Bahaya Charge HP di Tempat Umum yang Sering Kamu Abaikan, Ancaman Pencurian Data!
Ilustrasi charge HP. [Shutterstock]
15:08
23 Juni 2024

Bahaya Charge HP di Tempat Umum yang Sering Kamu Abaikan, Ancaman Pencurian Data!

Beberapa waktu lalu, FBI memperingatkan pengguna HP mengenai bahaya charge hp di tempat umu. Tidak bisa disepelehkan, tindakan ini bisa menyebabkan terjadinya pencurian data yang berbahaya.

Melalui laman Twitter FBI Denver, lembaga keamanan Amerika Serikat ini memberi peringatan terkait penggunaan charging stations yang berada di tempat umum.

FBI menyebut jika charge hp di charging stations membuat HP menjadi terancam terkena malware yang berbahaya. FBI menyarankan agar pengguna HP mengisi daya perangkat melalui kabel USB, colokan pengisi daya dan pengisi daya portabel.

Bahaya charge hp di tempat umum yang akan mengancam penggunanya adalah akses hacker kepada data-data pribadi. Hal ini bisa dilakukan dengan masuk melalui port USB yang digunakan di charging stations.

Baca Juga: Harga Terjangkau, Ini Bocoran Spesifikasi Vivo T3 Lite 5G

Berikut beberapa bahaya charge hp di tempat umum yang sering diabaikan oleh penggunanya. Perhatikan deretan bahaya ini agar tidak mengalami ancaman serius ini.

1. Juice jacking

FBI menyebut bahaya charge hp di tempat umum adalah juice jacking. Aksi ini bisa mencuri informasi penting seperti kontak, pesan dan data keuangan lainnya.

Terkait bahaya yang mengancam ini, pastikan untuk tidak sembarangan mengisi daya baterai HP di tempat umum ya.

2. Ancaman malware

Baca Juga: Redmi Note 14 Debut Sebentar Lagi, HP Murah Ini Terdaftar di Database IMEI

Bahaya lain charge hp di tempat umum adalah ancaman malware yang berbahaya. Ketika menggunakan charging stations untuk mengisi daya, ada kemungkinan perangkat kamu terinfeksi malware.

Malware berbahaya ini bisa masuk ke perangkatmu melalui koneksi USB dan kemudian mencuri data pribadi yang berbahaya jika disalahgunakan.

3. Borosnya energi baterai

Bahaya selanjutnya yang mengancam jika charge hp di tempat umum adalah pemborosan energi. Hal ini berdampak pada baterai yang digunakan nantinya.

Borosnya energi baterai ketika digunakan di charging station ini membuat perangkat menjadi lebih lambat karena arus listrik yang terbagi dengan perangkat lain.

Tidak disarankan, itu tadi 3 bahaya charge hp di tempat umum yang sering diabaikan oleh pengguna. Pastikan untuk memahami ancaman-ancaman ini sebelum memutuskan mengisi daya di perangkat.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #bahaya #charge #tempat #umum #yang #sering #kamu #abaikan #ancaman #pencurian #data

KOMENTAR