Google Rilis Gemini Live di Android, Begini Fiturnya
Ilustrasi Gemini. (YouTube/ Google)
18:40
14 Agustus 2024

Google Rilis Gemini Live di Android, Begini Fiturnya

Google resmi merilis Gemini Live yang diklaim menghadirkan 'percakapan mengalir bebas'. Mengandalkan fitur Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan, Gemini Live menawarkan sensasi mirip percakapan manusia.

Perusahaan mengungkap Gemini Live melalui acara tahunan Made by Google. Mereka turut mengenalkan Google Pixel 9, Pixel 9 Pro Fold, Pixel Watch 3, dan Pixel Buds Pro 2.

Perlu diketahui, Gemini sebelumnya dikenal sebagai Bard. Gemini merupakan kecerdasan buatan generatif bot percakapan yang dikembangkan oleh Google.

Ini disusun berdasarkan model bahasa besar (LLM) dengan nama yang sama sebagai respons Google atas hadirnya ChatGPT milik OpenAI. Dikutip dari MySmartPrice, Gemini Live adalah avatar baru Gemini AI dengan kemampuan obrolan suara.

Baca Juga: Reaksi Google Soal Heboh Pemalsuan Data Google Bisnis di Hotel-Hotel Indonesia

Google menggambarkannya sebagai "pengalaman percakapan seluler yang memungkinkan Anda melakukan percakapan lancar dengan Gemini."

Dalam mode ini, pengguna dapat menyela respons Gemini dan membagikan masukan mereka untuk mendapatkan informasi tambahan. Itu mirip dengan apa yang terjadi dalam percakapan manusia di dunia nyata.

Percakapan Gemini Live juga dapat dijeda di tengah jalan dan dilanjutkan nanti. Nama 'Live' di bagian belakang mungkin merujuk kemampuan percakapan yang mengalir meski disela serta dijeda oleh pengguna.

Google menjelaskan bahwa Gemini Live dapat digunakan untuk berbagai macam percakapan, seperti meminta saran dan bertukar pikiran. Aplikasi ini mendukung mode hands-free, di mana Gemini akan tetap berjalan di latar belakang bahkan saat ponsel terkunci.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk tetap berinteraksi dengan asisten dan bercakap-cakap seperti saat melakukan panggilan telepon biasa.

Baca Juga: Indosat Gandeng Google Cloud Siap Hadirkan Penyimpanan Data Diklaim Paling Ketat di Indonesia

Saat menggunakan Gemini Live untuk pertama kalinya, pengguna akan diminta untuk memilih dari 10 pilihan suara. Setiap suara memiliki nada dan gaya yang berbeda.

Karena merupakan penawaran Google, Gemini akan terintegrasi dengan berbagai aplikasi dan layanan Google. Dalam beberapa minggu mendatang, ekstensi baru akan dirilis untuk Keep, Tasks, Utilities, dan YouTube Music.

Dengan begitu, pengguna dapat menyelesaikan tugas dengan meminta Gemini, alih-alih membuka aplikasi dan mencari hal tertentu secara manual. Gemini Live saat ini hanya tersedia untuk pelanggan Gemini Advanced di Android.

Ini berarti pengguna harus membayar untuk mode obrolan suara baru. Fitur baru ini juga eksklusif untuk bahasa Inggris dan dapat diakses dari aplikasi Gemini yang dirilis beberapa bulan lalu.

Google sudah merilis Gemini Live pada perangkat yang memenuhi syarat seperti Pixel dan Samsung. Gemini Live bakal diperluas ke perangkat lain. Perusahaan bahkan merencanakan kompabilitas dengan iOS pada beberapa waktu ke depan.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #google #rilis #gemini #live #android #begini #fiturnya

KOMENTAR