Apa Itu YaCy? Inilah Alternatif Mesin Pencarian Pengganti DuckDuckGo yang Diblokir Kominfo
Apa Itu YaCy? Inilah Alternatif Mesin Pencarian Pengganti DuckDuckGo yang Diblokir Kominfo (yacy.net)
16:08
1 Agustus 2024

Apa Itu YaCy? Inilah Alternatif Mesin Pencarian Pengganti DuckDuckGo yang Diblokir Kominfo

Meski Pemerintah Indonesia telah memblokir DuckDuckGo (DDG), pengguna masih bisa menggunakan mesin pencarian lain sebagai alternatif salah satunya yaitu YaCy. Lantas apa itu Yacy? Ketahui pengertian, fitur, kelebihan dan kekurangannya berikut.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, DuckDuckGo secara resmi diblokir oleh Trust Positif Kominfo. Adapun alasan situs ini diblokir karena dianggap tidak mematuhi kebijakan sensor yang diterapkan pemerintah Indonesia.

Tak perlu khawatir jika pengguna sudah tidak bisa mengakses DuckDuckGo, karena masih ada YaCy sebagai mesin pencarian pribadi yang sama-sama memiliki fitur melindungi privasi pengguna dan bebas iklan.

Apa Itu YaCy?

YaCy merupakan sebuah mesin pencari terdistribusi, gratis, yang dibangun dengan menggunakan jaringan peer-to-peer. Kode sumbernya didistribusikan ke beberapa ratus komputer, yang disebut juga sebagai peer YaCy.

Baca Juga: DuckDuckGo Diblokir, Ini 5 Mesin Pencari Pribadi yang Bisa Anda Andalkan

Setiap peer YaCy yang melintasi internet, memungkinkan mesin menganalisis dan mengindeks hasil serta menyimpan hasil yang kemudian diindeks ke dalam basis data umum. Lalu hasilnya akan dibagikan dengan peer YaCy lain menggunakan prinsip jaringan P2P.

Peer-to-peer atau P2P merupakan sebuah aplikasi yang dapat menghandle resource dari sejumlah autonomous participant atau user yang terkoneksi secara mandiri. Adapun perangkat yang menjadi bagian dari jaringan peer-to-peer disebut juga dengan peer.

Pendekatan ini tentu berbeda dengan sistem Google, yang selama ini banyak terpusat pada data pusat. Selain itu, YaCy juga mempunyai penekanan pada privasi, yaitu seluruh permintaan pencarian akan dienkripsi dan tidak ada riwayat yang disimpan.

Proyek YaCy didukung oleh FSF Eropa, sebuah organisasi nirlaba yang selama ini banyak mempromosikan perangkat lunak open source. Hingga kini, YaCy tercatat hanya mempunyai 1,4 miliar dokumen, dibandingkan dengan halaman web di indeks Google yang telah mencapai 48 miliar.

Fitur YaCy

YaCy memiliki fitur open source dan gratis digunakan siapun. Selain berfokus pada melindungi privasi dan bebas iklan, YaCy juga bisa digunakan di berbagai platform lain, seperti Mac, Windows, Linux, dan juga Google Chrome.

Baca Juga: DuckDuckGo Diblokir Kementerian Kominfo, Ini Alasannya

Hal ini memungkinkan semua pengguna YaCy bisa terhubung satu sama lain sehingga menciptakan jaringan yang luas. Pengguna individu juga dapat mengelola semuanya, mulai dari pencarian individu sampai materi yang ingin mereka lihat serta manajemen konten. Yang tak kalah penting, perangkat lunak ini tidak mengumpulkan data pribadi pengguna.

Kelebihan YaCy

YaCy memiliki kelebihan, berikut diantaranya:

1. Karena tidak mempunyai server pusat, hasil penelusuran di YaCy tidak dapat disensor dengan mudah, dan keandalannya yang tinggi karena tidak ada titik kegagalan dan indeks pencarian disimpan.

2. Karena perusahaan tidak memiliki servet pusat, mesin tersebut tidak menampilkan iklan.

Kekurangan YaCy

YaCy juga memiliki kekurangan, diantaranya sebagai berikut:

1. Karena tidak memiliki server pusat dan jaringan YaCy bersifat terbuka untuk semua orang, orang lain bisa memasukkan hasil komersial atau terkontaminasi.

2. Verifikasi hasil dilakukan pada perangkat pengguna, hal ini membuat komputer yang menjalankan YaCy bisa melambat dan membuat pencarian jauh lebih lama daripada mesin pencari perusahaan pesaing, seperti Google.

Demikian tadi penjelasan tentang apa itu Yacy, mulai dari pengertian, fitur, kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #yacy #inilah #alternatif #mesin #pencarian #pengganti #duckduckgo #yang #diblokir #kominfo

KOMENTAR