sangat berharga" dan memujinya karena "menemukan siapa yang telah menggunakan wajah saya tanpa persetujuan saya" sehingga mereka dapat memerintahkan situs web untuk menghapus foto-foto itu.

Yang lain lagi mencapnya sebagai "impian penguntit".

Yang ketiga kemudian menjelaskan bagaimana dia mengunggah foto terbarunya dan PimEyes mengenali fotonya di internet saat dia berusia 10 tahun.

Terlepas dari apakah Anda menganggapnya menyeramkan atau menarik, tidak diragukan lagi situs tersebut menyediakan opsi bagi mereka yang ingin menghapus foto yang tidak diinginkan dari domain publik.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #kemajuan #teknologi #situs #paling #mengganggu #internet #dapat #menemukan #foto #masa #lalu

KOMENTAR