Apa Arti DPS dalam Game?
Ilustrasi main game. [Unsplash/Onur Binay]
10:40
7 Juni 2024

Apa Arti DPS dalam Game?

Game memiliki banyak istilah yang mungkin membingungkan banyak pemain, salah satunya adalah DPS.

DPS adalah istilah yang pertama kali digunakan terutama dalam MMORPG, namun kini telah menyebar ke genre lain seperti penembak pahlawan, RPG pemain tunggal, dan lain-lain.

Jika pemain adalah pemula, inilah yang harus diketahui tentang DPS dalam game:

Apa yang dimaksud dengan DPS?

Baca Juga: Dikonfirmasi, Call of Duty Black Ops 6 Tersedia di PlayStation

DPS adalah singkatan dari Damage Per Second. Ini adalah singkatan untuk menyatakan seberapa kuat suatu senjata atau karakter dengan mencantumkan DPSnya sebagai angka atau sebagai peran umumnya dalam sebuah tim. Dalam hal ini, semakin tinggi angkanya, maka semakin baik.

DPS pada suatu senjata memperhitungkan beberapa hal untuk membuat satu stat lagi dapat dikonsumsi, termasuk berapa banyak kerusakan yang ditimbulkannya pada setiap serangan dan seberapa cepat itu dapat menyerang.

Dengan membagi angka-angka tersebut menjadi beberapa detik, pemain dapat membandingkan secara merata seberapa besar kemampuan suatu senjata atau kemampuan dibandingkan dengan yang lain.

ilustrasi bermain game (pexels/ RDNE Stock project)ilustrasi bermain game (pexels/ RDNE Stock project)

Misalnya, jika satu senjata mengenai setiap 2 detik dengan menimbulkan 100 kerusakan, DPSnya akan menjadi 50, sedangkan senjata yang mengenai empat kali per detik, tetapi hanya menghasilkan 25 kerusakan per pukulan, akan memiliki DPS sebesar 100.

Dalam permainan tim, DPS sering digunakan untuk menyebut salah satu role utama. Tank adalah karakter yang dimaksudkan untuk menyerap sebagian besar kerusakan, dan karakter DPS bertugas menangani sebagian besar kerusakan tim.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Split Screen di Fortnite

Karakter DPS adalah pembunuh agresif tim, seperti Soldier 76 di Overwatch 2 atau Black Mage di Final Fantasy 14. Semua kemampuan dan keterampilan mereka cenderung berfokus pada serangan dan harus bergantung pada kelas lain untuk mendukung mereka.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #arti #dalam #game

KOMENTAR